Hari Disleksia Sedunia: 7 Publik Figur dengan Disleksia yang Sukses di Bidangnya

Hari Disleksia Sedunia 2024 dan berbagai tokoh publik yang sukses meski dengan disleksia. Mulai dari aktor hingga jutawan.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 08 Okt 2024, 10:39 WIB
Tom Holland salah satu aktor yang memiliki kondisi disleksia. (Sumber: Instagram @tomholland2013)

Liputan6.com, Jakarta Hari Disleksia Sedunia atau World Dyslexia Day diperingati sejak 2002 setiap 8 Oktober. Tujuan peringatan hari tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisi disleksia.

Hal ini amat penting lantaran disleksia memengaruhi 20 persen populasi penduduk dunia seperti mengutip laman Dyslexia Yale.

Memang apa itu disleksia?

Mengutip laman Kementerian Kesehatan RI, disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja.

Orang disleksia akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Hal ini lantaran disleksia terjadi pada saraf bagian otak yang memroses bahasa.

Individu dengan disleksia kesulitan dalam belajar, penyakit ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Bahkan, beberapa nama besar mulai dari artis hingga jutawan memiliki kondisi tersebut. Siapa saja mereka? Mengutip dari berbagai sumber berikut publik figur dengan disleksia.

1. Jennifer Aniston

Salah satu aktris Amerika yang dikenal dengan serial televisi Friends, Jennifer Aniston ternyata memiliki disleksia. Hal tersebut baru ia ketahui ketika berumur 20 tahun.

Setelah tahu dirinya dengan kondisi disleksia, Aniston jadi tahu alasan dulu waktu duduk di bangku sekolah kesulitan membaca dan seolah-olah jadi badut di kelas karena tak bisa baca.

"Saya merasa bahwa semua trauma masa kecil saya mulai terjawab sudah," katanya kepada The Hollyood Reporter.


2. Steven Spielberg

Steven Spielberg ( (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP))

Film box office Jurassic Park dan Saving Private Ryan yang sabet Academy Award adalah sedikit dari banyak karya dari Steven Spielberg.

Sutradara yang kini menjadi produser film ini ternyata memiliki kondisi disleksia yang baru diketahui saat dirinya berusia 60.

Pria yang kini berumur 77 ini mengatakan saat kecil dirinya kerap dibully. Lalu, ia perlu berjuang keras di sekolah karena kondisi disleksia.

3. Muhamad Ali

Petinju legendaris Muhammad Ali punya pukulan yang cepat hingga membuat KO lawan main. Namun siapa sangka dalam hal membaca ia kesulitan. Hal itu karena dirinya memiliki kondisi disleksia.

Meski ada disleksia, banyak kata-kata indah dari Ali yang kerap dikutip publik termasuk, "Seorang pria yang tidak memiliki imajinasi tidak memiliki sayap."


4. Richard Branson

Richard Branson | via: businessinsider.com

Salah satu orang kaya di dunia, Richard Branson ternyata memiliki disleksia. Pengusaha asal Inggris yang merupakan pendiri Virgin Group ini kini punya lebih dari 400 perusahaan termasuk label rekaman dan maskapai penerbangan.

Dari perspektif Richard Bransons, kondisi disleksia yang membuatnya memiliki cara berpikir berbeda membuatnya membantu dalam meniti kesuksesan.

5. Keira Knightley

Aktris cantik kelahiran Inggris, Keira Knighley juga dengan disleksia. Saat duduk di bangku sekolah ia kerap disebut anak bodoh tapi kala tampil di atas panggung penampilannya begitu apik. Menurut bintang film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest disleksia telah membuatnya menjadi aktris seperti sekarang.


6. Gwen Stefani

Gwen Stefani tampil pada penyambutan para pemimpin yang menghadiri KTT APEC di Exploratorium, di San Francisco, California, pada tanggal 15 November 2023. (Brendan SMIALOWSKI/AFP

Penyanyi ini menyadari dirinya memiliki disleksia saat ia mengajari anak-anaknya yang disleksia belajar membaca.

"Saya rasa orang-orang tidak benar-benar tahu tentang saya karena saya sendiri tidak tahu, tetapi saya mengalami disleksia saat tumbuh dewasa," katanya kepada Variety.

"Saya mengalami kesulitan belajar di sekolah; saya menyembunyikan diri dengan berbagai cara. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa menyelesaikan sekolah bahkan hampir tidak lulus. Saya berusaha sekuat tenaga, tetapi saya belajar dengan cara yang berbeda. Saya butuh kerja keras hanya untuk mempelajari apa yang dipelajari orang lain dengan mudah," kisahnya.

Dari perspektif Gwen, ia mengatakan disleksia membantu dalam memecahkan masalah dan menulis lagu. "Disleksia mungkin telah membentuk saya menjadi diri saya sendiri," katanya.


7. Tom Holland

Tom Holland pemeran film Spider-Man: Far From Home. (AFP/Bintang.com)

Salah satu pemeran Spiderman, Tom Holland didiagnosis disleksia pada usia 7. Setelah didiagnosis ia memilih bersekolah di sekolah swasta.

Hingga kini ia sudah dewasa, ia kerap mendapatkan sasaran kritik karena kesalahan ejaan dan tata bahasa di media sosial seperti Instagram dengan 64,9 juta pengikut.

Ketika ditanya bagaimana ia bertahan dan mempelajari keterampilan untuk meraih kesuksesan dalam kariernya, Holland mengatakan caranya dengan sabar dan persiapan.

“Yang penting adalah meluangkan waktu… memberi diri Anda waktu yang cukup untuk melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan,” kata Holland kepada YouTuber berusia 11 tahun Jazlyn Guerra pada tahun 2021.

“Semakin baik Anda mempersiapkan diri untuk apa pun, semakin banyak hal yang dapat Anda lakukan dan capai yang fantastis.”

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya