Erick Thohir Soroti Kesehatan Mental Karyawan BUMN di Era Digital

Menteri BUMN Erick Thohir, yang diwakili oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, menekankan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental di era transformasi digital.

oleh Septian Deny diperbarui 09 Okt 2024, 16:00 WIB
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan keterangan saat acara Refleksi 93 Tahun PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Senin (17/04/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan sejumlah BUMN lainnya berkomitmen mendukung kesehatan mental karyawan melalui kegiatan inspiratif 1000 Manusia Bercerita yang digelar di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, pada pekan lalu. Acara ini dihadiri oleh 350 karyawan milenial dan Gen Z dari berbagai BUMN di wilayah Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir, yang diwakili oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, menekankan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental di era transformasi digital.

"Perubahan cepat dalam dunia kerja dan teknologi menuntut karyawan untuk mampu mengelola emosi dan tekanan dengan baik. Pak Menteri berharap semangat teman-teman di BUMN Sumatera Selatan setangguh orang-orang di masa Kerajaan Sriwijaya," ungkap Arya.

Erick Thohir terus memperlihatkan komitmen kuatnya dalam mendukung kesejahteraan mental karyawan BUMN melalui roadshow 1000 Manusia Bercerita yang sebelumnya sukses digelar di tujuh kota: Jakarta, Magelang, Malang, Bali, Balikpapan, Makassar, dan Medan.

Kali ini, Palembang menjadi destinasi ke-8 dalam rangkaian acara tersebut.Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyatakan bahwa dukungan ASDP dalam kegiatan ini merupakan bentuk sinergi yang baik antar-BUMN dan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menciptakan budaya kerja yang sehat dan produktif.

"Dengan diselenggarakannya workshop ini di lokasi bersejarah seperti Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, kami berharap karyawan BUMN lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mental, mengelola stres, dan tetap produktif," kata Shelvy.

Acara dimulai dengan sesi breathing exercise yang dipandu oleh praktisi mindfulness, Hendrick Tanuwidjaja, dilanjutkan dengan talkshow yang menggali tema "Mengenali Diri untuk Memulihkan Jiwa" bersama public figure Andien dan Aurra Kharisma. Selain itu, sesi meditasi bersama psikolog juga digelar untuk memberikan ruang bagi peserta dalam merenung dan memperbaiki keseimbangan emosional mereka.

 


Kolaborasi BUMN

Hotel Meruorah Komodo sebagai venue utama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo pada Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5) (dok: ASDP)

Kolaborasi yang kuat antara Kementerian BUMN dan platform Menjadi Manusia, didukung oleh BUMN seperti Mind ID, Hutama Karya, Pupuk Indonesia, Injourney Airports, Pertamina Gas Negara, Bulog, ASDP, dan Telkomsel, menjadi motor penggerak suksesnya acara ini.

Karyawan yang hadir juga mendapatkan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan dalam menciptakan konten positif di media sosial, yang diharapkan dapat menginspirasi rekan kerja mereka melalui pesan-pesan yang mendorong kesejahteraan mental.

ASDP berkomitmen untuk terus mendukung berbagai program yang memprioritaskan kesehatan mental dan menciptakan lingkungan kerja yang positif, selaras dengan nilai AKHLAK BUMN—Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.


1000 Manusia Bercerita

Menteri BUMN Erick Thohir dalam peresmian Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR), di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief Rahman Hakim)

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali menunjukkan komitmennya dalam mengutamakan kesehatan mental karyawan BUMN di seluruh Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui pelaksanaan roadshow acara 1000 Manusia Bercerita yang kali ini diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara.

Acara yang dihadiri oleh 300 peserta ini melibatkan karyawan millennial dan influencer BUMN wilayah Sumatera Utara. Tujuan dari roadshow ini adalah untuk mengajak peserta memahami lebih dalam tentang emosi diri dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di lingkungan kerja.

Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menekankan pentingnya kesehatan mental sebagai bagian integral dari kesejahteraan karyawan untuk bisa terus berjuang di setiap tantangan yang dihadapi dalam dunia kerja.

“Sebelum jatuh lebih jauh dibutuhkan kebangkitan dan pemulihan agar tidak terpuruk habis. Banyak pegawai yang mengambil satu kesempatan dan melepas kesempatan lain tanpa mengetahui potensi dan keinginan mereka, sehingga ketika gagal mereka terpuruk dan depresi. Pak Menteri melalui kegiatan 1000 Manusia Bercerita ini berharap agar karyawan BUMN dapat mengespresikan emosi dan mengulik jati diri untuk dapat memilih dan memastikan setiap kesempatan yang diambil," ujar Arya dikutip Kamis (5/9/2024).

Kesehatan mental bukan hanya tentang mengatasi masalah, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan secara menyeluruh. Kegiatan 1000 Manusia ini merupakan langkah penting untuk mendorong dialog terbuka dan mendukung karyawan dalam mengatasi tantangan emosional dan kebingungan yang mungkin mereka hadapi.

Kegiatan 1000 Manusia Bercerita di Medan, Sumatera Utara menampilkan berbagai sesi interaktif dan talkshow yang dirancang untuk membantu peserta mengenali dan memahami emosi mereka. Selain itu, acara ini juga memberikan platform bagi karyawan untuk berbagi pengalaman dalam menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

 


Sarana Advokasi Kesehatan Mental

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan di depan awak media mengenai program naturalisasi pada acara yang berlangsung di kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kegiatan 1000 Manusia Bercerita diinisiasi sebagai sarana advokasi kesehatan mental, sebuah ruang aman dan nyaman untuk karyawan BUMN membagikan cerita tentang diri. Edisi Sumatera Utara ini berisikan beberapa bagian yang terdiri dari sesi meditasi yang dipandu oleh Adjie Santosoputro (Praktisi Mindfulness), dilanjutkan talkshow dengan beberapa sosok yang relevan dan dianggap dekat dengan menjaga kesehatan mental diantaranya Firsta Faizah (Psikolog), Hendrik Sastrawan (BUMN Runners), Randy Pangalila (Aktris), dan Adinda Cresheilla (Putri Indonesia Pariwisata 2022). Terdapat juga sesi interactive talks dengan Siti Maliha (Psikolog), konsultasi dengan psikolog secara tatap muka, dan ditutup dengan five sense experience.

Kegiatan 1000 Manusia Bercerita Sumatera Utara merupakan bagian dari rangkaian roadshow yang telah menjangkau ribuan karyawan millennial BUMN. Hal tersebut menempatkan Sumatera Utara sebagai lokasi ke-8 penyelenggaraan kegiatan, terwujud berkat kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan platform Menjadi Manusia, didukung oleh PTPN Holding, Inalum, PNM dan Pelindo.

Ke depan, kegiatan ini direncanakan untuk terus menjangkau kota dan provinsi lainnya agar dapat meningkatkan literasi serta praktik terkait kesehatan mental di Indonesia, sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat dan sejahtera.

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya