Lisa BLACPINK dan Ibunya Dituding Dukung Zionis, Terang-terangan Promosi Brand Pendukung Israel

Ibu Lisa BLACKPINK ketahuan memberi tanda suka pada komentar bernada dukungan terhadap Israel yang mengisyaratkan dia anti-Palestina. Lisa juga dikecam karena putuskan berkolaborasi dengan musisi zionis.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 09 Okt 2024, 13:00 WIB
Lisa Blackpink dan ibunya diduga dukung zionis. (Dok: IG @chitthipbruschweiler https://www.instagram.com/p/DAhGE4_zUSc/?igsh=MW0wc3I4cTlmNXNmNg%3D%3D)

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai tuduhan diarahkan kepada Lisa BLACKPINK, pacar, dan keluarganya yang mendukung zionis mencuat ke publik. Sebelumnya, keluarga Frederic Arnault, pacar Lisa BLACKPINK, dikecam karena diduga menyumbangkan sejumlah besar uang kepada Israel yang telah melakukan kejahatan perang di berbagai negara.

Mengutip dari laman Kbizoom, Rabu (9/10/2024), meskipun tuduhan tersebut telah diklarifikasi, kritik terus berlanjut karena ibu Lisa BLACKPINK kedapatan memberi tanda suka untuk komentar yang menunjukkan dukungan untuk Israel di media sosial. Kini giliran Lisa yang dikecam karena memutuskan kolaborasi dengan Kith.

Maknae BLACKPINK tersebut beberapa kali mempromosikan Kith, sebuah merek fesyen yang didirikan dan dikelola oleh CEO sekaligus direktur kreatifnya, Ronnie Fieg. Dia dikenal sebagai seorang zionis yang terkenal dan secara eksplisit menyatakan dukungannya untuk Israel.

Karena Lisa tidak hanya menjadi model untuk Kith, tetapi juga terlihat berinteraksi dengan Ronnie Fieg, tuduhan bahwa Lisa juga mendukung Zion*sm berhembus. "Dia tidak pernah bisa membantah tuduhan Zio," tulis warganet.

Yang lain pun mengatakan, "Lebih buruk dan lebih buruk lagi… Anda tidak akan datang dan memberi tahu saya bahwa dia tidak tahu! Lisa hanya mencari kesuksesan dan ketenaran, dia tidak peduli dengan Palestina."

"Seorang artis yang sangat tuli nada (deaf tone)," yang lain menimpali. Komentar-komentar keras tersebut terus ditemukan di bawah unggahan terkait yang merupakan ekspresi kekecewaan para penggemar dan warganet.


Ibunda Lisa Menyukai Komentar Dukungan ke Israel

Lisa BLACKPINK saat hadir di acara MTV VMA Music Award 2024. (Dok: AFP/Dimitrios Kambouris)

Sebelum itu, tuduhan bahwa ibu Lisa BLACKPINK adalah seorang zionis telah muncul secara online. Secara khusus, beberapa warganet menemukan bahwa dalam sebuah unggahan yang dipublikasikan sekitar setahun lalu di akun Instagram pribadinya, ibu Lisa menyukai berbagai komentar yang mendukung Israel.

Saat tuduhan ini menyebar, penggemar Lisa berpendapat bahwa ibu Lisa hanya menyukai unggahan seperti 'I love Israel' dalam bahasa Inggris. Awalnya, warganet yang membelanya mengklaim bahwa ibu Lisa mungkin tidak mengerti makna pesan tersbeut. Selain itu, ibu Lisa dikatakan memiliki kebiasaan menyukai banyak komentar yang tidak relevan dengan unggahannya, sehingga pemberian suka tersebut mungkin dilakukan tanpa maksud apa pun.

Namun, warganet lain menunjukkan bahwa ibu Lisa juga menyukai komentar yang menunjukkan dukungan terhadap Israel dalam bahasa Thailand. Itu menunjukkan bahwa ia sepenuhnya memahami makna pesan tersebut.

Alhasil, banyak penggemar yang mengungkapkan kekecewaan atas tindakan ibu Lisa, meninggalkan komentar, seperti "Banyak komentar tentang Palestina dan dia tidak menyukainya", lalu yang lain menulis, "Seluruh keluarga benar-benar mencintai zionis", dan "Lisa perlu di-unfollow secara massal". 


Sederet Artis Dikecam karena Dukung Israel

Disney Rilis Trailer Live Action Snow White Pertama, Gal Gadot Jadi Evil Queen yang Keji (doc: Disney)

"Tandai mereka, dan jangan dukung apapun yang mereka lakukan, karena sebelum yang lain, mereka tidak punya hati," sebut salah satu pengguna X, sebelumnya Twiiter, dalam utas sejumlah selebritas yang menyerukan dukungan untuk Israel terkait perang dengan Hamas.

Pada Sabtu, 7 Oktober 2023, kelompok militan Palestina Hamas melancarkan gelombang serangan mendadak terhadap Israel. Sebagai respons, negara itu mendeklarasikan "perang," dan Pasukan Pertahanan Israel mengumumkan serangan balik yang cepat.

Ketika pertempuran berlanjut, beberapa artis dunia turun ke media sosial untuk berbagi dukungan terhadap Israel. Mendapati itu, beberapa pengikut mereka bersikap kritis, mengatakan di kolom komentar bahwa mereka seharusnya mendukung warga Palestina, dan "tidak memahami" konflik itu.

Selebritas yang mengunggah dukungan terhadap Israel antara lain Madonna, Gal Gadot, Nina Dobrev, Sofia Richie, Ashley Tisdale, dan Kylie Jenner. Pada unggahan di Instagram story-nya, Jenner membagikan foto dari akun pro-Israel @StandWithUs, tetapi menghapusnya kira-kira satu jam kemudian, lapor Insider, dikutip Jumat, 13 Oktober 2023.


Bikin Kecewa Penggemar

Madonna tampil di konser pamungkasnya dalam rangkaian The Celebration Tour di Pantai Copacabana, Brasil, Sabtu (4/5). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Banyak orang memasang bendera Palestina di komentar serta menuduhnya "kurang pengetahuan dan kepedulian." Artis lain tak menghapus unggahan mereka, dan banyak di antaranya berasal dari akun yang sama, @StandWithUs. Ashley Tisdale memposting gambar yang sama dengan Jenner serta menambahkan unggahan lain di Instagram Story-nya.

"Menunjukkan dukungan pada Israel tidak menjadikan seseorang anti-Palestina dan menunjukkan dukungan untuk Palestina tidak menjadikan seseorang anti-semit," tulis Tisdale di unggahan yang dimaksud. Segera setelah itu, orang-orang meninggalkan komentar yang mengatakan mereka kecewa dengan aktris tersebut serta berencana memboikot filmnya.

Sementara banyak selebritas hanya membagikan foto ke Instagram Stories mereka, Madonna dan Gadot berbagi potret di feed utama mereka, yang dengan cepat dibanjiri komentar penolakan warganet. Tulisan Gadot berbunyi, "Saya mendukung Israel, Anda pun  harus melakukannya. Dunia tidak bisa berdiam diri ketika aksi teror mengerikan ini terjadi!"

Unggahan Gadot mendapat ratusan ribu komentar, dengan banyak di antaranya mengatakan beberapa variasi dari "Bebaskan Palestina." Adapun unggahan Madonna mendapat puluhan ribu komentar, banyak di antaranya bernada serupa.

Infografis Dampak Setahun Agresi Militer Israel ke Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya