Kariernya di Ujung Tanduk, Erik ten Hag Dapat Pembelaan dari Eks Pelatih Manchester United

Pelatih Manchester United Erik ten Hag dibela mantan juru taktik MU David Moyes, meski dia akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan menyusul rangkaian hasil mengecewakan anak-anak asuhnya pada awal musim 2024/2025.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 09 Okt 2024, 17:00 WIB
Eks pelatih Manchester United David Moyes pasang badan untuk Erik ten Hag yang tengah jadi sorotan menyusul serangkaian hasil kurang memuaskan yang diraih anak-anak asuhnya pada awal musim 2024/2025. (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United Erik ten Hag mendapat pembelaan dari mantan juru taktik MU David Moyes terkait kinerjanya yang akhir-akhir ini menjadi sorotan menyusul rangkaian hasil mengecewakan Setan Merah pada awal musim 2024/2025.

Pria asal Skotlandia iru menilai Erik ten Hag sudah melakukan tugasnya dengan baik di Old Trafford, kendati eks manajer Ajax Amsterdam kembali dihadapkan dengan ancaman pemecatan saat jeda internasional.

Sebagai informasi, Ten Hag sendiri sebenarnya baru saja menyelamatkan pekerjaannya pada musim panas 2024. Dia sudah sempat berada di ujung tanduk usai membawa MU mencatatkan finis terburuk pada era Premier League dan tersingkir begitu cepat dari Liga Champions 2023/2024.

Petinggi klub sendiri juga sudah begitu santer diklaim menyiapkan daftar suksesor potensial untuk menggantikan Ten Hag. Akan tetapi, manuver berbeda diambil Sir Jim Ratcliffe dan jajarannya setelah pelatih Belanda mengantar Setan Merah mengunci gelar juara Piala FA musim lalu.

Sayangnya, memasuki kampanye 2024/2025, kiprah Ten Hag malah balik tidak meyakinkan. Padahal Manchester United sudah menginvestasikan dana besar senilai 200 juta euro lebih untuk memenuhi ambisi belanja pemain di bursa transfer musim panas kemarin.

Erik ten Hag lantas diberi kesempatan membalikkan keadaan lewat 2 pertandingan terakhir melawan Porto di Liga Europa serta Aston Villa di Liga Inggris sebelum jeda internasional Oktober.

Akan tetapi, Setan Merah di bawah racikannya justru hanya memetik hasil imbang, sehingga laporan mengeklaim bos-bos MU bakal segera mendiskusikan potensi pemecatannya saat "libur" klub.


Ruud van Nistelrooy Jadi Pengganti Sementara

Mantan striker Manchester United, Ruud van Nistelrooy, disebut-sebut bakal menjadi staf pelatih MU. (AFP/CRISTINA QUICLER)

Sejauh ini, Ruud van Nistelrooy jadi nama yang paling ramai dikabarkan berpeluang naik jabatan apabila Erik ten Hag didepak oleh Manchester United.

Mantan legenda klub diketahui tengah menjalani karier sebagai asisten pelatih, dan dia diyakini bisa segera ditempatkan sebagai manajer interim usai Ten Hag angkat kaki dari Old Trafoord.

Di sisi lain, Setan Merah juga dikabarkan telah menyusun daftar incaran lain sebagai calon pelatih tetap, dengan pihak klub disebut meminati Thomas Tuchel dan Gareth Southgate yang sama-sama menganggur usai cabut dari Bayern Munchen serta Timnas Inggris.


Erik ten Hag Dibela David Moyes

Man United harus puas meraih satu poin usai melawat ke markas Aston Villa pada laga lanjutan pekan ke-7 Premier League 2024/25. Bertanding di Villa Park, Minggu (6/10/2024) dini hari WIB, kedua tim bermain sama kuat 0-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Terlepas dari situasi buruk Erik ten Hag, eks pelatih Manchester United David Moyes malah memberi pembelaan buat juru taktik asal Belanda.

Kepada BBC Sport, dia menyiratkan Setan Merah harus tetap percaya pada Ten Hag sebab dia mampu menunjukkan sikap tangguh dan cemerlang di tengah segala kesulitan yang tengah dihadapi.

"Saya pikir, dia (Ten Hag) telah menunjukkan ketahanan yang cemerlang dalam situasi yang dihadapinya. Saya pikir ia harus dipuji atas perilakunya yang baik," ucap Moyes pada BBC Sport, sebagaimana dinukil dari Football Tranfsers.

"Saya tidak melihat dia mengelak dari pertanyaan atau wawancara media yang ditujukan kepadanya. Saya rasa Anda harus memberinya penghargaan besar untuk itu."

"Namun, ini (posisi pelatih MU) adalah pekerjaan yang akan mengundang tekanan besar, banyak orang yang membicarakannya. Jadi, saya harus bilang bahwa dia (Ten Hag) melakukan pekerjaannya dengan brilian," tandas Moyes.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya