Jokowi dan Prabowo Makan Malam Bersama di Plataran GBK, Bahas Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto makan malam bersama. Apakah yang keduanya bahas?

oleh Devira PrastiwiLizsa Egeham diperbarui 08 Okt 2024, 21:02 WIB
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto makan malam bersama di Hutan Kota by Plataran yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Presiden Jokowi dan Prabowo membahas soal kebersamaan serta keberlanjutan.

"Iya benar (Jokowi dan Prabowo makan malam bersama), private. (Bahas) Kebersamaan dan keberlanjutan," kata Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg Pratikno kepada wartawan, Selasa (8/10/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi senang Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto mempersiapkan semua program dan rencana kerja dengan baik. Dia pun meyakini proses transisi pemerintahannya ke Prabowo akan berjalan dengan mulus.

"12 hari lagi transisi kepemimpinan nasional akan terjadi, tanggal 20 Oktober yang akan datang, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden RI," kata Jokowi saat menghadiri BNI Investor Daily Summit di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

"Yang saya senang sejak beliau terpilih sebagai Presiden Terpilih, persiapan menuju kepelantikan itu betul-betul secara rencana kerja program dan lain-lain transisinya berjalan dengan baik," sambungnya.

Menurut dia, Prabowo selalu menghadiri setiap rapat paripurna maupun rapat terbatas sejak ditetapkan sebagai Presiden Terpilih RI. Jokowi optimistis program unggulan Prabowo telah disiapkan dengan baik oleh para menteri yang menjabat saat ini.

"Hampir di setiap rapat paripurna, ratas, apapun topiknya Pak Prabowo selalu hadir. Kalau sebelumnya hanya urusan pertahanan, tapi setelah jadi Presiden Terpilih di semua rapat terbatas hadir. Sehingga rencana program unggulan yang akan dilaksanakan Presiden Prabowo betul-betul disiapkan dengan baik dengan menteri-menteri yang sekarang," ucap Jokowi.

 


Butuh Waktu 1,5 Tahun

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi mencontohkan Prabowo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap bertemu untuk membahas dan mempersiapkan RAPBN 2025. Dia menuturkan pemerintahan Prabowo akan langsung bekerja usai dilantik menjadi presiden.

"Transisi kepemimpinan ini akan berjalan lancar. Insya Allah mulus sehingga setelah di lantik presiden kabinet bisa langsung bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada, tanpa ada jeda," tutur dia.

Jokowi sendiri membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun untuk mengkonsolidasikan program-program saat dilantik menjadi presiden pada 2014. Dia menekankan pentingnya transisi pemerintahan berjalan mulus agar stabilitas politik dan ekonomi terjaga.

"Karena transisi ke pemerintahan berjalan baik dan mulus itu penting untuk menjaga optimisme kita semua, untuk menjaga stabilitas, baik itu politik maupun ekonomi," pungkas Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

 


Jokowi Mulai Kemas Barang Jelang Pensiun 20 Oktober 2024, Sudah Dikirim ke Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Foto: BPMI Setwapres).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mulai mengemas barang-barangnya yang ada di Istana Kepresidenan Jakarta maupun Istana Bogor, menjelang pensiun pada 20 Oktober 2024. Barang-barang yang dikemas Jokowi mulai dari buku hingga pakaian.

"Aduh, packing (berkemas) pening kepala katanya. Sudah packing, sudah mulai packing," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024)

"Waduh ada buku, ada segala macam," sambungnya.

Jokowi sendiri selama ini berkantor di Istana Merdeka Jakarta dan Istana Bogor. Sementara itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana berkediaman di Istana Bogor.

Pratikno tak mau menyebut sejak kapan Jokowi mulai mengemas barang-barangnya. Menurut dia, barang-barang Jokowi sudah dikirim ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

"Ya namanya kan pindah. Ke Solo," ujarnya.

Dia mengungkap dirinya sempat meminta koleksi batik yang dimiliki Jokowi. Namun, dia mengaku belum mendapat batik tersebut dari Jokowi.

"Saya aja minta sama presiden itu koleksi Bapak batik bagus-bagus, saya lihat di setiap acara batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat Pak, saya minta satu," tutur Pratikno.

 


Apa Kegiatan Jokowi Usai Tak Lagi Jadi Presiden

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Mensesneg Pratikno saat menghadiri promosi Asian Games 2018 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/6). Asian Games yang ke-18 ini diikuti 49 negara dan perhelatan sangat besar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jokowi enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya usai tak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya