Raja Charles III Hentikan Pengobatan Kanker Selama Melawat ke Australia dan Samoa Pertengahan Oktober 2024

Raja Charles III akan menghentikan pengobatan kankernya selama kunjungannya ke Australia dan Samoa. Lawatan kenegaraan ini akan berlangsung pada 18--26 Oktober 2024, dan dirancang untuk memberinya waktu istirahat dan memulihkan diri.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 08 Okt 2024, 07:04 WIB
Raja Charles III. (Hollie Adams/Pool Photo via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III akan menghentikan pengobatan kankernya selama lawatan kenegaraannya ke Australia dan Samoa. Ia ditemani istrinya, Ratu Camilla, akan melakukan perjalanan ke luar negeri pada 18--26 Oktober 2024. menjadikannya kunjungan luar negeri pertama setelah mengumumkan soal kanker yang diidapnya.

Raja Inggris itu pertama-tama akan bertugas di Australia sebelum menuju ke Samoa untuk menghadiri Pertemuan Kepala Pemerintahan Persemakmuran (CHOGM). Daily Mail melaporkan bahwa pengobatan kanker yang dijalaninya akan dilanjutkan segera setelah dia kembali ke Inggris.

Mengutip laman Hello Magazine, Selasa (8/10/2024), kunjungan jarak jauh Raja Charles itu kemungkinan besar dirancang untuk memberinya waktu beristirahat dan memulihkan diri dari berjam-jam yang dihabiskannya untuk terbang selama perjalanan. 

Seorang juru bicara Istana Buckingham sebelumnya mengatakan, "Kami harus, seperti yang Anda lakukan dalam kunjungan apa pun, memikirkan bagaimana Anda dapat memastikan energi Yang Mulia tetap terjaga dalam kondisi terbaiknya."

Juru bicara itu juga mengungkapkan bahwa mereka tak bisa memenuhi harapan mengunjungi Selandia Baru, bersamaan dengan lawatan ke Australia dan Samoa bulan ini. Permintaan kunjungan sudah disampaikan sejak awal tahun, tetapi setelah berkonsultasi dengan dokter, Charles dan Camilla memutuskan untuk fokus pada lawatan ke Australia saja.

"Atas saran dokter, dan melalui konsultasi erat dengan pemerintah Australia dan Selandia Baru, hal itu tidak dapat terlaksana. Kami harus membuat beberapa keputusan sulit mengenai program ini dengan pemerintah Australia, tentang di mana Yang Mulia dapat menghadirinya," ujarnya.


Agenda Lawatan Raja Charles di Australia dan Samoa

Raja Charles III menghadiri hari pertama acara pacuan kuda Epsom Derby Festival, di Surrey, Inggris selatan, pada 31 Mei 2024. (Dok: BENJAMIN CREMEL / AFP)

Agenda utama Raja dan Ratu Inggris di Australia kali ini adalah menghabiskan waktu di ibu kota Canberra. Mereka akan bertemu tokoh-tokoh terkemuka dan memberikan penghormatan kepada mereka yang gugur. Mereka juga akan singgah di bagian barat Sydney untuk menghadiri acara barbekyu bersama komunitas yang merupakan bagian penting dari budaya Australia.

Di Samoa, Raja Charles dilaporkan akan menghadiri acara seputar keberlanjutan dan keanekaragaman hayati, sementara Ratu akan fokus pada minatnya terhadap literasi, kekerasan dalam rumah tangga, dan pelecehan seksual. Sebelumnya, pada minggu lalu, Charles dan Camilla menggelar resepsi Persemakmuran di Istana St. James saat Charles belajar tari Samoa.

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, Persemakmuran Bangsa-Bangsa (Commonwealth of Nations) merupakan organisasi yang menaungi negara-negara merdeka bekas jajahan Inggris yang punya pemerintah sendiri dan punya kepala negara sendiri. Raja Charles III menjadi simbol persemakmuran, bukan sebagai kepala negara.

Ada pula yang disebut Alam Persemakmuran atau Commonwealth Realm yang mengakui Raja Charles sebagai kepala negara. Anggota Commonwealth Realm memiliki seorang Gubernur Jenderal sebagai perpanjangan tangan Kerajaan Inggris. Mereka juga masih mencantumkan Union Jack mini.


Barbados Tinggalkan Commonwealth

Bridgetown di Barbados. (Dok: Instagram @visitbarbados)

Tidak semua anggota Persemakmuran masih bertahan. Terakhir, Barbados meninggalkan Commonwealth (Persemakmuran) di akhir November 2021. Dengan demikian, mereka berpisah dari Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth II tak lagi menjadi kepala negara. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Senin, 29 November 2021, pekan ini Barbados akan mengganti kepala negaranya dari Ratu Elizabeth II dengan wakilnya saat ini, Gubernur Jenderal Sandra Mason. Ia dilantik melalui upacara selama dua hari dengan disaksikan Raja Charles III yang saat itu masih bergelar putra mahkota. 

Era yang baru telah memicu perdebatan di tengah masyarakat Barbados yang berjumlah 285.000 jiwa terkait pengaruh Inggris selama berabad-abad, termasuk perbudakan selama lebih dari 200 tahun hingga 1834 dan kemudian Barbados merdeka pada 1966.

"Sebagai gadis kecil, ketika saya mendengar soal ratu, saya akan sangat senang," kata Sharon Bellamy-Thompson (50), pedagang ikan di Ibu Kota Barbados, Bridgetown, yang mengenang masa kecilnya saat menyaksikan kunjungan keluarga kerajaan.

Ia mengaku ingin melihat negaranya dipimpin oleh wanita Barbados. "Seiring bertambahnya usia, saya mulai bertanya-tanya apa arti ratu ini bagi saya dan bangsa saya. Sungguh tidak masuk akal," ujarnya. "Memiliki presiden perempuan asli Barbados akan luar biasa."


Raja Charles III Buka Restoran

Raja Charles dan David Beckham dalam sebuah acara. (Dok: Kirsty Wigglesworth / POOL / AFP)

Sementara, Raja Charles III baru saja membuka restoran fine dining di Kastil Balmoral. Mengutip dari laman The Sun, Rabu, 2 Oktober 2024, itu akan menjadi pertama kalinya warga Inggris dapat merasakan pengalaman bersantap seperti keluarga kerajaan.

Pengalaman bersantap mewah itu bernilai 250 pounsterling atau setara Rp5 juta. Paket ini juga akan mencakup tur langka ke tempat peristirahatan Raja di Skotlandia diikuti dengan hidangan tujuh hidangan dengan anggur dan musik live.

Hidangan yang "dikurasi secara khusus" disebutkan terinspirasi oleh masing-masing dari tujuh ruangan yang akan dikunjungi tamu dalam tur kastil. Pengunjung juga akan disambut oleh pemain seruling tradisional saat mereka tiba untuk pengalaman tersebut, yang diumumkan oleh pihak istana kemarin.

Kastil Balmoral dibuka untuk pertama kalinya awal tahun ini, tetapi tidak termasuk makan malam. Tiket pada musim panas seharga 100 pounsterling yang setara Rp2 jutaan hanya untuk tur, atau 150 poundsterling yang setara Rp3 juta termasuk teh sore.

Pengalaman 'Malam di Balmoral' akan tersedia setiap tanggal 7 sepanjang November dan Desember, dengan sepuluh tempat per malam. Pihak perkebunan yang mengelola menyebutnya tamu yang memesan tempat akan merasakan "pengalaman yang intim dan unik". 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya