Ini Deretan Gunung di Lampung yang Pemandangannya Menyejukkan Mata

Keindahan alam di Lampung tak bisa dispelekan. Sebab, untuk pecinta alam gunung-gunung yang ada di Lampung juga akan masuk dalam daftar kunjungannya. Kelestarian flaura fauna yang ada, dipercaya bakal memanjakan mata dan jiwa.

oleh Ardi Munthe diperbarui 12 Okt 2024, 15:00 WIB
Gunung Pesagi di Lampung, Sulawesi Selatan memiliki dua jalur populer. (Dok: Instagram @_trisatria)

Liputan6.com, Lampung - Tak kalah dengan pulau Jawa, Gunung di Lampung cukup beragam mulai dari ketinggiannya dan daya tariknya. Saat mendaki, para pencinta alam dan pendaki bisa menikmati pemandangan di lingkungan sekitar kawasan. Sekedar obat penat pasti akan terbayar lunas. Gunung di Lampung memiliki ketinggian yang bervariasi, tetapi termasuk dalam kategori ketinggian sedang. Dari beberapa gunung, yang ada di Lampung, salah satunya pasti ada yang menjadi favorit bagi pendaki pemula.

Berikut rangkuman 10 rekomendasi gunung di Lampung mulai dari ketinggian dan daya tarik dari gunung tersebut yang dilansir dari Buku Simpul Dasar, Cuaca Pegunungan, Perjalanan di Gunung.

1. Gunung Pesagi

Dilansir dari Buku Objek Wisata Nusantara, Gunung Pesagi memiliki ketinggian 2.127 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini dinamakan Gunung Pesagi karena mempunyai empat buah puncak apabila dilihat dari kejauhan empat penjuru mata angin. Itu sebabnya disebut dengan nama Gunung Pesagi (persegi empat).

Gunung Pesagi terletak di kawasan Desa Pekon, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat. Banyak pendaki yang mendaki Gunung Pesagi ini karena pemandangan alamnya yang indah. Selain itu saat mendaki, kalian akan melihat satwa-satwa liar serta tumbuh-tumbuhan yang unik. Konon, jika kalian mendaki gunung ini akan dihantarkan seekor burung hingga sampai ke puncak.


2. Gunung Tangkit Tebak

Pemandangan dari atas Gunung Tangkit Tebak. (Dok: Gunung Bagging https://www.gunungbagging.com/tebak/nggallery/page/2)

Dilansir dari Mapala Universitas Lampung, Gunung Tangkit Tebak memiliki ketinggian 2.115 mdpl. Gunung ini memiliki 2 lokasi puncak yang letak wilayahnya berbeda. Puncak pertama berada di Kecamatan Way Tebu, Kabupaten Lampung Barat. Sementara, puncak kedua berada di Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.

Saat mendaki Gunung Tangkit Tebak, kalian dapat menikmati keindahan alam dengan melakukan camping dan kegiatan seperti fotografi saat mendaki gunung ini. Gunung ini menjadi salah satu tempat yang jarang dikunjungi pendaki.


3. Gunung Tanggamus

Pemandangan Gunung Tanggamus di Lampung. (Dok: Instagram @aanmocha)

Gunung Tanggamus ini terletak di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Gunung Tanggamus sering didaki oleh komunitas pecinta alam dan menjadi favorit untuk pendakian. Puncak gunung ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Gunung Tanggamus merupakan habitat yang baik bagi kehidupan berbagai jenis flora dan fauna. Gunung ini juga dikenal karena pemandangannya yang indah, sebab lembahnya tertutup kabut putih tebal saat pagi dan sore hari.


4. Gunung Pugung

Gunung Pugung di Lampung. (Dok: IG @riez_aries @geonusantara https://www.instagram.com/p/BphPGAKl0-Z/?igsh=MW41ZG45cGNqNHlwZA%3D%3D)

Gunung Pugung memiliki ketinggian 1.946 mdpl yang terletak di Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat. Gunung ini berada di sebelah barat - barat laut dari Kota Liwa dengan jarak sekitar 30 km. Gunung ini memiliki ketinggian 1.964 Mdpl. Sama seperti Gunung Tangkit Tebak, Gunung Pugung juga termasuk gunung yang jarang dikunjungi oleh para pendaki. Hal ini karena akses yang terlampau jauh dari Ibu Kota provinsi.


5. Gunung Sekincau

Pendaki Gunung Sekincau di Lampung Barat. (Dok: IG @perdirhamandaputra https://www.instagram.com/p/CU8sxorhXY8/?igsh=M2RpOHhsenQ3Y29j)

Gunung Sekincau memiliki ketinggian 1.718 mdpl yang berlokasi di Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat. Gunung ini memiliki dua kaldera yaitu Belirang dan Balak. Gunung Sekincau termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Gunung ini menawarkan keindahan alam termasuk kawah Gunung Sekincau, pemandian air panas dan situs-situs sejarah. Selain pemandangan yang indah, Gunung Sekincau terdapat air terjun yang cantik yang kerap dijadikan destinasi untuk mencari ketenangan.


6. Gunung Punggur

Pesona Gunung Punggur. Foto : (Ist).

7. Gunung Rindingan

Gunung Rindingan memiliki ketinggian sekitar 1608 mdpl yang terletak di Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus. Gunung ini berada di sebelah utara dari Kota Agung yang berjarak sekitar 30 km. Gunung Rindingan sering dijadikan salah satu gunung favorit untuk para pendaki pemula. Saat mendaki gunung ini, pendaki akan menikmati pemandangan alami dengan view bunga-bunga kopi.


8. Gunung Balak

Kondisi hutan lindung Gunung Balak, Lampung Timur. Foto : (Ist).

Gunung Balak terletak di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, yang merupakan kawasan gunung dan hutan lindung. Kawasan Gunung Balak ini telah menjadi wilayah permukiman yang padat dengan sebagian besar penduduknya berkebun.


9. Gunung Tanggang

Gunung Tanggang, Pesawaran. Foto : (Ist).

Gunung Tanggang memiliki 1.119 mdpl terletak di perbatasan antara dua kecamatan yaitu Kecamatan Punduh Pidada dan Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, dan melintasi wilayah Kabupaten Tanggamus. Gunung Tanggang ini cocok bagi para pecinta alam dan petualang karena memiliki keindahan alam yang masih asri serta jalur pendakian yang menantang.


10. Gunung Anak Krakatau

Dalam sehari setidaknya Gunung Anak Krakatau bisa meletus sebanyak 56 kali. (foto: Liputan6.com / BNPB / edhie prayitno ige)

Gunung Anak Krakatau merupakan sebuah pulau vulkanik kecil yang muncul antara Pulau Sertung dan Pulau Rakata Kecil yang terletak di Pulau Rakata, Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan. Gunung ini terdiri dari beberapa pulau vulkanik yaitu Rakata, Sertung, Panjang dan Anak Krakatau. Gunung Anak Krakatau sendiri merupakan gunung baru yang tumbuh pasca letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 tersebut karena lokasinya berada di kaldera bekas Gunung Krakatau dan ukurannya masih lebih kecil.

Itulah informasi mengenai rekomendasi gunung di lampung beserta ketinggian dan daya tariknya. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama untuk pendaki dan pecinta alam yang akan mendaki gunung di Lampung. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya