Erik ten Hag Liburan, Manchester United Diam-Diam Sudah Siapkan Pelatih Sementara

Erik ten Hag sepertinya masih dibiarkan memikirkan masa depannya di Manchester United ketika pertemuan antara tokoh-tokoh kunci di balik layar berlangsung pada Selasa kemain.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 09 Okt 2024, 18:00 WIB
Kevin Diks ketika membela FC Copenhagen pada duel lawan Manchester United pada ajang Liga Champions, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB. (Dok. FC Copenhagen)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United dilaporkan belum mencapai keputusan mengenai masa depan Erik ten Hag. Sebelumnya, para petinggi klub di antaranya kepala eksekutif Omar Berrada dan direktur olahraga Dan Ashworth sudah menggelar pertemuan di kantor INOES di London.

Tidak adanya keputusan besar dalam rapat itu menjadi jelas karena sejauh ini tidak ada perkembangan mengenai masa depan Ten Hag. Meski demikian, pelatih asal Belanda itu diklaim masih berisiko dicopot dari jabatannya dalam beberapa hari mendatang saat ia berlibur selama paruh pertama jeda internasional.

Sejauh ini, kendati Ten Hag sudah diberi perpanjangan kontrak satu tahun pada musim panas, posisinya di ruang ganti belum pernah dianggap aman. Kemenangan tipis 1-0 atas Fulham dalam pertandingan pembukaan Liga Inggris, gagal memberi Ten Hag dorongan yang dibutuhkannya untuk mengamankan masa depannya.

Dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi berikutnya, Setan Merah hanya mencatat kemenangan atas Southampton dan Barnsley. Teranyar, mereka nyaris menelan kekalahan di Porto dan Aston Villa sebelum jeda internasional Oktober.

Ten Hag sepertinya masih dibiarkan memikirkan masa depannya ketika pertemuan antara tokoh-tokoh kunci di balik layar berlangsung pada Selasa kemain. Namun, ternyata itu pertemuan biasa, karena merupakan acara rutin yang melibatkan komite eksekutif dengan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemimpin diskusi.


Siapkan Tim Hadapi Laga Penting di Liga Inggris

Manajer Manchester United, Erik ten Hag (kiri), memberikan arahan kepada anak asuhnya saat bersua Aston Villa pada laga pekan ketujuh Premier League di Villa Park, Birmingham, Minggu (6/10/2024) malam WIB. Dalam duel itu, MU harus puas bermain imbang 1-1 kontra The Villa. (AP Photo/Rui Vieira)  

Menurut The Guardian, asisten Ruud van Nistelrooy kemungkinan besar akan mengambil alih sebagai pelatih sementara jika Ten Hag dipecat. Saat ini, ia sedang mempersiapkan diri untuk pertandingan Liga Primer di kandang melawan Brentford pada 19 Oktober,

MU membutuhkan kemenangan dua gol untuk menyalip lawan mereka yang berada di posisi ke-11. Setelah tujuh pertandingan, United mengalami awal terburuknya di Liga Primer, dengan hanya mengumpulkan delapan poin.


Joe Glazer Temui Langsung Pendukung Manchester United

Ekspresi kecewa pemain Manchester United, Christian Eriksen (kiri) dan Bruno Fernandes pada laga lanjutan Liga Inggris 2024/2025 melawan Aston Villa di Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (06/10/2024). (AP Photo/Rui Vieira)

Diberitakan sebelumnya, masa jabatan manajer di ruang ganti MU mungkin akan segera berakhir karena dukungan publik mulai goyah. Ini diketahui setelah Joel Glazer, yang masih memiliki saham di klub tersebut, telah berkomunikasi langsung dengan para penggemar United.

Dengan dukungan untuk pelatih kepala yang tampaknya menghilang, tampaknya hanya masalah waktu sebelum Ten Hag diberi perintah untuk mundur. Spekulasi menunjukkan bahwa kepala eksekutif Omar Berrada dan direktur olahraga Dan Ashworth akan diminta untuk membuat keputusan terkait masa depan mantan bos Ajax tersebut.


Ratcliffe Pegang Kendali Soal Pemecatan Manajer MU

Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Bahkan, Ratcliffe sendiri diketahui sangat ingin mengambil kendali penuh atas potensi pemecatan tersebut. Meskipun, miliarder tersebut menyatakan bahwa hal tersebut bukan keputusannya. Dan, sepertinya ia akan memainkan peran penting dalam menentukan posisi Ten Hag.

Dilaporkan sebelumnya petinggi klub menggelar pertemuan eksekutif di klub, pada Selasa (8/10/2024), untuk membahas kelanjutan karier Ten Hag.

Penampilan klub bisa menjadi area fokus utama pembicaraan, dan ada kemungkinan Ten Hag bisa dipecat dalam beberapa hari mendatang. Di sisi lain, pakar transfer, Fabrizio Romano, mengungkap INEOS pernah mengadakan pertemuan dengan Thomas Tuchel dan perwakilannya setelah final Piala FA.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya