Mengungkap Penyebab Jerawat di Area Tubuh Tertentu, Apa yang Harus Diketahui?

Apa penyebab munculnya jerawat di area hidung, punggung, dahi, dagu, hingga pipi? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 11 Okt 2024, 16:06 WIB
gambar jerawat/copyright freepik/wayhomestudio

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami banyak orang, baik remaja maupun dewasa. Munculnya jerawat tidak hanya terbatas pada area wajah, tetapi juga dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh seperti punggung, dada, dan bahu. Kondisi ini sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Meskipun jerawat sering dianggap sebagai masalah sepele, dampaknya terhadap kesehatan mental dan fisik tidak bisa diabaikan. Banyak orang merasa frustrasi ketika berhadapan dengan jerawat yang membandel, terutama ketika mereka merasa telah melakukan perawatan kulit yang tepat. Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi anda untuk memahami penyebab munculnya jerawat di area tubuh tertentu.

Faktor-faktor seperti kebersihan, hormon, dan gaya hidup dapat berkontribusi terhadap perkembangan jerawat. Misalnya, produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan memicu peradangan. Dengan mengetahui penyebab-penyebab ini, kamu dapat lebih mudah menentukan langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at (11/10/2024).


1. Bintik Dahi

gambar jerawat di dahi/hak cipta pexels/ShotPot

Jerawat yang muncul di area dahi bisa menjadi tantangan tersendiri dalam segi penampilan. Area ini sangat terlihat dan dapat menarik perhatian ketika kamu berinteraksi dengan orang lain. Penyebab utama timbulnya jerawat di dahi biasanya adalah produksi minyak berlebih dan stres. Selain itu, kebiasaan memakai topi juga dapat menyumbat pori-pori di dahi.

Penggunaan sampo atau kondisioner dengan bahan aktif tertentu juga dapat memicu timbulnya jerawat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Untuk mengurangi risiko jerawat di dahi, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak dan meningkatkan asupan air putih.


2. Hidung Berjerawat

gambar jerawat di hidung/copyright freepik/benzoix

Area T-zone, termasuk hidung, sering kali menghasilkan minyak berlebih, sehingga orang dengan kulit berminyak sering mendapati jerawat muncul di hidung mereka. Pori-pori di hidung biasanya lebih besar dibandingkan dengan area lain, sehingga sangat penting, terutama bagi wanita, untuk berhati-hati saat mengaplikasikan makeup di area ini. Sebaiknya, segera bersihkan makeup setelah digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Dari segi kesehatan, hidung memiliki hubungan dengan jantung, sehingga jika ada jerawat di area tersebut, bisa jadi ada sedikit masalah pada jantung. Jerawat ini juga bisa dipicu oleh pola makan yang tinggi minyak, daging, dan makanan pedas. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan yang sehat.


3. Pipi Berjerawat

gambar jerawat/copyright freepik/freepik

Area pipi adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan bantal dan perangkat elektronik. Khususnya perangkat elektronik, jika kamu sering menggunakannya untuk berkomunikasi, sangat penting untuk rutin memeriksa kebersihan alat tersebut. Sementara itu, untuk sarung bantal, sebaiknya kamu menggantinya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Dari segi kesehatan, pipi berkaitan dengan sistem pernapasan. Oleh karena itu, jika saluran pernapasanmu tidak bersih, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit pipi. Jadi, pastikan untuk menjaga diri dengan menghindari merokok atau penggunaan vape.


4. Dagu Berjerawat

gambar jerawat di dagu/hak cipta pexels/Polina Tankilevitch

Jerawat yang muncul di area dagu sering kali disebabkan oleh pola tidur yang kurang baik. Selain itu, secara medis, area dagu juga berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, fluktuasi hormon dapat mempengaruhi kondisi kulit di dagu.

Untuk mengatasinya, penting untuk menjaga pola tidur yang teratur, menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat, minum banyak air, serta menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur.


5. Bekas jerawat

gambar jerawat punggung/sumber freepik/freepik

Jerawat di punggung bisa sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas sehari-hari. Gatal yang ditimbulkan sering kali membuat anda ingin menggaruknya, padahal tindakan ini justru dapat memperburuk kondisi jerawat tersebut. Masalah ini juga dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang, membuatnya merasa tidak nyaman menggunakan pakaian yang memperlihatkan area punggung.

Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat di punggung antara lain adalah produksi minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat, penggunaan pakaian ketat yang tidak menyerap keringat dengan baik, stres, serta kebersihan rambut panjang yang kurang terjaga.

Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri mandi dan keramas secara rutin, mengenakan pakaian yang bersih dan longgar, mengonsumsi makanan bergizi, melakukan eksfoliasi, serta rajin mencuci sprei, handuk, dan sarung bantal secara berkala.Demikianlah beberapa faktor yang dapat memicu munculnya jerawat di area tertentu. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya