Usai Hadiri Pelantikan, Jokowi Akan Sambut Prabowo di Istana Merdeka

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan akan ada acara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, usai pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Okt 2024, 17:28 WIB
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan akan ada acara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, usai pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024. Nantinya, Presiden Jokowi akan menyambut Prabowo yang baru dilantik di Gedung DPR RI.

"Ada acara pisah sambut di Istana Merdeka setelah pelantikan. Itu kan juga tradisi yang selama ini terjadi (setiap pergantian presiden)," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Dia menyampaikan Jokowi akan terlebih dahulu kembali ke Istana Merdeka, usai menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres periode 2024-2029. Sementara itu, Prabowo akan menyusul ke Istana Merdeka untuk prosesi pisah sambut.

"Nah, karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Presiden ke-7 (Jokowi) akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," tuturnya.

Pratikno sendiri memastikan Jokowi akan hadir pada pelantikan Prabowo di DPR RI pada 20 Oktober 2024. Kendati tak ada dalam aturan, kata dia, mantan-mantan presiden selalu hadir saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Pada waktu 2014 (Jokowi dilantik), Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jadi ada presiden dan presiden terpilih, wapres dan wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi," ucap Pratikno.

 


Prosesi Pisah Sambut

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). Pertemuan dilakukan sebelum SBY menghadiri global council di New York, AS untuk membahas persoalan malaria. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Pada tahun 2014, Jokowi juga melakukan prosesi pisah sambut dengan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jokowi yang baru saja dilantik menjadi presiden, melepas SBY meninggalkan Istana Merdeka untuk ke kediaman pribadinya di Cikeas, Jawa Barat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jokowi enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya usai tak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

 


Presiden 2 Periode

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya