Realisasi Program Salira di Kecamatan Citangkil Serap Rp4,2 Miliar dan Libatkan 300 Warga Lokal

Program Sarana Prasarana Lingkungan Rukun Warga (SALIRA) yang direalisasikan Pemerintah kota Cilegon sudah dijalankan di beberapa wilayah.

oleh Fachri pada 09 Okt 2024, 16:55 WIB
Program SALIRA di Kecamatan Citangkil, Cilegon, Banten. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Cilegon Program Sarana Prasarana Lingkungan Rukun Warga (SALIRA) yang direalisasikan Pemerintah kota Cilegon sudah dijalankan di beberapa wilayah. Terbaru, program SALIRA sudah selesai dilakukan di Kecamatan Citangkil dengan melibatkan kurang lebih 300 tenaga kerja lokal.

Program yang dibiayai Dana Pembangunan Wilayah Keluarahan (DPWKel) periode April hingga September 2024 tersebut menyerap anggaran sebesar Rp4,2 miliar untuk pembangunan sarana prasarana yang tersebar di tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Citangkil.

Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Citangkil, Ote Mulyansyah mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu April sampai September, tujuh Pokmas yang ada di Kecamatan Citangkil telah menyerap dana yang digulirkan oleh Pemkot Cilegon sebesar Rp4,2 miliar.

"Dana sebesar itu untuk pembangunan sarana dan prasarana diantaranya untuk pembangunan paving block jalan lingkungan, Rutilahu dan TPT,” ungkapnya.

Ote juga mengatakan, seluruh pekerjaan yang sudah selesai dibangun oleh Pokmas sudah menjalani proses opname atau sertifikasi oleh tim pendukung DPWKel.

Alhamdulillah pekerjaan Sapras termin satu dan dua tersebut telah rampung dikerjakan dan sudah di opname oleh tim pendukung DPWKel dan akan di lanjutkan ketermin ketiga atau termin terakhir,” katanya.


Libatkan 300 Warga Sekitar

Ote menjelaskan, proses pembangunan sarana prasarana tersebut telah melibatkan sekitar 300 warga sekitar, yakni 175 orang pada termin pertama dan 125 orang pada termin kedua.

“Banyaknya para pekerja yang dilibatkan menandakan bahwa program ini dapat membantu dan mengurangi angka pengangguran yang ada di setiap kelurahan dan para pekerja yang dilibatkan sudah dilatih oleh Dinas Tenaga Kerja dan mereka telah bersertifikasi pertukangan yang di keluarkan dinas terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Kelurahan Deringo, Kecamatan Citangkil, Iswanto mengatakan, pihaknya telah merampungkan pekerjaan sarana prasarana sesuai rencana dan sudah menjalani proses opname oleh Tim Pendukung DPWKel.

Alhamdulillah, kami sudah merampungkan termin kedua dan akan melanjutkan termin selanjutnya. Kegiatan pembangunan pada termin kedua ini adalah pembangunan drainase dan paving blok jalan dengan menyerap anggaran sebesar Rp 198 Juta,” katanya.

Sebagai informasi, Program Salira tersebut dikelola oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang ada disetiap kelurahan untuk membangun Sarana Prasarana (Sapras) berupa pembangunan paving block jalan lingkungan, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), drainase, Tembok Penahan Tanah (TPT), Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), jamban keluarga, Gapura, pos ronda, rehab musholah dan sumur resapan.

 

(*)

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya