AirAsia Resmi Luncurkan Rute Penerbangan Jakarta - Hong Kong

Peresmian penerbangan AirAsia rute Jakarta - Hong Kong menunjukkan komitmen AirAsia untuk memperkuat jangkauan internasional dan meningkatkan konektivitas penerbangan di kawasan Asia.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 08 Okt 2024, 23:55 WIB
Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi, di Hong Kong, Selasa (8/10/2024) - (Yulia Lisnawati/Liputan6.com)

Liputan6.com, Hong Kong - Maskapai penerbangan AirAsia resmi meluncurkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Hong Kong pada Selasa (8/10/2024). Pembukaan rute ini mengikuti kesuksesan peluncuran rute Bali - Hong Kong yang berlangsung pada 1 Oktober 2024 lalu.

Langkah ini menunjukkan komitmen Indonesia AirAsia untuk memperkuat jangkauan internasional dan meningkatkan konektivitas penerbangan di kawasan Asia.

Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi, menjelaskan bahwa tahun 2024 merupakan tahun penting bagi maskapai ini dalam hal ekspansi rute.

“Kami menargetkan untuk membuka 12 rute internasional baru tahun ini, dan saat ini sudah meluncurkan 7 rute baru, termasuk Jakarta-Hong Kong,” ujar Eddy, dalam inaugural Indonesia AirAsia Jakarta - Hong Kong, di Hong Kong, Selasa (8/10/2024).

Rute lainnya mencakup Jakarta-Kota Kinabalu, Bali-Kota Kinabalu, Jakarta-Brunai, Denpasar-Phuket, dan Denpasar-Hong Kong.

Eddy menambahkan bahwa meskipun rute-rute baru ini masih dalam proses persetujuan, pihaknya optimis dapat mencapai target tersebut sebelum akhir tahun.

“Kami berharap untuk mendapatkan dua rute tambahan, termasuk ke India dan China,” katanya.

Mengenai prospek penerbangan Jakarta - Hong Kong, Eddy mengungkapkan bahwa tingkat keterisian menunjukkan hasil yang sangat positif.

“Dari penerbangan perdana, kami mencatat tingkat keterisian di atas 75%. Ini sangat menjanjikan, terutama mengingat bahwa bulan Oktober biasanya bukan musim puncak,” jelasnya. Ia menambahkan bahwa respons pasar terhadap rute baru ini cukup baik, dengan minat yang meningkat selama akhir pekan.


Sambutan positif dari pemerintah

Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi dan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, Yul Edison di Hong Kong, Selasa (8/10/2024) - (Yulia Lisnawati/Liputan6.com)

 

 

Sementara itu, Veranita menambahkan bahwa Indonesia AirAsia optimis dapat berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas serta pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di Tanah Air, terutama dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dari Hong Kong untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia.

"Indonesia AirAsia juga siap untuk menghubungkan penumpang dari Indonesia ke lebih banyak destinasi di Hong Kong," lanjut Vera.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa penerbangan langsung ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dari Hong Kong, sekaligus mendukung peningkatan devisa pariwisata.

"Konektivitas adalah kunci untuk mendatangkan wisatawan internasional ke Indonesia," tegas Sandiaga.

 


Penerbangan perdana Jakarta - Hong Kong yang sukses

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, Yul Edison di Hong Kong, Selasa (8/10/2024) - (Yulia Lisnawati/Liputan6.com)

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 400 dengan tingkat keterisian 100% dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat dengan sempurna di Hong Kong International Airport (HKIA) pada pukul 12.35 waktu setempat.

“Peresmian ini bukan hanya sekadar peningkatan pilihan penerbangan, tetapi juga mencerminkan hubungan yang semakin erat antara Indonesia dan Hong Kong,” ujar Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, Yul Edison.

Dalam kesempatan tersebut, Yul Edison juga berharap rute penerbangan langsung ini akan mendorong lebih banyak wisatawan Hong Kong untuk berkunjung ke Indonesia, terutama setelah diberlakukannya kembali kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Hong Kong mulai 29 Agustus 2024 dan seterusnya.

Infografis Bali Siap Sambut Kedatangan Kembali Wisatawan Mancanegara. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya