Perjalanan Cinta Baim Wong dan Paula Verhoeven hingga Berujung Gugatan Cerai

Baim Wong pertama kali mendekati Paula Verhoeven dengan mengirim DM di Instagram, kemudian meminta nomor telepon mantan model itu.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 08 Okt 2024, 16:24 WIB
Ramai diisukan cerai, Baim Wong dan Paula Verhoeven sudah jarang terlihat bersama. Sumber: IG @baimwong @paula_verhoeven

Liputan6.com, Jakarta - Isu perceraian Baim Wong dan Paula Verhoeven akhirnya terjawab. Baim diketahui telah mendaftarkan permohonan talak cerai terhadap istrinya itu di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa (8/10/2024), menurut Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Agama Jakarta Selatan, permohonan talak cerai Baim Wong terdaftar dengan nomor perkara 3477/Pdt.G/2024/PA.JS. Pria bernama asli Muhammad Ibrahim bin Johny Djaelani itu jadi pemohon dalam perkara perceraian.

Adapun untuk termohon, tertulis atas nama Paula Verhoeven binti Eddy Verhoeven. Rumor keretakan rumah tangga Baim dan Paula memang sudah tercium lama. Tapi di beberapa kesempatan, Baim memilih menghindar dan enggan menjawabnya.

Baim juga mengaku tidak tahu istrinya menjalankan ibadah umrah. Publik tentu menyayangkan pernikahan pasangan itu berada di ujung tanduk, padahal perjalanan cinta mereka terbilang manis. Awalnya, Baim mendekati Paula dengan mengirim pesan di DM Instagram.

Di obrolan tersebut, terlihat Paula masih jaga imej alias jaim dan membalas singkat. Baim mulanya menanyakan soal lokasi rumah Paula yang berdekatan dengannya di daerah Tanah Kusir.

Kemudian, pria 43 tahun itu meminta nomor telepon Paula untuk bisa berkomunikasi lebih intens dan singkat cerita, keduanya memutuskan pacaran. Mereka sebenarnya telah berkenalan lebih dulu melalui Teuku Zacky dan istrinya, Ilmira Usmanova.

Sebelumnya, Baim Wong sempat curhat ke teman sesama artis bahwa ia hampir menyerah untuk menemukan jodoh. Tapi setelah bertemu Paula, ia merasa yakin bahwa perempuan itu jodohnya.


Baim Sempat Menyerah Cari Jodoh hingga Bertemu Paula

Fakta Baim Wong Gugat Cerai Paula Verhoven. (Sumber: Instagram/paula_verhoeven)

Artis Wulan Guritno adalah salah satu saksi yang mengetahui kisah cinta Baim dan Paula. Diketahui, Wulan dan Baim berada dalam satu geng perkumpulan yang bernama Humble Glam.

Mengutip Fimela, Selasa, Wulan mengatakan di usianya yang sudah terbilang matang, Baim termasuk pria yang kurang beruntung soal kisah asmara, lantaran sering kandas dalam menjalin hubungan. Baim sempat berpacaran dengan teman sesama artis, termasuk Marshanda yang akhirnya menikah dengan Ben Kasyafani. 

"Sempat (menyerah), bukan nyerah, tapi cape enggak mau nyari lagi. Malah yang enggak dicari itu yang datang, si Paula itu," ujar Wulan Guritno pada 22 November 2018.

Diketahui, Baim melamar Paula di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 21 Juli 2018. Mereka kemudian menikah pada 22 November 2018. Pasangan itu telah dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. 

Baru-baru ini, Paula sempat bercerita bahwa Baim banyak mendidiknya soal ilmu agama. Ini salah satu hal yang sangat disyukurinya sejak awal mengenal pria yang dicintainya itu.


Baim Wong Tuntun Paula Soal Agama

Potret Paula Verhoeven kenakan baju adat Jawa saat menikah dengan Baim Wong (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

"Aku sebenarnya lahir Muslim, tapi memang masya Allah pas aku kenal Baim, dia yang memperkenalkan aku Islam secara lebih. Kayak pengajian, diajak ke kajian dari sebelum sampai setelah menikah," ungkapnya dikutip dari acara Rumpi pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Setelah bertemu Baim, Paula perlahan berubah jadi Muslimah yang lebih baik. Salah satunya, ia rajin menjalani salat lima waktu yang sebelumnya sempat ditinggalkan.

"Aku juga pertama kali salat di mal itu sama dia. Sebelumnya enggak pernah (salat di mal). Ya, mencoba untuk menjalankan lima waktu. Ya salatnya kan masih bolong-bolong. Pas sama Baim itu aku pertama kali yang salat lima waktu konsisten," kata Paula lagi.

Mantan model itu masih konsisten memperdalam ilmu agama. Bahkan, Paula kini telah mantap berhijab. Keinginan tersebut tercetus saat ia umrah pada Maret 2024.


Paula Verhoeven Umrah Tak Izin Suami

Paula Verhoeven mengunggah sejumlah foto saat berads di Thaif. Fotonya begitu cantik karena diambil di waktu senja. (Foto: Instagram/ paula_verhoeven)

Setelah kembali ke Jakarta, entah mengapa niat Paula Verhoeven untuk konsisten berhijab makin menggebu. Niat baik tersebut akhirnya terealisasi setelah mendapat izin dari suaminya.

"Aku cuma berdoa, 'Ya Allah semoga aku istikamah, mantapkan hati aku.' Lalu, tiba-tiba pas pagi-pagi aku bilang sama Baim mau pakai hijab, soalnya aku juga takut mati. Setelah dia izinin, aku lebih lega dan lebih mantap insya Allah, dan sampai sekarang masih terus berdoa agar istikamah," ungkap Paula lagi.

Kata Paula, Baim tak pernah memaksanya beribadah dan memperbaiki diri. Jadi, Paula melakukan semua murni atas kesadaran dan keinginan sendiri.

“Yang penting aku sudah dapat restu dia. Itu buat aku sudah Alhamdulillah dan aku tahu itu sebenarnya yang dia mau. Dia juga sebenarnya selalu bilang enggak mau maksain, tapi benar, salat, berhijab itu memang harus dari diri kita,” tutupnya.

Entah mengapa, usai Paula berhijab, isu perceraian mereka makin santer. Bahkan ketika mantan Gadis Sampul itu kembali berumrah, menurut Baim, ia belum meminta izin. Buntutnya pada 8 Oktober 2024, Baim diketahui mengajukan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. 

Angka Pernikahan di Indonesia Selama 10 Tahun. (Triyasni/Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya