Menlu Retno Dorong 3 Hal Ini untuk Dukung Langkah Integrasi Timor Leste di ASEAN

Indonesia menyatakan dukungannya terhadap integrasi Timor Leste di ASEAN.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 08 Okt 2024, 16:23 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri rangkaian pertemuan di KTT ASEAN di Vientiane, Laos, Selasa (8/10/2024). (Dok. Kemlu RI)

Liputan6.com, Vientiane - Indonesia menegaskan dukungannya terhadap proses integrasi Timor Leste di ASEAN lewat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) yang dihadiri para menlu ASEAN.

Menurut dia, ada tiga hal utama yang perlu dilakukan untuk mendorong upaya tersebut. Berikut di antaranya seperti dikutip dari pernyataan pers Kemlu RI, Selasa (8/10/2024):

 

Pertama, pembentukan unit dukungan khusus.

Menlu Retno menilai diperlukan pembentukan unit dukungan khusus untuk Timor Leste di Sekretariat ASEAN. Unit ini akan membantu berbagai tahapan dalam roadmap integrasi Timor Leste.

Kedua, penguatan kapasitas institusional dan teknis.

Penting untuk fokus pada penguatan kapasitas institusional dan teknis agar Timor Leste dapat berperan aktif dalam pembangunan komunitas ASEAN di ketiga pilar.

Ketiga, peningkatan partisipasi dalam pertemuan ASEAN.

Menlu Retno menyatakan bahwa sudah saatnya Timor Leste dilibatkan dalam diskusi substantif dan penetapan prioritas ASEAN.

 


Apresiasi Terhadap Dedikasi Menlu Retno

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri rangkaian pertemuan di KTT ASEAN di Vientiane, Laos, Selasa (8/10/2024). (Dok. Kemlu RI)

Menlu Retno juga mengapresiasi keketuaan Laos di ASEAN yang telah menjaga kontinuitas kerja sama di Kawasan.

Ia turut menegaskan dukungan Indonesia terhadap Keketuaan Malaysia di tahun depan.

Dalam pertemuan tersebut, para menlu ASEAN turut menyampaikan apresiasi atas dedikasi Menlu Retno selama 10 tahun terakhir dalam memperkuat posisi ASEAN. Mereka juga menyatakan siap mendukung tugas Menlu Retno selanjutnya sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air.


Komitmen ASEAN bagi Timor Leste

Dari kiri ke kanan: Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Sekretaris Tetap Kementerian Luar Negeri Thailand Sarun Charoensuwan, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, Perdana Menteri Kamboja Hun Manet, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, dan Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao bergandengan tangan saat foto bersama pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Indonesia, Selasa (5/9/2023). (Adi Weda/Pool Photo via AP)

ASEAN Coordinating Council (ACC) yang dihadiri para menlu ASEAN ini menunjukkan komitmen kuat negara-negara anggota ASEAN terhadap integrasi Timor Leste dan penguatan kerja sama regional.

Dukungan Indonesia yang konsisten terhadap proses ini mencerminkan pentingnya stabilitas dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Dengan langkah-langkah yang diusulkan oleh Menlu Retno, diharapkan Timor Leste dapat segera menjadi bagian penuh dari komunitas ASEAN dan berkontribusi lebih besar dalam pembangunan kawasan.

Infografis KTT ASEAN Ke-43 2023 Digelar di Jakarta. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya