Borussia Dortmund Turut Peringati Serangan 7 Oktober, Kecam Hamas karena Tewaskan Pendukungnya di Israel

Dortmund mengenang salah satu penggemarnya yang turut menjadi korban serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023.

oleh Thomas diperbarui 08 Okt 2024, 13:00 WIB
Tiga gol Karim Adeyemi pada menit ke-11, 29 dan 42 mempertebal keunggulan Borussia Dortmund. (INA FASSBENDER/AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Klub Bundesliga Borussia Dortmund turut mengenang serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober tahun lalu. Dortmund bahkan mengecam tindakan Hamas karena menyebabkan tewasnya seorang penggemar klub yang merupakan warga negara Israel.

7 Oktober 2024 merupakan peringatan setahun Hamas menyerang Israel. Akibat serangan tersebut, konflik berkepanjangan terjadi di Jalur Gaza hingga saat ini. Israel balas melancarkan serangan udara hingga darat yang menegaskan puluhan ribu nyawa.

Salah satu korban tewas serbuan Hamas ke Israel adalah penggemar Dortmund bernama Netta Epstein. Pria 21 tahun itu wafat akibat terkena granat yang dilemparkan pasukan Hamas. Netta berusaha melindungi kekasihnya sehingga dirinya yang meregang nyawa. Sang kekasih berhasil diselamatkan tentara Israel yang datang beberapa jam kemudian.

Kisah Netta ini mengundang simpati dari Dortmund. Rival Bayern Munchen itu sempat mengundang keluarga Netta untuk datang langsung menyaksikan aksi tim melawan Real Madrid di final Liga Champions musim lalu.

Tepat setahun tewasnya Netta juga diperingati Dortmund. Lewat media sosial, Dortmund mengenang dan mendoakan kepergian Netta. Dortmund turut mengecam tindakan Hamas menyerbu Israel yang menewaskan Netta dan kemudian memicu serangan balasan yang membuat banyak orang meninggal.


Pernyataan Dortmund Soal Tewasnya Penggemar oleh Hamas

"Setahun yang lalu, Hamas mendatangkan kematian dan penderitaan bagi Israel dan memicu perang yang masih berkecamuk hingga saat ini. Kami berduka atas terbunuhnya penggemar BVB, Netta Epstein, dan memikirkan keluarganya. Kami berduka atas para korban dan memikirkan para sandera. Melawan teror, di pihak semua orang yang cinta damai di Timur Tengah. #BringThemHomeNow," demikian pernyataan Dortmund.

Dortmund juga mengunggah foto saat suporternya di stadion mengheningkan cipta atas tewasnya Netta akibat serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.


Respons Negatif di Media Sosial

Peringatan setahunnya kepergian Netta justru dapat respons negatif di media sosial X. Beberapa pengguna X mengecam Dortmund yang tidak menunjukkan empati atas meninggalknya warga Palestina di Jalur Gaza akibat serangan balasan Israel.

Dortmund sendiri di sponsori oleh perusahaan pembuat senjata Rheinmetall termasuk tank yang diduga turut disuplai kepada Israel untuk membalas serangan Hamas ke Jalur Gaza.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya