Susah Menangis? Ternyata Ada Penjelasannya Terkait Kesehatan Anda

Menangis merupakan respons alami terhadap emosi, stres, dan rasa sakit. Mengapa sebagian orang tidak bisa menangis? Para ahli menjelaskan alasan mental dan fisik yang membuat Anda sulit menangis.

oleh Bella Zoditama diperbarui 14 Okt 2024, 10:03 WIB
Susah Menangis? Ternyata Ada Penjelasannya Terkait Kesehatan Anda / Freepik by benzoix

Liputan6.com, Jakarta - Jika sedang mengalami masalah atau melihat unggahan serta tontonan yang sedih bahkan mengalami kejadian bahagia yang tidak disangka sebelumnya, menangis bisa menjadi respons alami tubuh.

Ya, tidak bisa dipungkiri bila menangis merupakan hal yang wajar dan tidak perlu malu. Akan tetapi, menangis bukanlah hal yang mudah bagi semua orang.

Kenapa demikian? Sebab, beberapa orang, bisa jadi Anda sendiri sering merasa kesulitan untuk menangis. Walaupun perasaan sudah tidak enak dan dada rasanya begitu sesak, rupanya air mata tidak mau untuk mengalir. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang cukup menganggu.

Namun, kenapa begitu, ya? Melansir dari Today, Rabu (9/10/2024), berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang sains tentang mengapa menangis terjadi. Seperti manfaatnya bagi kesehatan, dan apakah menangis merupakan masalah jika Anda kesulitan untuk menangis.

Apa itu Menangis?

"Air mata dan tangisan memiliki fungsi biologis," kata Dr. Michelle Andreoli, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology (AAO), kepada Today.

Mata terus-menerus memproduksi air mata, yang membantu menjaga kesehatan dan penglihatan, dan disebarkan ke seluruh mata setiap kali kita berkedip.

Air mata mengandung lendir untuk membantu air mata menempel di mata, air garam untuk menghidrasi dan melindungi mata, dan minyak untuk mencegahnya menguap. Mata membutuhkan rasio tertentu dari ketiganya agar tetap sehat.

Air garam dalam air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimal, alias kelenjar air mata. Lendir dan minyak berasal dari kelenjar lain. Saat kita menangis, tubuh memproduksi lebih banyak air garam daripada saat kita menangis.

"Jika kita memproduksi cukup banyak air mata, air mata akan membanjiri saluran air mata, yang berada di kelopak mata bawah dan mengalir keluar dari mata ke pipi," kata Andreoli.

Menurut National Eye Institute, air mata juga mengalir ke hidung — sehingga hidung kita berair saat kita menangis.

"Menurut AAO, ada berbagai jenis air mata. Air mata basal selalu ada di mata untuk membantu melumasi dan melindungi permukaan mata (kornea) dari debu dan kotoran," kata Andreoli.

"Air mata refleks terbentuk sebagai respons terhadap iritan seperti bawang dan asap atau alergen. Air mata ini membantu mengairi dan membersihkan mata," sambungnya.

Air mata emosional adalah apa yang dimaksud kebanyakan orang saat mereka berpikir tentang "menangis."

"Air mata ini merupakan reaksi atau respons terhadap keadaan emosional," kata Dr. Ad Vingerhoets, seorang psikolog klinis dan profesor di Tilburg University, Belanda.


Apakah Menangis Baik untuk Anda?

Ilustrasi Menangis (Foto: Unsplash.com/Thought Catalog)

Menangis adalah perilaku manusia yang normal dan umum. Menangis juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa menangis dapat membantu menjernihkan penglihatan, menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati dan memperkuat ikatan sosial.

"Diperkirakan air mata diproduksi secara berlebihan untuk menjaga penglihatan kita tetap jernih (dan melindungi mata kita) saat stres atau takut," kata Andreoli. Ada beberapa bukti bahwa hormon stres dan protein tambahan hadir dalam air mata emosional.

"Mungkin saja pelepasan hormon-hormon ini melalui tangisan dapat membantu mengatur tingkat stres tubuh, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan," catat Andreoli.

Menangis juga dapat membantu melepaskan endorfin yang membuat kita merasa senang seperti oksitosin, yang dapat membantu meredakan nyeri fisik dan meningkatkan relaksasi, menurut Cleveland Clinic.

Dalam sebuah studi tahun 2014 tentang efek menenangkan diri dari menangis, para peneliti menemukan bahwa orang mungkin mengalami peningkatan suasana hati dan kelegaan setelah menangis. Namun, temuan ini tidak konsisten.

"Studi lain tentang manfaat mental dari menangis cukup beragam. Sementara beberapa orang melaporkan merasa lebih baik setelah menangis, yang lain melaporkan tidak merasakan perbedaan atau bahkan lebih buruk setelah episode menangis," Vingerhoets menambahkan.

Menangis menunjukkan kerentanan dan memberi tahu orang lain bahwa kita membutuhkan bantuan atau dukungan, para ahli mencatat. Menangis juga dapat membantu mengomunikasikan bahwa kita kesakitan atau terluka.

"Orang-orang juga menangis bersama sebagai cara untuk berduka dan menjalin ikatan. Sepanjang sejarah, ada contoh-contoh individu yang berkumpul untuk menangis, seringkali pada saat-saat sulit atau kehilangan, untuk memfasilitasi perasaan koherensi sosial," catat Vingerhoets.

"Meskipun demikian, menangis tidak sama untuk semua orang. Apakah menangis bermanfaat bergantung pada beberapa faktor," kata Vingerhoets. Ini termasuk keadaan psikologis mendasar seseorang, alasan mereka menangis, dan bagaimana orang lain merespons.

Tidak menangis pada dasarnya tidak sehat atau menjadi masalah, tetapi itu bisa menjadi tanda kondisi medis atau kondisi kesehatan mental.


Alasan Kenapa Anda Sulit Menangis

Ilustrasi menangis, sedih. (Photo by Ron Lach/Pexels)

Jika Anda merasa sulit menangis bahkan saat Anda ingin menangis, Anda tidak sendirian. Ada beberapa alasan fisik dan psikologis mengapa orang mungkin tidak dapat menangis, di antaranya:

1. Kondisi medis

Kondisi medis tertentu dapat menghambat produksi air mata dan membuat Anda sulit menangis. Kondisi yang paling umum adalah keratoconjunctivitis sicca, atau dry eye syndrome, yang terjadi ketika kelenjar tidak menghasilkan cukup air mata atau jenis lapisan air mata yang tepat.

"Orang-orang memiliki sedikit atau tidak proporsional sekresi air asin, minyak, atau lendir," kata Andreoli.

Ketika ini terjadi, air mata mungkin tidak berfungsi dengan baik atau menguap terlalu cepat.

"Selain tidak dapat menangis, dry eye syndrome dapat menyebabkan kemerahan, rasa terbakar, iritasi atau pandangan kabur," Andreoli menambahkan.

Mata kering dapat disebabkan oleh penyakit tertentu dan gangguan autoimun, seperti penyakit tiroid atau rheumatoid arthritis, menurut AAO.

Kelopak mata atau kelenjar air mata yang meradang, alergi, dan kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan atau memperburuk mata kering, menurut Mayo Clinic.

"Mata kering lebih sering menyerang orang yang memakai lensa kontak," kata Andreoli, serta orang yang menatap layar dalam waktu lama dan orang yang tinggal di daerah beriklim kering atau berangin.


2. Mengonsumsi obat-obatan

Ilustrasi Obat Penurun Deman Credit: pexels.com/pixabay

"Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan atau memperburuk mata kering," kata Andreoli. Obat-obatan tersebut termasuk diuretics, beta-blockers, antihistamines, decongestants, hormone replacement therapy, obat jerawat, dan alat kontrasepsi, menurut Mayo Clinic.

Obat-obatan untuk mengatasi kecemasan dan depresi, seperti selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) juga dapat menyebabkan atau memperburuk mata kering.

3. Penuaan

Orang cenderung memproduksi lebih sedikit air mata seiring bertambahnya usia. Jadi menangis dan mengeluarkan air mata mungkin menjadi lebih sulit bagi orang yang lebih tua.

Mata kering lebih umum terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun dan wanita, terutama jika mereka mengalami perubahan hormonal, menurut Mayo Clinic.

"Wanita yang mengalami menopause khususnya dapat menemukan bahwa mata mereka sedikit kering," kata Andreoli.


4. Kondisi kesehatan mental

Ilustrasi sedih, menangis, kangen, rindu. (Photo by Liza Summer from Pexels)

Meskipun beberapa kondisi kesehatan mental seperti depresi dapat membuat orang lebih sering menangis, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kurangnya emosi atau membuat orang lebih sulit menangis.

"Kita tahu bahwa jika orang mengalami trauma, mereka dapat kehilangan kemampuan untuk menangis," kata Vingerhoets. "Hal yang sama terjadi ketika orang mengalami depresi berat."

5. Emosi yang tertekan

Seiring bertambahnya usia, kita umumnya menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dengan kata-kata dan mengendalikan reaksi emosional kita. Terkadang, orang akan memendam emosi mereka, dan secara aktif menghindari mengalami atau menanggapinya.

"Beberapa orang benar-benar takut merasa sedih atau menangis," kata Vingerhoets.

"Ada orang yang tidak ingin pergi ke pemakaman atau mengunjungi teman yang menderita penyakit atau situasi menyedihkan lainnya," jelasnya.


Apakah Tidak Menangis Jadi Tidak Sehat?

Ilustrasi Perempuan Sedih/https://www.freepik.com/freepik 

"Banyak orang percaya bahwa menangis itu sehat, jadi jika Anda tidak menangis, apakah ada konsekuensi serius bagi kesehatan Anda?" kata Vingerhoets.

Menangis mungkin bermanfaat, tetapi tidak ada bukti bahwa tidak menangis itu tidak sehat. Dalam sebuah studi tahun 2018 yang membandingkan orang yang kehilangan kemampuan menangis dengan orang yang menangis normal, para peneliti tidak menemukan perbedaan besar dalam kesejahteraan.

Meskipun orang yang menangis normal melaporkan merasa lebih berempati dan terhubung dengan orang lain. Jika Anda khawatir tidak bisa menangis atau kesehatan mata Anda, bicarakan dengan dokter Anda.

"Jika ada sesuatu yang memengaruhi penglihatan Anda, segera cari perawatan dari dokter mata," kata Andreoli. Ada sejumlah cara untuk mengobati dan mencegah dry eye syndrome.

Orang yang tidak bisa menangis dan memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mental mereka atau mengekspresikan emosi mereka harus berbicara dengan profesional kesehatan mental.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya