Cek Fakta: Hoaks Link Pendaftaran Bantuan Usaha Rp 57 Juta dari PT Sido Muncul

Beredar di media sosial postingan PT Sido Muncul membagikan dana bantuan usaha sebesar Rp 57 juta dengan mendaftar melalui link tertentu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 09 Okt 2024, 13:00 WIB
Cek Fakta bantuan modal usaha PT Sido Muncul

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan PT Sido Muncul membagikan dana bantuan usaha sebesar Rp 57 juta dengan mendaftar melalui link tertentu. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Oktober 2024.

Berikut isi postingannya:

"PROGRAM BANTUAN DANA (CSR ) PT. SIDOMUNCUL TBK. Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia..UNDIAN KUPON (DANA BANTUAN USAHA)Berhadiah dari PT. Sidomuncul TBK Hadir untuk anda, Ayo segera Daftar Agar memenangkan Sejumlah hadiah Berupa, Bantuan modal usaha 57 Juta Rupiah..Serta masih banyak bantuan dan kesempatan lainnya... Info lebih lanjut tentang pendaftaran (BANTUAN DANA CSR SIDOMUNCUL)Silahkan klik menu (Daftar) yang kami sediakan...*Daftar sekarang juga"

Lalu benarkah postingan PT Sido Muncul membagikan dana bantuan usaha sebesar Rp 57 juta dengan mendaftar melalui link tertentu?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka laman resmi PT Sido Muncul, Sidomuncul.co.id. Namun tidak ada informasi valid seperti dalam postingan.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com membuka akun resmi PT Sido Muncul di Instagram, @sidomuncultbk yang sudah bercentang biry atau terverifikasi.

Di sana terdapat imbauan agar masyarakat mewaspadai penipuan yang mencatut nama PT Sido Muncul.

"Sido Muncul tidak pernah mengadakan undian berhadiah / giveaway di luar akun official produk. Hati-hati dengan segala jenis penipuan yang mengatas namakan PT Sido Muncul.

Bila masih mengikuti instruksi di luar akun official kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian. Terima kasih," bunyi unggahan Instagram pada 21 September 2022.

Selain itu postingan di Facebook ini mengarahkan masyarakat pada link tertentu. Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Selain itu sangat berbahaya jika memberikan data pribadi seperti nama, nomor,buku tabungan, nomor telepon pribadi untuk diunggah di media sosial atau aplikasi percakapan tertentu. Pasalnya data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

Sumber:

https://www.sidomuncul.co.id/id/home.html

https://www.instagram.com/p/CiwUIwlBQA4/


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan PT Sido Muncul membagikan dana bantuan usaha sebesar Rp 57 juta dengan mendaftar melalui link tertentu adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya