Tak Hanya Makin Lengket, Bahlil Sebut Jokowi dan Prabowo Sefrekuensi Lanjutkan Program ke Depan

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyatakan, hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto semakin erat.

oleh Devira PrastiwiTim News diperbarui 09 Okt 2024, 21:00 WIB
Presiden Jokowi (kanan) didampingi Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia saat menghadiri Sidang Dewan Pleno II dan Rapimnas HIPMI di Tangerang, Rabu (7/3). Rapimnas dihadiri lebih dari 2.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyatakan, hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto semakin erat.

Hal itu terkait pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo saat makan malam di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024.

"Yang jelas hubungan bapak Presiden Jokowi dengan bapak Presiden Prabowo terpilh itu semakin lengket. Ya semakin mantap, semakin paten," kata Bahlil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

Menteri ESDM ini melanjutkan, mereka sudah sefrekuensi untuk program-program yang akan dilanjutkan dalam pemerintahan selanjutnya.

"Dan (Jokowi dan Prabowo) sudah punya pandangan yang sama bahwa program ini berkelanjutan yang sudah bagus akan dilanjutkan, yang belum bagus akan diperbaiki dan semuanya akan berjalan sebagaimana mestinya," ucap Bahlil.

Meski begitu, Bahlil mengaku tidak mengetahui apakah pertemuan Prabowo dan Jokowi membahas soal kabinet.

"Oh saya tidak tahu ya itu kan pertemuan mereka berdua dan saya tidak tahu," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengunggah foto makan malam bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di akun Instagram pribadinya @prabowo.

Dalam diskusi pada Selasa malam 8 Oktober 2024, Prabowo dan Jokowi bertukar pikiran mengenai kepentingan negara, bangsa, dan rakyat.

 


Unggahan Prabowo Subianto

Ketua DPR Puan Maharani terlihat akrab bersama presiden terpilih Prabowo Subianto. Momen itu terlihat saat keduanya tengah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Monumen Pancasila Sakti, Selasa (1/10/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Prabowo mengunggah tiga foto. Melalui keterangan foto di akun Instagram miliknya, Prabowo mengatakan ia dan Jokowi tengah makan malam sambil berdiskusi.

"Makan malam dan diskusi bersama Presiden @jokowi, kami saling bertukar pikiran berkaitan dengan kepentingan negara, bangsa dan rakyat Indonesia," tulis Prabowo dilihat Rabu (9/10/2024).

Sebelumnya, Jokowi juga mengunggah foto yang menggambarkan suasana makan malam dirinya bersama Prabowo

Diketahui sebelumnya, makan malam bersama tersebut dilakukan di Hutan Kota by Platatan, kawasan Gelora Bung Karno, Selasa malam 8 Oktober 2024. Ada dua foto yang diunggah kepala negara. Melalui keterangan foto yang diunggah di akun Instagran @jokowi, Jokowi mention akun Instagram @prabowo.

Ia menuliskan bahwa keduanya tengah berdikusi santai sembari menyantap makan malam bersama.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama

Presiden Terpilih Pak @prabowo," tulis Jokowi dilihat Selasa 8 Oktober 2024. Jokowi menyampaikan bahwa diskusi dan santap malam tersebut berlangsung selama dua jam lebih.

"Tidak terasa dua jam lebih," tulis Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra (Merdeka.com)

 


Prabowo Subianto Akui Banyak Menteri Jokowi Masuk Kabinetnya

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6/2024) sore.

Sebelumnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengungkapkan sejumlah orang yang masuk susunan kabinet di pemerintahannya nanti. Ia mengakui banyak menteri penyokong Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk daftar orang kepercayaannya nanti.

Dia mengatakan, hal ini berkaitan dengan proses transisi pemerintahan dari Jokowi ke dirinya. Menurut dia, ini jadi satu proses transisi yang paling lancar.

"Sekarang saya dalam transisi ini merasa sangat dibantu, sangat didukung oleh pak Jokowi dan timnya," kata Prabowo dalam BNI Investor Daily Summit 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dia mengatakan, dalam penyusunan kabinet yang akan membantunya nanti, diisi sejumlah menteri Jokowi.

"Bahkan dalam saya menyusun kabinet kok saya melihat banjak juga ya menteri-menteri yang akan datang ya, banyak juga yang berada di kabinet yang sekarang begitu," ungkapnya.

Diketahui, ada sejumlah menteri yang menyokong Prabowo dalam kontestasi politik untuk memperebutkan kursi RI 1. Prabowo mengungkap alasan banyak menteri Jokowi yang masuk dalam daftar kabinetnya nanti.

"Bukan apa-apa, tapi saya lihat adalah begini, pada ujungnya setiap penerima mandat dari rakyat, memikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan," katanya.

 


Cari Orang Terbaik

Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Prabowo mengibaratkan pemilihan menteri kabinet sama halnya dengan menentukan pemain dalam tim sepakbola nasional. Salah satunya adalah menunjuk orang-orang yang terbaik di bidangnya.

Hal tersebut yang disebutnya dilakukan oleh Jokowi selama 10 tahun kepemimpinannya. Itu pula yang dijalankan oleh Prabowo dalam menentukan para pembantunya di kursi menteri.

"Kita tidak memikirkan orang tuanya siapa, agamanya apa, sukunya apa, rasnya apa, dia mampu atau tidak, dia bisa atau tidak, dia berjuang atau tidak, mampu gak dia deliver, mampu gak dia berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat, dan Pak Jokowi demikian, mencari yang terbaik, saya pun demikian," bebernya.

"Kebetulan orangnya masih bagus pasti kita akan minta untuk ikut lagi," pungkas Prabowo.

 


Jelang Pelantikan Presiden, Prabowo Disebut Sudah Panggil Sejumlah Nama Calon Menteri

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, bahwa sudah ada beberapa orang yang dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk masuk dalam jajaran kabinet. Muzani menyebut, untuk nomenklatur kementerian juga sudah mulai disusun oleh Prabowo.

"Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil," kata Muzani, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Saat ditanya, apakah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan dimasukan ke dalam kabinet Prabowo-Gibran, dia pun mengiyakan.

"Setahu saya ada. Pak Prabowo sudah ngomong nama-nama yang, nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai," ungkap dia.

Lebih lanjut, saat dipertegas apakah sosok tersebut Mensesneg Pratikno, Muzani tak menjawab secara lugas.

"Saya enggak paham satu per satu, setahu saya ada," ujar Muzani.

Perihal kapan akan diumumkan, Muzani memperkirakan usai pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Saya tidak tahu. Tunggu lah. Pokoknya, 20 dilantik, mungkin 21 akan diumumkan," imbuh Muzani.

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya