Kualitas Tidur dan Olahraga Pengaruhi Kemampuan Respons Otak dan Fokus

Metode pelacakan perubahan otak secara real-time diharapkan akan mengarah pada layanan kesehatan yang dipersonalisasi, mungkin membantu deteksi dini kondisi kesehatan mental di mana tanda-tanda halus mungkin terlewatkan.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 10 Okt 2024, 07:03 WIB
Ilustrasi laki-laki tidur, bermimpi. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru melaporkan bahwa otak kita tidak merespons kehidupan sehari-hari secara langsung dan terisolasi – sebaliknya, efek dari tidur, olahraga, detak jantung, dan suasana hati dapat bertahan di pikiran kita selama lebih dari dua minggu.

Para peneliti dari Universitas Aalto dan Universitas Oulu di Finlandia melacak aktivitas otak dan perilaku seorang ahli saraf selama lima bulan dan menemukan bahwa berolahraga atau kondisi gelisah di malam hari dapat memengaruhi perhatian, kognisi, dan memori selama beberapa hari setelahnya.

“Perilaku dan kondisi mental kita terus-menerus dibentuk oleh lingkungan dan pengalaman kita. Namun, kita hanya tahu sedikit tentang respons konektivitas fungsional otak terhadap perubahan lingkungan, fisiologis, dan perilaku dalam rentang waktu yang berbeda, dari hari ke bulan,” kata penulis utama studi Ana Triana, yang menjalani pemindaian otak dua kali seminggu, melakukan survei suasana hati, dan memakai teknologi. yang melacak pergerakannya saat dia melakukan rutinitas hariannya.

Dari data Triana, tim mengidentifikasi dua pola respons otak yang berbeda: gelombang jangka pendek yang berlangsung kurang dari tujuh hari dan gelombang jangka panjang hingga 15 hari.

Gelombang pendek mencerminkan adaptasi yang cepat, seperti bagaimana kurang tidur mempengaruhi fokus kita. Gelombang panjang menunjukkan efek yang lebih bertahap dan bertahan lama, terutama pada area yang berkaitan dengan perhatian dan ingatan.

Aktivitas fisik juga ditemukan berdampak positif terhadap interaksi wilayah otak, berpotensi memengaruhi memori dan fleksibilitas kognitif.

Bahkan sedikit perubahan dalam suasana hati dan detak jantung meninggalkan kesan mendalam hingga 15 hari, demikian temuan para peneliti.

 


Manajemen Stres Bantu Membentuk Jaringan Otak

Studi tersebut mengungkapkan adanya hubungan yang kuat antara variabilitas detak jantung – sebuah indikasi seberapa baik jantung dapat beradaptasi terhadap perubahan situasi – dan konektivitas otak, terutama saat istirahat.

Tim mengusulkan bahwa teknik manajemen stres dapat membentuk jaringan otak kita bahkan ketika kita tidak secara aktif berkonsentrasi pada suatu tugas.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal PLOS Biology.

“Penggunaan teknologi wearable sangatlah penting,” kata Triana.

“Pemindaian otak adalah alat yang berguna, namun gambaran seseorang yang terbaring diam selama setengah jam hanya dapat menunjukkan banyak hal. Otak kita tidak bekerja sendirian.”

 


Pendekatan untuk Layanan Kesehatan yang Dipersonalisasi

Dia dan rekan-rekannya berharap metode pelacakan perubahan otak secara real-time akan mengarah pada layanan kesehatan yang dipersonalisasi, mungkin membantu deteksi dini kondisi kesehatan mental di mana tanda-tanda halus mungkin terlewatkan.

“Kita harus membawa data dari kehidupan sehari-hari ke laboratorium untuk melihat gambaran lengkap tentang bagaimana kebiasaan kita membentuk otak, namun survei bisa melelahkan dan tidak akurat,” kata rekan penulis studi dan ahli saraf Dr. Nick Hayward.

“Menggabungkan fisiologi bersamaan dengan pemindaian otak berulang pada satu orang sangatlah penting. Pendekatan kami memberikan konteks pada ilmu saraf dan memberikan detail yang sangat halus pada pemahaman kita tentang otak.”

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya