Organisasi Meteorologi Dunia: Sungai di Dunia Alami Kekeringan Terparah dalam 30 Tahun

Bencana alam terkait air, kekeringan atau banjir ekstrem, menjadi penanda bahaya krisis iklim di dunia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 10 Okt 2024, 20:46 WIB
Kemarau yang terjadi selama beberapa bulan terakhir memicu terjadi kekeringan di Sungai Paraguay hingga level terendah. (AP Photo/Jorge Saenz)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 mencatat tingkat kekeringan sungai yang paling tinggi dalam tiga dekade terakhir, menempatkan pasokan air dunia di bawah risiko besar.

Hal ini terungkap melalui laporan State of Global Water Resources oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Menurut laporan tersebut, dalam lima tahun terakhir, tingkat aliran sungai secara global telah lebih rendah daripada rata-rata, dan resapan air juga sangat rendah.

Melansir The Guardian, Kamis (10/10/2024), pada tahun 2023, lebih dari 50 persen wilayah tangkapan air sungai mengalami kondisi tidak normal, dengan kebanyakan wilayah mengalami defisiensi.

Fenomena serupa juga diamati pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu 2022 dan 2021. Wilayah yang menghadapi kekeringan parah serta kondisi aliran sungai rendah termasuk daerah-daerah luas Amerika Utara, Sentral, dan Selatan; contohnya saja sungai Amazon dan Mississippi memiliki level air rekam jejak tertinggi.

Di sisi lain, di Asia dan Oseania, lembangan-lembangan sungai Ganges, Brahmaputra, dan Mekong mengalami kondisi di bawah rata-rata hampir seluruh wilayah mereka.

Perubahan iklim tampaknya mempengaruhi distribusi air, sehingga menyebabkan banjir ekstrem maupun kekeringan.


Sungai Dialiri Sedikit Air

Kantor Meteorologi dan Hidrologi Paraguay menyebut ketinggian air telah jatuh ke level terendah yang pernah ada di tengah kekeringan. (AP Photo/Jorge Saenz)

Tahun 2023 merupakan tahun terpanas yang tercatat sepanjang sejarah, dengan sungai-sungai mengaliri sedikit air dan negara-negara menghadapi kekeringan tetapi juga membawa banjir ke seluruh dunia.

WMO menyebut bahwa kondisi alam tersebut dipengaruhi oleh transisi dari La Niña ke El Niño pada pertengahan tahun 2023. Pola cuaca alami ini dimana suhu permukaan laut timbul di atas ratarata di bagian tenggara-pusat samudra Pasifik, sedangkan La Niña merujuk pada penyejukan periodik di area tersebut.

Namun ilmuwan mengatakan bahwa kerusakan iklim meningkatkan dampak fenomena-fenomena cuaca ini dan membuatnya semakin sulit diprediksi.


Air Penanda Perubahan Iklim

Sungai dan danau di wilayah Negara Bagian Amazonas mencapai titik terendah dalam sejarah. (MICHAEL DANTAS/AFP)

Wilayah yang mengalami banjir antara lain pantai timur Afrika, pulau utara Selandia Baru, dan Filipina.

Di Inggris , Irlandia, Finlandia, dan Swedia, terjadi debit di atas normal, yaitu volume air yang mengalir melalui sungai pada suatu titik waktu tertentu.

"Air adalah tanda bahaya perubahan iklim," kata sekretaris jenderal WMO, Celeste Saulo.

"Kita menerima sinyal bahaya dalam bentuk curah hujan yang semakin ekstrem, banjir, dan kekeringan yang menimbulkan dampak besar pada kehidupan, ekosistem, dan ekonomi. Mencairnya es dan gletser mengancam keamanan air jangka panjang bagi jutaan orang. Namun, kita tidak mengambil tindakan mendesak yang diperlukan."

"Sebagai akibat dari peningkatan suhu, siklus hidrologi telah dipercepat. Siklus ini juga menjadi lebih tidak menentu dan tidak dapat diprediksi, dan kita menghadapi masalah yang semakin besar, baik berupa terlalu banyak atau terlalu sedikit air. Atmosfer yang lebih hangat menahan lebih banyak uap air yang menyebabkan curah hujan yang tinggi. Penguapan dan pengeringan tanah yang lebih cepat memperburuk kondisi kekeringan," tambahnya.


Pasokan Air Terancam

BMKG menyatakan fenomena El Nino tahun ini menyebabkan kemarau lebih kering dan panjang. (Timur MATAHARI/AFP)

Kondisi ekstrem ini membahayakan pasokan air.

Menurut UN Water, saat ini, 3,6 miliar orang menghadapi akses air yang tidak memadai setidaknya selama satu bulan dalam setahun, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 5 miliar pada tahun 2050,

Gletser juga mengalami nasib buruk tahun lalu, kehilangan lebih dari 600 gigaton air, angka tertinggi dalam 50 tahun pengamatan, menurut data awal WMO untuk September 2022 hingga Agustus 2023.

Pegunungan di Amerika Utara bagian barat dan Pegunungan Alpen Eropa menghadapi pencairan ekstrem. Pegunungan Alpen Swiss kehilangan sekitar 10 persen dari volume yang tersisa selama dua tahun terakhir.

"Terlalu sedikit yang diketahui tentang keadaan sebenarnya dari sumber daya air tawar dunia. Kita tidak dapat mengelola apa yang tidak kita ukur. Laporan ini berupaya untuk berkontribusi pada peningkatan pemantauan, pembagian data, kolaborasi lintas batas, dan penilaian," kata Saulo.

"Ini sangat dibutuhkan."

Infografis Bencana-Bencana Akibat Perubahan Iklim. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya