3 Atlet Indonesia Tembus Kejuaraan Dunia Binaraga Olympia 2024, Siap Tanding di Las Vegas

Tiga atlet bodybuilder asal Indonesia, Chris Putra, Isai Kesek, dan Fanni Fu'adi, sukses mencatatkan sejarah baru sebagai Olympians Indonesia pertama yang bakal berlaga di panggung Olympia 2024, kompetisi tertinggi dan paling bergengsi di kancah olahraga bodybuilding.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 09 Okt 2024, 13:00 WIB
Sebanyak 3 atlet Indonesia, yakni Chris Putra, Isai Kesek, dan Fanni Fu'adi, bakal berlaga di ajang bodybuilding paling bergengsi dunia, Olympia 2024, di Las Vegas pada 11 sampai 13 Oktober 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Tiga atlet bodybuilder asal Indonesia, Chris Putra, Isai Kesek, dan Fanni Fu'adi, sukses mencetak sejarah baru sebagai Olympians Indonesia pertama yang bakal berlaga di panggung Olympia 2024.

Adapun Olympia sendiri merupakan kompetisi tertinggi dan paling bergengsi di kancah olahraga bodybuilding. Wakil-wakil Merah Putih nantinya dijadwalkan bersaing dengan deretan atlet terbaik dunia seperti Chris Bumstead, Ryan Terry, dan Ramon Dino di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 11 sampai 13 Oktober mendatang.

Sekadar informasi, dunia binaraga saat ini memang makin berkembang di Indonesia. Minat terhadap olahraga tersebut meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan banyak anak muda tertarik menjadi atlet bodybuilder secara profesional.

Kompetisi bodybuilding internasional pun dipandang sebagai impian besar bagi sejumlah binaragawan. Mereka berlatih keras, berjuang di berbagai kompetisi regional, demi meniti jalan untuk bersaing di panggung dunia.

Beruntung, peluang berkarir di dunia bodybuilding akhir-akhir ini juga kian terbuka. Hal itu tak lepas dari keberadaan Olympia sebagai ajang tertinggi di dunia bodybuilding, yang menjadi puncak impian sekaligus batu loncatan bagi para atlet. Meski kompetisi ini sudah berlangsung selama lebih dari setengah abad, Indonesia sendiri baru mulai menunjukkan taringnya di kancah tersebut saat ini.


Kiprah 3 Bodybuilder Indonesia Rebut Tiket Olympia

Sebanyak 3 atlet Indonesia yang tampil Olympia 2024 Las Vegas pada 11 sampai 13 Oktober 2024 bakal beraksi di 2 kelas berbeda. Chris Putra dan Isai Kesek bertanding di kelas Men's Physique, sementara Fanni Fu'adi diagendakan berlaga pada kelas Classic Physique. (Istimewa)

Chris Putra, Isai Kesek, dan Fanni Fu'adi, yang jadi trio wakil Indonesia di Olympia 2024 sebelumnya berhasil merebut tiket menuju kompetisi bergengsi bodybuilding lewat beberapa ajang yang jadi semacam sarana kualifikasi.

Fanni Fu’adi dan Isai Kesek mengamankan tempat di Olympia lewat New Zealand Pro Show 2023. Setelahnya, Chris Putra menyusul meraih slot tampil Olympia melalui DMS Pro Tianjin 2024 usai empat kali mencoba di tingkat ProShow.

Mereka selanjutnya bakal mewakili dua kelas berbeda di Olympia 2024. Chris Putra dan Isai Kesek akan bertanding di kelas Men's Physique, sementara Fanni Fu'adi diagendakan berlaga pada kelas Classic Physique.


Optimistis Tatap Panggung Pertama Olympia

Isai sendiri sebelumnya telah mengungkapkan optimisme untuk menatap panggung pertamanya di Olympia 2024. Sang bodybuilder Tanah Air berharap dia dan rekan-rekannya mampu menorehkan hasil maksimal di pentas tersebut.

"Kami optimis dan berharap mendapatkan hasil maksimal, tapi (kami) tetap rendah hati untuk panggung pertama Olympia,” ujar Isai Kesek saat diwawancarai di EIC Bali pada Juli lalu.

Sementara itu, partisipasi trio atlet Indonesia di Olympia setelah 60 tahun kompetisi berlangsung menjadi bukti kemajuan dunia bodybuilding dalam negeri. Prestasi tersebut tak ayal bakal menginspirasi atlet Indonesia lainnya untuk bermimpi besar dan berlaga di panggung tertinggi bodybuilding dunia.

Evolene Indonesia Championship (EIC), sebagai kompetisi regional NPC IFBB Pro League menjadi satu-satunya kompetisi di Indonesia yang terafiliasi dengan Olympia sekaligus menjadi jenjang karir awal atlet Indonesia masuk ke level Internasional.

Tahun ini, EIC akan kembali diselenggarakan pada 7 Desember 2024 di Jakarta, sehingga membuka peluang bagi atlet Indonesia untuk meraih mimpi besar mereka dan bisa menyusul prestasi ketiga atlet Olympian untuk membawa prestasi sampai ke Las Vegas.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya