Jangan Panik, Ini Tips Jitu Lacak HP Android yang Hilang

Kehilangan HP Android? Jangan panik! Pelajari cara melacak, mengunci, dan menghapus data HP Anda yang hilang dengan fitur Find My Device dari Google.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 10 Okt 2024, 06:30 WIB
Find My Device. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua aktivitas kita sehari-hari terhubung dengan ponsel, mulai dari komunikasi, kerja, hingga menyimpan foto dan video. Karenanya, kehilangan ponsel bisa jadi mimpi buruk, apalagi kalau data tidak ter-backup

Namun tenang saja, Google punya solusi cepat untuk kamu yang kehilangan HP Android. Dengan fitur Find My Device, pengguna bisa melacak, mengunci, atau menghapus data di ponsel dari jarak jauh.

Hanya perlu diingat, untuk bisa melacak ponsel yang hilang, kamu perlu mengaktifkan fitur Find My Device. Kabar baiknya lagi, update terbaru memungkinkan pengguna melacak smartphone Android meski dalam keaadan mati. 

Nah, untuk mengetahui cara melacak ponsel yang telah mati atau habis baterai, simak langkah-langkah berikut ini. 

  • Buka Find My Device lewat web.
  • Login dengan akun Google utama kamu.
  • Pilih ponsel yang hilang di pojok kiri atas.
  • Google Maps bakal tunjukin lokasi ponsel kamu.
  • Klik Play Sound buat membunyikan ponsel meskipun dalam mode senyap.
  • Klik Secure Device untuk mengunci ponsel dan keluar dari akun Google kamu.

Fitur Anti-Pencurian di Android

Di sisi lain, pada Oktober 2024, Google juga telah menambah tiga fitur anti-pencurian baru: Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Fitur Theft Detection Lock memanfaatkan AI buat mendeteksi gerakan mencurigakan, seperti saat ponsel diambil paksa. 

Dikutip dari Android Police, Kamis (10/10/2024), kalau terkunci, ponsel tidak bisa dibuka walaupun si pencuri tahu PIN kamu.

Sementara dengan fitur Offline Device Lock, smartphone Android akan otomatis mengunci layar ponsel ketika lama tidak online. Lalu, Remote Lock memungkinkan kamu mengunci ponsel pakai nomor telepon.

Pastikan kamu cek fitur ini di pengaturan ponsel dengan cari Theft Protection atau di halaman Google Services.


Bagaimana Kalau Ponsel Benar-benar Hilang?

Find My Device, aplikasi yang membantu pengguna menemukan smartphone yang hilang (Sumber: Google Play Store)

Kalau tidak berhasil menemukan ponsel, kamu juga bisa menghapus data dengan Factory Reset. Cara ini penting untukk berjaga-jaga agar data pribadi tidak jatuh ke tangan yang salah.

Pakai Speaker Pintar untuk Temukan Ponsel

Kalau ponsel hilang di sekitar rumah, kamu bisa pakai Google Home atau Google Assistant dengan perintah, “Hey Google, where’s my phone?” untuk bikin ponsel berdering, bahkan ketika berada dalam mode getar atau Do Not Disturb.

Kalau Ponsel Benar-Benar Hilang

Apabila usaha pencarian tadi tidak membuahkan hasil, mungkin ini saatnya untuk mengganti ponsel. Jangan lupa hubungi operator utuk memblokir nomor dan nonaktifkan kartu SIM, sehingga identitas tetap aman.

Tidak lupa, simpan juga nomor IMEI dan nomor ponsel untuk membantu provider melacak atau memblokir perangkat.


Jaringan Find My Device Bisa Temukan Android yang Hilang dalam Kondisi Mati

Tampilan Find My Device di browser. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Google belum lama ini mengungkapkan update ketersediaan jaringan Find My Device untuk Android. Update tersebut membuat fitur yang sudah berguna jadi lebih berguna lagi.

Penambahan tersebut akan memungkinkan pengguna melacak perangkat, bahkan saat sedang offline.

Dengan begitu akan meningkatkan peluang pemilik smartphone untuk menemukan perangkat mereka yang hilang. Adapun update jaringan Find My untuk Android digulirkan ke pengguna di seluruh dunia.

Mengutip Gizchina, Rabu (10/4/2024), untuk mendapatkan update, pengguna membutuhkan perangkat Android yang menjalankan Android 9 atau yang lebih baru.

Itu berarti, sebagian besar smartphone yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir telah memenuhi syarat untuk mendapatkan fitur anti-hilang yang sudah ditingkatkan.

Seperti dijelaskan oleh Google, jaringan Find My Android akan mendukung lebih dari miliaran perangkat. Semuanya akan terhubung satu sama lain sehingga memudahkan pencarian perangkat yang hilang, meski dalam kondisi mati.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya