Tes Mudah 2 Menit Ini Dapat Prediksi Harapan Hidupmu, Bisa Dilakukan di Rumah

Ada tes sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah yang dapat memberi petunjuk tentang harapan hidup Anda

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Okt 2024, 16:28 WIB
Salah satu kunci kebahagiaan suami dalam rumah tangga adalah Miss V milik istrinya awet muda. Bagaimana cara mewujudkannya?

Liputan6.com, Jakarta Ada tes sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah yang dapat memberi petunjuk tentang harapan hidup Anda, kata seorang ahli.

Meskipun faktor-faktor seperti genetika dan penyakit berada di luar kendali kita, pilihan gaya hidup seperti diet dan olahraga berperan dalam berapa lama kita mungkin hidup. Namun, jika Anda ingin tahu tentang potensi harapan hidup Anda, kini ada metode mudah untuk mengukurnya menurut seorang dokter AS.

Seperti yang ditayangkan pada program 'Today' di Amerika, kontributor medis NBC News, Dokter Natalie Azar, mendemonstrasikan "tes duduk untuk berdiri", yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan orang berusia antara 51 dan 80 tahun meninggal sebelum waktunya. 

Tes duduk-berdiri, atau SRT, seperti yang juga dikenal, memberikan wawasan tentang berbagai aspek yang terkait dengan umur panjang, dengan fokus pada kondisi jantung, stabilitas, kelincahan, kekuatan core atau otot perut dan otot di kaki, ditambah seberapa lenturnya Anda, lapor Express.

Dan bagian terbaiknya? Tidak perlu peralatan khusus, cukup ruang untuk menjatuhkan diri dan melompat kembali hanya dengan kekuatan kaki dan perut. Mulailah dengan skor sempurna sepuluh tetapi kurangi satu poin setiap kali Anda membutuhkan sedikit bantuan untuk berdiri atau duduk. 

Meraih skor yang sedikit dapat menjadi berita buruk bagi prospek umur panjang Anda. Mengutip penelitian dari tahun 2012, Dr. Azar berkata: "Studi tersebut menemukan bahwa semakin rendah skornya, Anda tujuh kali lebih mungkin meninggal dalam enam tahun ke depan."

"Delapan poin atau lebih adalah yang Anda inginkan. Seiring bertambahnya usia, kita menghabiskan waktu berbicara tentang kesehatan kardiovaskular dan kebugaran aerobik, tetapi keseimbangan, fleksibilitas, dan kelincahan juga sangat penting." 

 


Studi Masyarakat Kardiologi Eropa

Ilustrasi wanita awet muda / Freepik by drobotdean

Masyarakat Kardiologi Eropa menerbitkan sebuah studi yang melibatkan 2.002 peserta, 68 persen di antaranya adalah pria, yang mengamati kinerja mereka dalam Tes Duduk-Bangkit (SRT).

Diklaim bahwa "Kebugaran muskuloskeletal, sebagaimana dinilai oleh SRT, merupakan prediktor signifikan mortalitas pada subjek berusia 51 hingga 80 tahun." 

Mereka yang memiliki skor terendah, berkisar antara nol hingga tiga, menghadapi risiko kematian hingga enam kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mendapat skor tertinggi, antara delapan hingga sepuluh. Sebanyak 40 persen peserta dalam kelompok skor terendah meninggal dalam waktu 11 tahun setelah penelitian.

Pimpinan penelitian Dr. Claudio Gil Araujo menyebutkan: "Jika dibandingkan dengan pendekatan lain untuk pengujian fungsional, uji duduk-bangun tidak memerlukan peralatan khusus dan aman, mudah diterapkan dalam jangka waktu singkat (kurang dari dua menit), dan dinilai dengan andal. Dalam praktik klinis kami, uji tersebut telah terbukti selama sepuluh tahun terakhir bermanfaat dan praktis untuk diterapkan pada spektrum populasi yang luas, mulai dari anak-anak hingga geriatri."

 


Tes yang tidak sepenuhnya akurat

Beberapa negara di dunia memiliki penduduk yang rata-rata memiliki tampilan awet muda. Apa ya rahasianya?

"Jika seorang pria atau wanita setengah baya atau lebih tua dapat duduk dan bangkit dari lantai hanya dengan menggunakan satu tangan - atau bahkan lebih baik tanpa bantuan tangan - mereka tidak hanya berada dalam kuartil kebugaran muskuloskeletal yang lebih tinggi tetapi prognosis kelangsungan hidup mereka mungkin lebih baik daripada mereka yang tidak dapat melakukannya."

Akan tetapi, telah dicatat bahwa biasanya, individu yang memperoleh skor terendah sering kali lebih tua daripada mereka yang memperoleh skor lebih tinggi. Dr. Greg Hartley, profesor madya di University of Miami, memperingatkan dalam Atlanta Journal-Constitution bahwa tes tersebut mungkin tidak sepenuhnya akurat. 

"Kelemahan, kekuatan, massa otot, performa fisik—semua hal tersebut berkorelasi dengan mortalitas, tetapi saya ingin memperingatkan semua orang bahwa korelasi tidak berarti sebab akibat," pungkasnya.


Tidak Hanya Menambah Energi dan Stamina Tubuh, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Kelapa Bagi Kesehatan

Ilustrasi santan kelapa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Kelapa merupakan buah yang berasal dari pohon kelapa. Seluruh bagian dari pohon kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kerajinan tangan seperti anyaman pada daunnya hingga daging buah kelapa yang memberikan banyak manfaat.

Buah ini biasanya di jual pada area pantai, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda dapat menemukan buah ini di sekitar Anda tinggal.

Buah ini cocok untuk menghilangkan rasa haus karena mampu menyegarkan tubuh Anda. Selain itu, buah kelapa juga biasanya diolah menjadi sebuah es kelapa yang digemari banyak orang.

Selain memberikan kesegaran, buah ini dapat memberikan kesehatan bagi tubuh Anda seperti memberikan energi dan stamina. Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (08/10/2024) terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi buah kelapa.  

Selengkapnya...

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya