Rambut Rontok? Jangan Khawatir, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Untuk mengatasi rambut rontok Anda dapat melakukan beberapa cara seperti memberikan asupan vitamin dan suplemen pada rambut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan rambut dan kulit kepala.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 11 Okt 2024, 09:04 WIB
Ilustrasi Rambut Gatal (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang rambut adalah bagian yang menambah daya tarik dirinya. Orang-orang akan mencoba untuk mencari gaya atau style rambut yang sesuai dengan bentuk wajah. Hal ini dilakukan untuk menghindari bentuk pipi yang terlihat tirus maupun berisi.

Selain itu, orang-orang akan merawat rambutnya agar tetap sehat dan halus. Hal ini dapat memberikan kenyamanan baik kepala, kulit kepala, hingga bagian rambut. Melakukan perawatan, memberikan vitamin rambut, dan melakukan krimbat adalah cara-cara yang dilakukan untuk memperoleh hal tersebut.

Namun, ditemukan beberapa masalah rambut yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Salah satunya adalah rambut rontok. Masalah rambut rontok menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut dilansir dari Cleveland Clinic, Selasa (08/10/2024) Anda dapat melakukan berberapa cara agar rambut Anda tidak mengalami kerontokan lagi.

1. Makan Makanan Mengandung Protein

Makanan yang Anda konsumsi berpengaruh bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah protein. Protein berpengaruh bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda.

Jika tubuh Anda kekurangan asupan protein, maka besar kemungkinan rambut Anda akan lebih sering mengalami kerontokan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memberikan asupan protein ke dalam tubuh sebanyak 40 hingga 60 gram per hari. Anda dapat mengonsumsi jenis makanan berupa kacang-kacangan, polong-polongan, telur, atau yogurt yang memiliki kandungan protein.


2. Beri Vitamin

Ilustrasi suplemen dan vitamin (pexels.com/Ready Made)

Untuk mengatasi rambut rontok Anda membutuhkan beberapa kandungan vitamin dan mineral. Vitamin A, B, C, D, E, seng dan zat besi mampu memberikan kesehatan bagi pertumbuhan rambut Anda. Untuk meningkatkan kesehatan rambut coba untuk konsumsi makanan seperti telur, kacang-kacangan, buah-buahan, dan oatmeal.

Selain menambah asupan makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan zat besi. Anda juga dapat menambahkan suplemen yang membantu menjaga kesehatan rambut, kulit, dan jaringan otot. Cari produk yang mengandung kalsium dan selenium untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang bagus dan sehat.


3. Pakai Obat Rambut Anti-rontok

ilustrasi perawatan dengan serum rambut yang bagus. (c) Shutterstock/Pixel-Shot

Tidak hanya memberikan asupan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan zat besi. Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda juga perlu menggunakan beberapa obat rambut yang dapat mengurangi tingkat kerontokan. Salah satunya adalah obat minoxidil.

Minoxidil dipercaya mampu mencegah kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut Anda. Penggunaan obat ini adalah dengan cara mengoleskan larutan obat ke kulit kepala Anda. Dalam menggunakan obat ini Anda juga perlu memperhatikan takaran dengan dosis rendah dan tidak berlebih.


4. Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Ilustrasi rambut kepang. (Sumber foto: Menaiset.fi)

Kebiasaan sering mengecat rambut adalah hal yang tidak dianjurkan dalam menjaga kesehatan rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut Anda mengalami kerontokan. Selain itu, sering mengunci rambut dengan bentuk kuncir kuda dan kepang juga dapat mempengaruhi rambut Anda.

Hal ini menyebabkan pertumbuhan rambut Anda melambat dan menyebabkan rambut rontok. Untuk mencegah hal itu Anda dapat mengurangi kebiasaan mengecat dan menguncir rambut. Anda juga disarankan untuk mencuci rambut dan kulit kepala secara teratur dan menggunakan produk sampo yang cocok untuk rambut Anda. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.


5. Terapi Cahaya Laser Tingkat Rendah

ilustrasi perawatan rambut dan kulit kepala | pexels.com/@element5

Terapi cahaya laser baik untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Untuk pemula Anda disarankan melakukan terapi cahaya laser tingkat rendah. Namun, untuk melakukan perawatan rambut yang satu ini Anda membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar.

Terapi ini bermanfaat bagi pertumbuhan rambut Anda dan mengurangi peradangan pada kulit kepala. Selain itu, terapi ini dianggap ringan karena tidak membutuhkan obat-obatan tambahan. Namun, setelah melakukan perawatan kulit kepala dan rambut Anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Anda disarankan untuk menggunakan losion dan mengurangi aktivitas paparan sinar matahari secara langsung.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya