NetApp Percepat Inovasi AI dengan Infrastruktur Data Cerdas

NetApp mengumumkan langkah besar dalam kolaborasi dengan para pemimpin industri untuk mempercepat inovasi di bidang kecerdasan buatan (AI).

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Okt 2024, 17:44 WIB
Ilustrasi Machine Learning, Deep Learning, Artificial Intelligence, Kecerdasan Buatan. Kredit: Pixabay/Mohamed Hassan

Liputan6.com, Jakarta NetApp mengumumkan langkah besar dalam kolaborasi dengan para pemimpin industri untuk mempercepat inovasi di bidang kecerdasan buatan (AI). Dengan menyediakan infrastruktur data pintar, NetApp memungkinkan organisasi memanfaatkan Generative AI (GenAI), teknologi yang kini memainkan peran penting dalam bisnis dan TI.

GenAI mendukung berbagai aplikasi praktis seperti pembuatan konten, meringkas data dalam jumlah besar, dan menjawab pertanyaan. Menurut Gartner, pengeluaran global untuk perangkat lunak AI diprediksi akan mencapai US $297,9 miliar pada 2027, dengan GenAI menyumbang lebih dari sepertiganya. Sukses di era AI sangat bergantung pada kemampuan untuk mengelola, melacak, dan menjaga keamanan data.

CEO NetApp, George Kurian, dalam acara NetApp INSIGHT 2024, menegaskan pentingnya kecerdasan data dalam menghadapi tantangan AI. Kurian menjelaskan bahwa infrastruktur data pintar dapat memastikan bahwa data yang relevan tetap aman, terkelola, dan selalu diperbarui, sehingga mendukung tumpukan teknologi GenAI yang terintegrasi.

Beberapa inovasi terbaru NetApp dalam infrastruktur data pintar meliputi:

1. Sertifikasi Storage NVIDIA DGX SuperPOD:

NetApp sedang menjalani sertifikasi untuk integrasi storage NetApp ONTAP pada platform AI NVIDIA DGX SuperPOD, yang akan memudahkan pengelolaan data dalam proyek AI skala besar.

2. Namespace Metadata Global:

Solusi ini memungkinkan pengelolaan data yang aman di lingkungan hybrid multi-cloud, mendukung ekstraksi fitur dan klasifikasi data untuk AI.

3. Pipeline Data AI Terintegrasi:

Solusi ini memungkinkan data tidak terstruktur disiapkan untuk AI secara otomatis, termasuk pengelolaan perubahan inkremental, klasifikasi, dan penyimpanan vektor dalam database terintegrasi yang mendukung pencarian semantik berskala besar.

4. Arsitektur Storage Disaggregated:

Teknologi ini memungkinkan pembagian sumber daya storage secara efisien, meningkatkan performa dan menurunkan biaya infrastruktur untuk beban kerja AI.

5. Inovasi Cloud-Native:

NetApp memperkenalkan platform data terpusat untuk mengelola data di layanan cloud, mendukung visualisasi, persiapan, dan transformasi data, serta memastikan keamanan penggunaan layanan AI pihak ketiga.

 


Mempermudah bisnis

Menurut Krish Vitaldevara, Senior Vice President NetApp, “NetApp membantu organisasi dari berbagai skala untuk memanfaatkan potensi penuh GenAI dalam meningkatkan efisiensi dan menciptakan nilai tambah. Infrastruktur data pintar yang kami sediakan memudahkan bisnis untuk menerapkan GenAI lebih cepat dan unggul di antara pesaing.”

Michael Thiotrisno, Country Manager NetApp Indonesia, juga menekankan bahwa pasar Indonesia, dengan populasi besar dan meningkatnya literasi digital, memiliki permintaan yang tinggi terhadap solusi AI dan GenAI. Kolaborasi global akan menjadi kunci untuk mendorong inovasi di ekosistem AI Indonesia.

 


Memperkuat ekosistem AI

NetApp juga memperkuat ekosistem AI melalui berbagai kemitraan, seperti dengan Domino Data Labs yang menggunakan Amazon FSx untuk NetApp ONTAP dalam meningkatkan performa machine learning, serta Lenovo dalam menghadirkan solusi AIPod untuk NVIDIA OVX. NetApp terus mendorong inovasi dengan memperkenalkan FlexPod AI, yang mempermudah organisasi dalam memanfaatkan AI dengan infrastruktur hybrid yang efisien dan aman.

“Untuk menerapkan AI yang sukses, diperlukan infrastruktur teknologi yang tepat agar setiap elemen dapat bekerja secara harmonis,” kata Mike Leone, Practice Director di TechTarget. “Kolaborasi NetApp dengan vendor AI terkemuka memastikan bahwa solusi komputasi, jaringan, storage, dan perangkat lunak AI terintegrasi dengan mulus untuk mendorong inovasi.”

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya