Ridwan Kamil Minta Masyarakat Waspadai Berita Bohong di Musim Pilkada 2024: Jangan Sampai Terhasut

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil mengingatkan, agar di tahun Pilkada 2024 yang dilakukan secara serentak ini untuk mewaspadai berita bohong atau hoaks.

oleh Tim News diperbarui 08 Okt 2024, 21:16 WIB
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil menemui masyarakat di kawasan Luar Batang, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil mengingatkan, agar di tahun Pilkada 2024 yang dilakukan secara serentak ini untuk mewaspadai berita bohong atau hoaks.

Hal ini disampaikannya membantah kabar yang menyebut pasangan Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) hanya fokus menghadirkan program untuk satu agama tertentu saja, yaitu Islam lewat 'Magrib Mengaji'.

"Di saat pemilu pilkada seperti ini, mari kita harus waspada Banyak berita bohong, berita hoaks, berita tidak benar yang diviralkan. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan klarifikasi ada satu berita, seolah-olah gara-gara kami yang menyebutkan Magrib Mengaji, seolah-olah Jakarta diproklamasikan menjadi wilayah satu agama. Saya sampaikan itu adalah tidak betul, itu adalah tidak benar," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Selasa (8/10/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menegaskan, Jakarta yang merupakan bagian Indonesia dengan Pancasilanya, semua pemimpin wajib menjunjung tinggi nilai tersebut.

"Melayani dengan adil semua golongan agama," ungkap Ridwan Kamil.

Dia menegaskan, Maghrib Mengaji adalah program dari Gubernur Jakarta sebelumnya, Anies Baswedan Yang dianggap sukses dan baik oleh masyarakat.

"Saat blusukan kami mendapati aspirasi untuk dilanjutkan. Ya tentulah Insyaallah kita lanjutkan, tentu dengan perbaikan kesempurnaan agar agama lain juga mendapatkan program yang setara," tutur Ridwan Kamil.


Serap Aspirasi Masyarakat

Saat di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil juga menyempatkan meninjau tanggul air laut dekat bendungan akuarium di Kampung Luar Batang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mantan Wali Kota Bandung ini juga mengungkapkan, saat blusukan di berbagai wilayah Jakarta, pihaknya juga mendapatkan aspirasi untuk melanjutkan kebijakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, di mana salah satunya yaitu memberikan umroh kepada marbot masjid.

"Itu juga kami akan lanjutkan sesuai aspirasi," jelasnya.

Meski demikian, pasangan RIDO akan akan adil untuk memberikan pelayanan agama lain agar bisa umat lain pergi tanah suci seperti Katolik ke Vatikan dan sebagainya.

"Insyallah difasilitasi," jelas Ridwan Kamil.

 


Perjuangkan Aspirasi Kemudahan Rumah Ibadah

Di sisi lain, sebagai pemimpin, pasangan RIDO juga akan memperjuangkan aspirasi kemudahan rumah ibadah seperti yang telah dilakukan di Bekasi, di Bandung, dan juga di Bogor.

"Bersama bapak Bima Arya dalam penyelesaian gereja Yasmin. Kemudian kita juga mendorong ekspresi di dalam kegiatan Cap Go Meh di berbagai tempat sebelum Jakarta, dan juga kami bantu pembangunan gereja, kami bantu juga mensponsori kegiatan paduan suara katolik di mana-mana. Itulah komitmen kami yang sudah kami buktikan, dan itulah komitmen yang sama yang kami lakukan di Jakarta. Karena Jakarta adalah Indonesia dan Indonesia adalah Pancasila," kata Ridwan Kamil.

"Saya sampaikan lagi, jangan terhasut, jangan termakan oleh hal-hal yang sifatnya mengadu domba," pungkasnya.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya