Top 3 Tekno: Hub Pemilu Meta Jelang Pilkada 2024 hingga Apple Pensiunkan iPad 10

Pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran dengan Hub Pemilu yang Meta Luncurkan jelang Pilkada serentak 2024. Selain itu, pembaca juga penasaran dengan adanya bug yang membuat fitur VoiceOver di iOS 18 bisa mengekspos password pengguna.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 09 Okt 2024, 11:30 WIB
iPad 10,2 inci resmi meluncur di pasaran 30 September 2019. (Doc: Apple)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran dengan Meta yang menghadirkan Hub Pemilu, menjelang Pilkada serentak 2024 di Indonesia.

Platform ini hadir sebagai pusat informasi komprehensif bagi masyarakat dan seluruh pihak terkait Pilkada.

Hub Pemilu Meta ini juga menyajikan berbagai informasi edukatif mengenai literasi digital dan kebijakan Meta terkait Pilkada 2024.

Informasi ini pun banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com pada Selasa, 8 Oktober 2024. Sekadar informasi, informasi yang disajikan dalam hub ini di antaranya tips mengatasi misinformasi hingga panduan menjaga keamanan akun.

Selain itu, informasi lain yang banyak membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com adalah tentang adanya kerentanan pada fitur VoiceOver iOS 18.

Pasalnya, kerentanan pada fitur aksesibilitas yang harusnya membantu pengguna dengan gangguan penglihatan dengan membacakan teks ini justru bisa mengekspos password pengguna. Lantas, bagaimana updatenya?

Bukan hanya itu, pembaca juga penasaran dengan Apple yang akan mempensiunkan sejumlah produknya setelah menghadirkan deretan produk teranyar.

Yuk simak informasi selengkapnya di sini.


1. Meta Luncurkan Hub Pemilu, Perkuat Literasi Digital Masyarakat di Pilkada 2024

Meta meluncurkan Hub Pemilu Meta menjelang Pilkada 2024. (Dok: Meta Indonesia)

Meta secara resmi meluncurkan Hub Pemilu Meta untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang demokratis dan transparan. Platform ini hadir sebagai pusat informasi komprehensif bagi masyarakat dan seluruh pihak terkait Pilkada.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (8/10/2024), Hub Pemilu Meta ini juga menyajikan berbagai informasi edukatif mengenai literasi digital dan kebijakan Meta terkait Pilkada 2024.

Beberapa informasi yang disajikan dalam hub ini di antaranya tips mengatasi misinformasi hingga panduan menjaga keamanan akun. Selain itu, semua informasi yang dibutuhkan untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada tertuang di hub itu.

Sementara beberapa topik penting yang ada di Hub Pemilu Meta ini di antaranya membangun komunitas online yang positif, menyeimbangkan kebebasan berekspresi, serta menjaga keamanan dan keselamatan pengguna.

Selain meluncurkan Hub Pemilu, Meta juga genca melakukan berbagai inisiatif lain. Salah satunya bekerja sama dengan sejumlah media ternama untuk memverifikasi informasi yang beredar di platformnya.

Untuk inisiatif ini, Meta bermitra dengan Kompas, Tempo, Liputan6, Tirto, Mafindo, dan AFP. Tidak hanya itu, Meta juga menggelar program literasi digital Asah Digital.

Simak informasi lengkapnya di sini.

 


2. Kerentanan di Fitur Voiceover iOS 18 Bocorkan Informasi Password yang Tersimpan

Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)

Celah serius ditemukan di software iOS dan iPad, yang memungkinkan fitur VoiceOver membacakan kata sandi yang tersimpan.

Kesalahan ini telah membahayakan data sensitif pengguna dan menyebabkan kekhawatiran.

Sekadar informasi, VoiceOver merupakan alat aksesibilitas yang dirancang untuk membantu pengguna dengan gangguan penglihatan.

Mengutip Gizchina, Selasa (8/10/2024), VoiceOver secara tidak sengaja mengungkapkan kata sandi sehingga menimbulkan masalah keamanan yang besar.

Kerentanan tersebut tercantum sebagai CVE-2024-44204, merupakan cacat logika pada aplikasi Password baru yang diperkenalkan di iOS 18.

Simak informasi lengkapnya di sini.

 


3. Apple Pensiunkan Sejumlah Produk, iPad 10 Salah Satunya?

iPad dan iPad mini baru diumumkan. (Doc: Apple)

Setelah meluncurkan seri iPhone 16, Apple bersiap untuk menggelar acara besar lainnya bulan ini.

Event kali ini akan fokus pada pembaruan lini produk iPad dan Mac. Ada banyak spekulasi soal produk Apple yang kemungkinan akan dihentikan produksinya setelah event tersebut.

Produk Apple yang Mungkin akan Dihentikan

Dikutip dari Gizchina, Selasa (8/10/2024), event ini bakal fokus ke model terbaru Mac dan iPad. Apple kemungkinan akan memperkenalkan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan prosesor generasi baru : M4, M4 Pro, dan M4 Max.

Kalau benar, MacBook Pro yang sekarang masih pakai chip M3 kemungkinan besar akan dihentikan produksinya. Kendati demikian, sejauh ini Apple belum memberi konfirmasi resmi soal itu.

Untuk Mac Mini, Apple terakhir kali memberikan update model ini awal tahun 2023 dengan prosesor M2 dan M2 Pro. Namun, kabarnya bakal ada Mac Mini terbaru yang didukung chip M4 dan M4 Pro yang diperkenalkan di event ini.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya