Bukan Cuma Segar, Ini 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sangka kalau melon memiliki banyak manfaat kesehatan? Yuk, cek di sini untuk tahu lebih lengkapnya!

oleh Bella Zoditama diperbarui 15 Okt 2024, 09:02 WIB
Ilustrasi Buah Melon yang Manis dan Segar / Freepik by jcomp

Liputan6.com, Jakarta Di tengah cuaca yang cukup panas dan terik seperti sekarang ini, rasanya paling enak mengonsumsi yang dingin dan segar-segar, ya. Namun, tentunya Anda tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan karena bisa memberikan efek yang kurang bagus bagi kesehatan. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon.

Dengan rasanya yang segar dan manis, bisa dikatakan bahwa buah melon merupakan salah satu buah favorit yang tidak akan ditolak oleh orang-orang. Namun siapa sangka, buah populer yang satu ini juga kaya akan nutrisi yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kita, lho. 

Merangkum dari Real Simple, Rabu (9/10/2024), baca terus untuk mempelajari semua manfaat melon yang menakjubkan di sini.

Nutrisi dari Melon

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita lihat sekilas rincian nutrisi melon, menurut basis data U.S. Department of Agriculture (USDA):

Melon (1 cangkir potong dadu, 170 gram)

Makronutrien

  • Kalori: 153 kalori
  • Protein: 1 gram (g)
  • Total Karbohidrat: 16 g
  • Serat: 1,4 g
  • Gula: 14 g
  • Lemak: 0 g
  • Air: 153 g, 90 persen volume total

Mikronutrien

  • Vitamin C: 31 miligram (mg), 34 persen dari Daily Value (DV)*

*Daily Value atau Angka Kecukupan Gizi Harian didasarkan pada kebutuhan rata-rata orang dewasa untuk pria dan wanita tanpa kondisi yang sudah ada sebelumnya menurut National Institutes of Health (NIH).

  • Vitamin B6: 0,15 mg, 9% DV
  • Folat: 32 mikrogram (mcg), 8% DV
  • Vitamin K: 5 mcg, 4% DV
  • Kalium: 388 mg, 8% DV
  • Magnesium: 17 mg, 4% DV

Berdasarkan informasi ini, kita dapat melihat bahwa satu porsi melon mengandung sejumlah besar air, serat, kalium, dan folat, serta vitamin C dan B6. Buah musim panas ini juga mengandung sejumlah kecil vitamin K dan magnesium, selain berbagai senyawa tanaman, atau phytochemicals, seperti lutein dan zeaxanthin.


Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Ilustrasi melon (dok Unsplash/Ossid Duha Jussas Salma)

Profil nutrisi yang mengesankan ini menjadikan melon sebagai penunjang kesehatan secara menyeluruh dalam berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa bidang kesehatan yang paling terdampak positif oleh melon:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

“Melon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh secara menyeluruh,” kata Amy Davis, RDN.

Selain itu, senyawa tanaman yang ditemukan dalam melon juga bertindak sebagai antioksidan yang mengurangi peradangan tubuh dan melawan molekul radikal bebas penyebab penyakit, yang selanjutnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Kesehatan metabolik

Meskipun melon mengandung sekitar 14 gram gula alami per satu cangkir sajian, melon sebenarnya bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah metabolisme, seperti diabetes tipe 2.

"Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 3,5 hingga 5 ons buah setiap hari, termasuk melon, dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan komplikasi bagi mereka yang telah didiagnosis menderita diabetes tipe 2," kata Julie Pace, RDN.

Hal ini kemungkinan besar berkat serat pengatur gula darah dan antioksidan pengurang peradangan yang terkandung dalam buah yang disukai ini.


3. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Ilustrasi Jantung Sehat / Freepik by pressfoto

Serat, khususnya serat larut, yang ditemukan dalam melon juga mendukung kesehatan jantung dengan mengikat kolesterol makanan di usus halus, mengeluarkannya melalui tubuh sebagai limbah dan mengurangi penyerapan ke dalam aliran darah.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam sirkulasi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding vena dan arteri, gejala khas penyakit jantung tertentu.

"Melon juga merupakan sumber kalium yang baik, yang membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah," imbuh Pace.

4. Kesehatan usus

"Melon dapat membantu melancarkan pencernaan dan keteraturan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi," kata Davis.

Kedua nutrisi tersebut membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, sementara serat larut yang ditemukan dalam buah ini bertindak sebagai makanan bagi bakteri sehat dalam mikrobioma usus—yang selanjutnya mendukung tidak hanya kesehatan usus tetapi juga kesehatan kekebalan tubuh.

5. Menghidrasi tubuh

Berbicara tentang air, fakta bahwa melon mengandung 90 persen air juga berarti bahwa buah ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan hidrasi harian tanpa harus mencari botol air.

"Kalium dalam melon ini juga penting untuk keseimbangan cairan dan elektrolit sebagai elektrolit utama," imbuh Davis.


6. Merawat kesehatan kulit

Ilustrasi memiliki kulit wajah sehat/Canva.com.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada melon juga menjadi pertanda baik untuk kulit yang berseri.

"Vitamin C mendukung kesehatan kulit," tegas Pace.

Hal ini dikarenakan vitamin C berperan besar dalam sintesis kolagen, sekaligus menangkal molekul radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, serta penyakit kulit tertentu.

7. Baik bagi mata

Karotenoid lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam melon merupakan fitonutrien yang terkenal untuk mendukung kesehatan mata. Sebuah tinjauan tahun 2022 yang diterbitkan dalam Nutrients menemukan bahwa kedua senyawa buah-buahan ini dikaitkan dengan perkembangan penyakit mata yang tertunda seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

8. Menjaga berat badan

Dan terakhir, konsumsi melon secara teratur dapat mendukung pemeliharaan berat badan yang sehat.

“Karena melon rendah kalori dan mengandung sekitar 90 persen air, melon ini dapat membantu mereka yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan,” jelas Davis.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya