Menpan RB Sebut Kemenag Pernah Punya Masalah Data Kepegawaian

Menpan RB mengungkapkan bahwa saat dirinya mulai menjabat, lima kementerian mengalami masalah serius terkait data kepegawaian, salah satunya adalah Kementerian Agama.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 09 Okt 2024, 14:15 WIB
MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas mengkombinasi tugas kedinasan ASN dengan metode work from home (WFH) dan work from office (WFO) pada Selasa-Rabu, 16 dan 17 April 2024. (Muhammad Radityo).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa saat dirinya mulai menjabat, lima kementerian mengalami masalah serius terkait data kepegawaian, salah satunya adalah Kementerian Agama.

"Ketika saya pertama kali menjabat, saya langsung identifikasi lima kementerian dengan masalah data kepegawaian yang paling serius. Kementerian Agama menempati posisi pertama," kata Anas saat acara Gebyar Pelayanan Prima 2024 di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Mengetahui adanya masalah tersebut, Anas segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap data kepegawaian di kementerian-kementerian yang bermasalah.

Dalam langkah perbaikan ini, Anas segera mengundang Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Menteri Agama untuk berkolaborasi menyelesaikan isu tersebut.

"Setelah itu, saya langsung panggil Kepala BKN dan Menteri Agama untuk bersama-sama memperbaiki masalah ini. Alhamdulillah, berkat kerja sama dengan Kementerian Agama, data kepegawaian kini sudah 90 persen rapi," jelasnya.

Formasi CPNS Naik

Perbaikan data kepegawaian di Kemenag berdampak signifikan terhadap proses rekrutmen pegawai. Sebelumnya, Kementerian Agama hanya mampu membuka sekitar 5.000 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun, pada tahun 2024, jumlah formasi yang dibuka meningkat tajam menjadi 110.000.

"Biasanya hanya sekitar 5.000 formasi per tahun. Sekarang, kita buka 110.000 formasi untuk seluruh Indonesia, khususnya di Kementerian Agama," tambah Anas.

 


Perbaikan Data Kepegawaian dan Peningkatan Rekrutmen CPNS

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas (Istimewa)

Langkah cepat Menteri Abdullah Azwar Anas dalam menangani permasalahan data kepegawaian di berbagai kementerian, terutama Kementerian Agama, menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan efisiensi administrasi dan pelayanan publik. Dengan data kepegawaian yang lebih akurat, proses rekrutmen pegawai menjadi lebih transparan dan efisien.

Selain itu, peningkatan formasi CPNS di Kementerian Agama menjadi bukti keberhasilan reformasi birokrasi di kementerian tersebut. Kementerian Agama kini mampu menyediakan lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk bergabung sebagai abdi negara.

Dengan berbagai upaya perbaikan ini, diharapkan pelayanan publik di Kementerian Agama semakin optimal, sejalan dengan visi reformasi birokrasi yang lebih profesional dan akuntabel.

Relevansi dan Kata Kunci SEO:

Data Kepegawaian Kementerian AgamaRekrutmen CPNS 2024Reformasi Birokrasi di Kementerian AgamaAbdullah Azwar AnasKementerian Agama Formasi CPNS 2024.

 

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya