Kali Terakhir Hadiri KTT ASEAN, Menlu Retno: Kalian Saudara Saya

Beberapa menlu negara ASEAN juga secara khusus mengapresiasi peran signifikan Indonesia, khususnya di bawah kepemimpinan Menlu Retno dalam memperkuat ASEAN.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 08 Okt 2024, 18:00 WIB
Pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN jelang KTT ASEAN di Vientiane, Laos (8/10/2024). (dok. Kemlu RI)

Liputan6.com, Vientiane - Dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN di Vientiane, Laos, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada negara anggota ASEAN yang telah mendukung Indonesia selama masa kepemimpinannya di ASEAN pada tahun 2023.

Pertemuan itu diselenggarakan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang dijadwalkan mulai pada 9 Oktober 2024.

"Kalian semua bukan hanya rekan kerja, tetapi juga saudara saya," tutur Menlu Retno dalam pertemuan pada Selasa (8/10/2024), seperti dikutip dari pernyataan pers Kemlu RI.

Dalam pertemuan tersebut, ia menggarisbawahi beberapa pencapaian signifikan ASEAN dalam satu dekade terakhir.

Menlu Retno menekankan bahwa ASEAN telah berhasil menavigasi dinamika persaingan kekuatan besar dan bahwa ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) telah mendorong kolaborasi yang inklusif di kawasan.

Lebih lanjut, Menlu Retno menjelaskan bahwa mekanisme Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) telah berkontribusi pada integrasi ekonomi di kawasan, menyatukan negara-negara yang sebelumnya memiliki pandangan berbeda.

"Setiap negara telah menjadikan ASEAN sebagai prioritas utama dalam kebijakan luar negeri mereka," tambahnya.

Terkait ini, beberapa menlu negara ASEAN secara khusus mengapresiasi peran signifikan Indonesia, khususnya di bawah kepemimpinan Menlu Retno dalam memperkuat ASEAN.

Inisiatif Indonesia untuk mengembangkan AOIP dinilai sebagai langkah penting dalam membentuk arsitektur kawasan yang inklusif di tengah dinamika geopolitik.


Pesan Penting untuk ASEAN

Pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN jelang KTT ASEAN di Vientiane, Laos (8/10/2024). (dok. Kemlu RI)

Dalam partisipasi terakhirnya sebagai menteri luar negeri di forum tersebut, Menlu Retno memberikan beberapa pesan penting untuk masa depan ASEAN.

Ia menekankan bahwa keberhasilan organisasi ini akan bergantung pada kemampuan untuk menghadapi tantangan yang ada, seperti menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan serta meningkatkan solidaritas antar negara anggota.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya komitmen terhadap hukum internasional dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

"Tidak boleh ada ruang untuk pelanggaran terhadap prinsip-prinsip tersebut," tegas Menlu Retno.


Isu Myanmar Turut Dibahas

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri rangkaian pertemuan di KTT ASEAN di Vientiane, Laos, Selasa (8/10/2024). (Dok. Kemlu RI)

Isu Myanmar menjadi salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Menlu Retno menyampaikan bahwa Indonesia telah menginisiasi pertemuan dengan berbagai pemangku kepentingan terkait Myanmar yang diselenggarakan di Jakarta.

Ia menggarisbawahi perlunya dialog inklusif yang melibatkan semua pihak serta peningkatan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Myanmar.

Terkait Myanmar, ia menekankan empat poin yang harus menjadi perhatian bersama:

  1. ASEAN perlu terus mendorong dialog yang inklusif, dengan melibatkan seluruh stakeholders Myanmar
  2. Perlunya ASEAN meng-address isu Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan juga obat-obatan terlarang yang semakin memperburuk situasi di Myanmar
  3. Perlunya peningkatan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Myanmar yang sangat membutuhkan
  4. Perlunya dukungan internasional terhadap implementasi 5 Poin Konsensus (5PC) ASEAN, sebagai referensi utama penyelesaian isu Myanmar.
Infografis Menlu Retno Desak 3 Tuntutan Dukung Palestina di DK PBB. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya