Hari Hangeul 9 Oktober, Ini Rekomendasi Situs Web Gratis Belajar Bahasa Korea

Gelombang Korea tersebut memicu orang-orang di negara lain untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Korea, termasuk hangeul yang menjadi alfabet khusus untuk menulis bahasa Korea. Saat ini, banyak situs khusus belajar hangeul yang bisa digunakan secara gratis.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 09 Okt 2024, 16:00 WIB
Belajar Bahasa Korea dengan Menggunakan Materi dari Buku “Learn! KOREAN with BTS

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Hangeul diperingati setiap tahun pada 9 Oktober. Peringatan ini dirayakan di Korea untuk memperingati penemuan alfabet Korea yang dikenal sebagai hangeul.

Hallyu atau gelombang Korea telah masuk ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Hal itu menyebabnya budaya pop Korea tersebar secara global.

Gelombang Korea tersebut memicu orang-orang di negara lain untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Korea, termasuk hangeul yang menjadi alfabet khusus untuk menulis bahasa Korea. Saat ini, banyak situs khusus belajar hangeul yang bisa digunakan secara gratis.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi situs web gratis belajar bahasa Korea atau hangeul:

1. Duolingo

Duolingo merupakan situs dan aplikasi populer untuk belajar bahasa asing. Banyak pilihan bahasa yang bisa dipilih, termasuk bahasa Korea.

Duolingo menawarkan pembelajaran bertahap, interaktif, dan tentunya menyenangkan. Duolingo memiliki beberapa fitur gratis yang bisa digunakan.

2. howtostudykorean.com

Situs howtostudykorean.com menyediakan akses belajar dengan berbagai materi. Terdapat delapan unit pembelajaran, mulai dari unit 0 hingga unit 7.

Masing-masing unit memiliki 25 materi belajar, tiga kuis, dan sebuah tes. Situs ini juga menyediakan berbagai macam bahan pendukung proses belajar, seperti audio latihan mendengar, membaca cerita pendek, hingga daftar vocabularies bahasa Korea.

3. learn-korean.net

Situs learn-korean.net juga bisa menjadi pilihan lain untuk belajar bahasa Korea. Situs ini menyediakan materi belajar yang simpel dengan pilihan tingkatan yang bisa diatur sendiri, mulai dari beginner, intermediate, hingga advance hangeul class.

 


Seoulina.com

4. seoulina.com

Selanjutnya ada situs seoulina.com. Situs ini menyediakan materi melalui tulisan dan video.

Menariknya, materi yang diberikan tidak terlalu banyak, sehingga bisa dipelajari di mana pun. Situs ini menyediakan daftar materi, seperti bilangan, kata dan partikel, kosa kata, kalimat, percakapan, latihan soal, dan masih banyak lagi.

5. talktomeinkorean.com

Situs talktomeinkorean.com atau yang sering disebut sebagai TTMIK merupakan platform edukasi belajar bahasa Korea. Situs ini menyediakan berbagai pelajaran dalam format audio, video, dan teks.

Selain itu, situs ini juga memiliki pelajaran dari level pemula/beginner/초급, tengah/intermediate/중급, hingga mahir/advanced/고급. Menariknya, situs ini juga memiliki podcast, aplikasi, dan komunitas untuk berinteraksi dengan sesama pembelajar bahasa Korea lainnya.

TTMIK menawarkan konten gratis hingga konten premium berbayar. Mereka juga menjual buku-buku yang sudah disusun berdasarkan tema dan levelnya.

6. topikguide.com

Situs topikguide.com merupakan salah satu website terlengkap yang menyediakan soal-soal dan latihan untuk persiapan Test of Proficiency in Korean (TOPIK). Oleh karena itu, situs yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik mengambil tes TOPIK.

Situs ini juga menyediakan banyak tips and trick, panduan studi, hingga kumpulan materi grammar dan vocabulary. Tak hanya dapat diakses secara gratis, situs ini juga menyediakan versi berbayar dengan materi tambahan dan panduan studi yang lebih mendalam

7. 국립국어원 (korean.go.kr)

National Institute of Korean Language membuat website khusus untuk membantu orang di luar Korea belajar bahasa Korea. Mereka membuat situs bernama 국립국어원 (korean.go.kr) yang dapat diakses secara gratis. Urutan pembelajaran dimulai dari pengenalan. Situs ini juga menyediakan fitur belajar huruf dan cara penulisannya.

 

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya