Andres Iniesta Resmi Pensiun, Lionel Messi Beri Ucapan Menyentuh

Legenda FC Barcelona dan timnas Spanyol, Andres Iniesta resmi pensiun pada Selasa (8/10/2024). Salah satu mantan rekan setimnya, Lionel Messi tulis pesan untuk Iniesta melalui akun Instagram miliknya.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 09 Okt 2024, 16:38 WIB
Lionel Messi dan Andres Iniesta membentuk salah satu kolaborasi paling mematikan dalam sejarah sepak bola. Mereka memainkan 488 pertandingan di semua kompetisi. Keduanya bersama-sama mencetak banyak gol dan menciptakan momen-momen magis yang membawa Barcelona meraih berbagai gelar, termasuk empat trofi Liga Champions. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Jakarta - Legenda FC Barcelona dan timnas Spanyol, Andres Iniesta resmi pensiun pada Selasa (8/10/2024). Salah satu mantan rekan setimnya, Lionel Messi tulis pesan untuk Iniesta melalui akun Instagram miliknya.

Dilansir dari ESPN, kapten timnas Argentina tersebut menyampaikan kesannya selama bermain bersama Iniesta. Messi menilai Iniesta memiliki sentuhan magis dan menjadi salah satu rekan favoritnya dalam karirnya di FC Barcelona.

"Salah satu pemain dengan sentuhan magis terbaik di sepak bola dan pemain yang paling berkesan bagiku," tulis penyerang Inter Miami tersebut.

Kemudian, Messi juga menuliskan pesan menyentuh untuk mantan rekannya tersebut. Ia mengatakan semua rekannya di dunia sepak bola akan rindu dengna kehadiran Iniesta.

"Sepak bola dan kita semua akan merindukanmu," lanjut Messi.

Selain Messi, mantn tiga pelatih Barcelona turut berikan penghormatan kepada Iniesta. Ada Louis van Gaal, Pep Guardiola, dan Luis Enrique yang hadir melalui video teaser pensiun sang maestro di Instagram @andresiniesta.


Upacara Perpisahan Emosional

Kepergian Xavi ke Qatar membuat ban kapten Barcelona otomatis diserahkan kepada Andres Iniesta. Memimpin tim sejak 2015 hingga 2018, Iniesta berhasil mengantarkan Barcelona dua kali meraih juara LaLiga dan tiga kali Copa del Rey. (Foto: AFP/Lluis Gene)

Iniesta gelar acara khusus di Barcelona, Spanyol untuk pengumuman pensiunnya. Sekitar 500 orang dikabarkan hadir pada acara ini. Sejumlah figur dari klub yang telah membesarkan namanya, yakni FC Barcelona turut hadir.

Terdapat beberapa figur yang saat ini berada di Blaugrana. Ada Presiden klub, Joan Laporta yang ditemani oleh pelatih Barcelona, Hansi Flick. Selain itu, hadir juga Ansu Fati, Ronald Araujo, Dani Olmo, dan Gavi. Lalu, salah satu mantan punggawa Blaugrana, Thiago juga datang ke acara ini.

Tidak hanya orang-orang dari Barcelona saja, tetapi ada juga perwakilan klub rival yang datang. Salah satu legenda Real Madrid, Emilio Butragueño dan mantan pemain klub Espanyol, Joan Capdevila hadir untuk Iniesta.

Dalam acara ini, Iniesta ungkapkan semua perasaannya akan perjalanan karier di sepak bola. Ia mengaku tidak pernah menyangka hari pensiunnya tiba.

"Aku sama sekali tidak menyangka hari ini tiba. Aku sama sekali tidak pernah membayangkannya. Semua air mata dariku selama beberapa hari terakhir bukanlah air mata kesedihan, tetapi rasa bangga yang aku punya," tuturnya.


Iniesta Ingin Kembali ke Barcelona

Andres Iniesta. (AFP/Miguel Medina)

Usai pensiun, Iniesta dikabarkan akan mengambil waktu untuk mendapatkan lisensi kepelatihan. Hal ini dilakukan lantaran ia ingin kembali ke klub masa kecilnya tersebut dan ini diungkapkan pada acara yang sama.

"Aku ingin kembali ke Barca di satu titik tertentu di hidupku. Aku melihat bahwa semua orang yang memiliki pengalaman dan pengaruh di klub ini harus ada di sini, selama mereka dapat berkontribusi," kata Iniesta.

Selain itu, ia mengaku senang apabila ia ditawari pekerjaan di FC Barcelona dan ia ingin dapat berkontribusi untuk klub.

"Apabila ada tawaran bagiku untuk kembali berkontribusi untuk klub seperti bagaimana aku dulu berperan sebagai pemain, aku akan sangat senang. Pelatih seperti apa aku nanti? Aku masih belum tahu apakah aku akan melatih atau tidak, tetapi itu niatku," ujarnya.

Andres Iniesta bergabung ke FC Barcelona pada 1996 di usia 12 tahun. Selama beberapa tahun, ia mengasah kemampuannya di akademi klub, yakni La Masia. Pada 2002 silam, Iniesta bergabung bersama tim senior Blaugrana dan sampai 2018, ia telah catatkan 647 penampilan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya