NeutraDC Perkuat Posisi sebagai AI Enabler dan Penyedia Layanan Data Center Lewat Kolaborasi dengan PLN

Telkom Group melalui NeutraDC terus melakukan transformasi dan mendukung digitalisasi sebagai keharusan di era digital saat ini.

oleh Gilar Ramdhani pada 09 Okt 2024, 14:20 WIB
(Kiri ke Kanan) Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, EVP Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN Nayusrizal, dan CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) untuk Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik untuk Industri Data Center yang berlangsung pada Selasa, (08/9/2024).

Liputan6.com, Cikarang PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak di industri ekosistem infrastruktur data center, melakukan kerja sama strategis dengan PT PLN (Persero) terkait suplai energi yang terjamin dan stabil.

Kolaborasi tersebut tidak hanya memperkuat positioning NeutraDC sebagai AI-enabler, tetapi juga untuk memastikan ketersediaan energi yang sesuai dengan kebutuhan NeutraDC yang terus berkembang. Terutama dalam menghadapi permintaan besar untuk kapasitas pusat data berbasis AI dan teknologi digital lainnya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir dan Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, berlokasi di Hyperscale Data Center (HDC), Cikarang, Selasa (8/10). Turut hadir Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono.

Dalam sambutannya, Bogi Witjaksono menyampaikan apresiasi atas kolaborasi strategis yang tercipta dalam penandatanganan MoU yang telah dilakukan.

"Kolaborasi ini menjadi langkah penting bagi kami, terutama dalam memperkuat ekosistem bisnis data center Telkom," kata Bogi.

Dalam pengembangan data center, Bogi menjelaskan pihaknya tidak hanya infrastruktur, tetapi juga sinergi dengan PLN sebagai mitra strategis dalam hal penyediaan energi yang sangat penting bagi operasional perusahaan.

"Ini adalah bagian dari strategi kami untuk menjadikan data centersebagai growth engine baru di tengah ketatnya persaingan industri,” jelasnya.

 


Tranformasi dan Digitalisasi

Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) untuk Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik untuk Industri Data Center yang berlangsung pada Selasa, (08/9/2024).

Selaras, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menekankan pentingnya untuk melakukan sinergi dalam menghadapi berbagai tantangan industri.

“Telkom Group terus melakukan transformasi dan mendukung digitalisasi sebagai keharusan di era saat ini. Tantangan seperti renewable energy dan perkembangan AI adalah isu kritis yang akan kita hadapi bersama, sehingga diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Honesti.

Honesti menekankan kerja sama antara BUMN, seperti Telkom dan PLN sangat penting, karena ekosistem yang dibangun akan lebih lengkap dengan dukungan energi yang andal.

"Kami yakin bahwa dukungan dari sektor energi akan mempercepat pengembangan infrastruktur digital kami, termasuk data center, untuk menjawab kebutuhan bisnis yang semakin berkembang," ujarnya.

Melalui kerja sama ini, PLN akan menyediakan infrastruktur tenaga listrik yang mampu mendukung pertumbuhan NeutraDC secara berkelanjutan, serta memungkinkan NeutraDC untuk terus mengoptimalkan teknologi terbaru dan memenuhi standar global dalam operasional pusat data.

 


Keberlanjutan Energi

Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) untuk Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik untuk Industri Data Center yang berlangsung pada Selasa, (08/9/2024).

CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F menyampaikan bahwa kolaborasi ini tidak hanya menandai komitmen NeutraDC terhadap keberlanjutan energi, tetapi juga langkah strategis untuk mengukuhkan posisi NeutraDC sebagai pusat data terdepan di Indonesia.

“Dengan dukungan energi dari PLN, kami akan mampu menyediakan layanan yang lebih stabil dan ramah lingkungan, sejalan dengan misi kami untuk memajukan ekosistem digital nasional," jelas Andreuw.

NeutraDC terus memperluas cakupan dan kapasitasnya. Termasuk, dengan penambahan kapasitas di Cikarang, serta pembangunan hyperscale data center Batam. Dengan adanya dukungan dari PLN, NeutraDC kini semakin siap untuk menyediakan layanan pusat data yang andal, hemat energi, dan berkelanjutan, selaras dengan visi Telkom dalam memperkuat infrastruktur digital nasional.

 

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya