Honda Debut Dunia 2 Motor Listrik CUV e: dan ICON e: di Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan 2 motor listrik sekaligus, CUV e: dan ICON e: dengan status pertama di dunia.

oleh Arief Aszhari diperbarui 09 Okt 2024, 12:06 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan 2 motor listrik sekaligus, CUV e: dan ICON e: dengan status pertama di dunia. (Liputan6.com/Arief Aszhari)

Liputan6.com, Cikarang - PT Astra Honda Motor (AHM) memenuhi janjinya, untuk kembali menghadirkan motor listrik baru di Indonesia. Raksasa roda dua asal Jepang ini, bahkan langsung menghadirkan 2 model sekaligus, CUV e: dan ICON e: dengan status pertama di dunia.

Perbedaan kedua model listrik anyara Honda ini, adalah CUV e: yang menggunakan dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar. Sedangkan Honda ICON e: menggunakan baterai satu, tapi dengan bisa dicas langsung ataupun dengan melapas baterainya.

Honda sendiri berencana untuk memproduksi CUV e: dan ICON e: di Indonesia, di lokasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah, dan akan memperluas produksi dari Indonesia ke negara lain di seluruh dunia.

"Model yang kami perkenalkan hari ini, adalah model ke-10 dan ke-11 dari 30 model yang sudah kami targetkan hingga tahun 2030," jelas Daiki MiharaExecutive Officer, Head of Motorcycle and Power Products ElectrificationBusiness Development Unit, Honda Motor Co. Ltd, di sela-sela peluncuran Honda CUV e: dan ICON e:, di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (9/10/2024).

Peningkatan jajaran sepeda motor listrik komuter Honda ini, tidak hanya akan mencakup model yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:, tetapi juga model dengan baterai tetap, sehingga menambah variasi pilihan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat sepeda motor listrik lebih mudah diakses.

Honda akan mempercepat upayanya untuk mengembangkan jajaran lengkap sepeda motor listrik, termasuk sepeda motor komuter, untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan, dan akan terus membangun berbagai macam sepeda motor listrik.


Spesifikasi Motor Listrik Honda CUV e: dan ICON e:

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan 2 motor listrik sekaligus, CUV e: dan ICON e: dengan status pertama di dunia. (Liputan6.com/Arief Aszhari)

Secara spesifikasi, Honda CUV e: adalah model setara 110cc yang ditenagai dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar, dan merupakan hasil pengembangan SC e: Concept, yang dipamerkan secara perdana dunia ddiJapan Mobility Show 2023 lalu.

Sementara ICON e: adalah model baru yang berbasis pada EM1 e: yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:, dan setara dengan moped kelas 1 di Jepang. Komponen listrik utama termasuk baterai telah diganti, dan eksteriornya telah didesain ulang untuk Indonesia.

Sumber tenaga ICON e: adalah baterai litium-ion terner, yang digunakan secara luas di Tiongkok, dan dapat diisi ulang dengan dua cara, baik di dalam ICON e: atau sebagai baterai mandiri.


Infografis Motor Listrik

Motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya