Pertemuan Jokowi dan Prabowo Bantah Kabar Keretakan Antar Keduanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat sedang makan berdua Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 09 Okt 2024, 19:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat sedang makan berdua Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Instagram)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat sedang makan berdua Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza, mengatakan, pertemuan tersebut seolah Jokowi ingin menegaskan bahwa hubungannya dengan Prabowo tetap baik menjelang peralihan jabatan.

"Ini semua menjadi satu kesatuan utuh. Jadi, pertemuan itu memberikan simbol kesan di mata publik bahwa mereka selalu berkomunikasi. Mereka berdua sama-sama dewasa dalam berpolitik," kata dia, Rabu (9/10/2024).

Menurut Efriza, jika merujuk pada pernyataan dari petinggi Gerindra, selain membahas soal transisi kepemimpinan, pertemuan itu juga kemungkinan membicarakan masalah kebangsaan, baik terkait situasi nasional maupun internasional, yang harus dihadapi dengan kebijakan yang tepat.

"Kalau saya lihat, kemungkinan mereka ngobrol selama dua jam itu tentu Pak Jokowi menjelaskan apa yang sudah dilakukannya. Dia juga menanyakan apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo. Yang kedua, mereka membicarakan bagaimana situasi negara saat ini serta keadaan global yang harus disoroti atau direspon," paparnya.

Lebih lanjut, Efriza mengungkapkan, yang pasti Prabowo akan melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi, sebagaimana ditegaskan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hasyim Djojohadikusumo, yang menyatakan pemerintahan Prabowo merupakan kelanjutan dari pemerintahan Jokowi.

"Kalau melihat pernyataan Hasyim, itu jelas menunjukkan bahwa ada kedewasaan dan kejujuran politik dari Prabowo, Gerindra, Hasyim, maupun Pak Jokowi. Mereka saling memuji satu sama lain dan berkomitmen bersama," ungkapnya.

 


Dua Jam Lebih

Jokowi mengatakan dirinya dan Prabowo dua jam lebih berdiskusi sambil makan malam bersama.

Melalui akun instagramnya @jokowi, Jokowi mengunggah foto makan malam bersama dengan Prabowo. Dari foto yang diuunggah, tampak Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan Prabowo Subianto sedang duduk berhadapan di sebuah meja makan.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," kata Jokowi melalui akun media sosialnya.

Jokowi dan Prabowo tengah berbicara serius. Dalam foto tersebut, hanya ada Jokowi dan Prabowo. Tak terlihat kehadiran pejabat lain ikut mendampingi keduanya.

 


Keberlanjutan Program

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan Jokowi dan dan Prabowo membahas sejumlah hal saat makan malam bersama. Salah satunya, soal keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan.

"Ya, memang benar, malam ini, Selasa tanggal 8 Oktober 2024, Presiden Jokowi makan malam bersama Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto di Plataran, kawasan GBK," jelas Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa.

"Pada saat makan malam dibicarakan berbagai hal, terutama terkait keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan," sambungnya.

Menurut dia, Jokowi rutin menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo, baik dalam forum formal maupun pertemuan informal. Ari menekankan pentingnya kebersamaan tersebut agar transisi pemerintahan berjalan mulus.

"Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar," jelas Ari.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya