Pembelaan Ibunda Kamila Asy Syifa yang Nikah Muda dengan Gus Zizan: Sudah Dikonsultasikan dari Segi Hukum dan Agama

Perbandingan dengan tokoh sejarah, seperti Cut Nyak Dien yang menikah di usia muda, jadi salah satu argumen yang digunakan Alia untuk membela pernikahan Syifa dan Gus Zizan.

oleh Henry diperbarui 10 Okt 2024, 11:00 WIB
Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/bunda_aliyya)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Gus Zizan dengan influencer Kamila Asy Syifa pada Jumat, 4 Oktober 2024 memunculkan kontroversi karena menikah di usia yang masih sangat muda. Gus Zizan baru berusia 19 tahun, sementara Syifa 16 tahun, yang berarti masih di bawah umur.

Publik merespons dengan beragam reaksi, dengan sebagian mempertanyakan izin dari orangtua Syifa. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019, batas usia untuk menikah adalah 19 tahun. Mengingat Syifa masih di bawah umur, banyak yang merasa pernikahan ini melanggar aturan yang berlaku.

Ibunda Syifa, Alia Suryani, tampil sebagai pembela anaknya. Ia mengungkap pendapatnya melalui Instagram Story, Selasa, 8 Oktober 2024.  Menurut Alia, sebelum memutuskan menikahkan putrinya, keluarga mereka telah berkonsultasi secara hukum dan mendapat saran dari pihak Pengadilan Agama.

Alia menyebut orang-orang yang mengkritik pernikahan putrinya sebagai "SDM rendahan." "Salah satu tanda kalian bagian dari SDM Rendahan adalah kalian sibuk mempersoalkan hal receh yang tidak mempengaruhi kehidupan kalian," tulis dia.

Perbandingan dengan tokoh sejarah jadi salah satu argumen yang digunakan Alia untuk membela keputusan ini. Nama-nama yang disebut, termasuk Cut Nyak Dien dan Siti Oetari yang menikah di usia muda.

"Sayyidah Aisyah menikah dengan Baginda Nabi di usia yang masih muda. Cut Nyak Dien menikah di usia 12 tahun, Siti Oetari (Putri HOS Cokroaminoto) menikah di usia 16 tahun. Kalau mau julid soal usia pernikahan ga sekalian saja mention nama-nama tokoh ini? Masa pemakan bangkai seperti kalian nanggung banget kalau mau ghibah orang?" tulisnya lagi.

Ibunda Syifa juga menyinggung orang-orang untuk banyak belajar, sehingga merasa malu mengomentari orang yang menikah. Namun, perhatian tidak hanya terfokus pada pernikahan Gus Zizan dan Syifa. 


Kedekatan Ibunda Syifa dengan Gus Zizan

Pembelaan Ibunda Kamila Asy Syifa yang Nikah Muda dengan Gus Zizan: Sudah Dikonsultasikan dari Segi Hukum dan Agama.  foto: Insta Story @bunda_aliyya

Warganet mengamati interaksi antara Alia dan menantunya. Hal tersebut terlihat dalam tangkapan layar chat yang dibagikan Alia melalui kanal WhatsApp yang diberi nama Bunda Online. Di sana, Alia menuliskan, "Love you. Have a nice dream," lengkap dengan emoji hati.

Sementara Zizan membalas, "Love you more bubun sayang. Sleep tight and have a nice and sweet dreams.”  Percakapan mereka terus berlanjut di pagi hari berikutnya. Zizan memulai dengan pesan, "Morning bubun," yang dijawab Alia dengan, "Good morning Zizan. MasyaAllah, bangun tahajud ya tadi?

Interaksi ini memicu berbagai komentar warganet. Banyak dari mereka merasa bahwa hubungan antara mertua dan menantu ini tampak terlalu akrab. "Sedeketdeketnya sama menantu, ga pantes intens kayak gitu sih," kata seorang warganet.

Sementara itu, dari komentar salah satu kerabat Gus Zizan di unggahan kabar pernikahan Syifa, diketahui pada Maret 2024 bahwa Zizan belum mengenal Syifa. Namun pada Oktober 2024, mereka sudah sah menikah, mengisyaratkan bahwa perkenalan mereka amat singkat.


Potret Pernikahan

Pembelaan Ibunda Kamila Asy Syifa yang Nikah Muda dengan Gus Zizan: Sudah Dikonsultasikan dari Segi Hukum dan Agama.  foto: Twitter (X) @Rexthatch

Ibunda Syifa mengunggah momen pernikahan anaknya ini di Instagram dan ungkap rasa bahagia sang anak resmi menikah. Tampak dari beberapa foto yang dibagikan, ada sosok Kayla Nadira yang merupakan kakak Syifa yang juga seorang selebgram.

Kayla telah bekerja sama dengan banyak brand, seperti KYL Cosmetic, Studio Hijabi, serta My Brides Series. Domisilinya dari tempat yang ditandainya adalah di Bandung. Sang kakak juga telah menikah dengan pria bernama Ahmad Zamzam. Keduanya memiliki dua orang putra.

Sedangkan Zizan. yang memiliki nama lengkah Nashron Azizan, dikenal sebagai tokoh muda NU yang memiliki ciri khas lucu dan inspiratif saat ceramah. Lahir pada 7 Februari 2005 di Kapek Gunungsari, Lombok Barat, ia merupakan cucu Tuan Guru Mustafa, pendiri Pondok Pesantren Al-Aziziyah.

Pemuda itu kini tengah menempuh pendidikan di Universitas Binus Jakarta dengan program studi Manajemen. Zizan diketahui telah hafizh Al-Quran sejak usianya masih 13 tahun.


Sosok Gus Zizan

Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/bunda_aliyya)

Kini, Zizan memiliki pengikut hingga jutaan di TikTok dengan nama akun @azizannsrn berkat paras tampan dan video ceramahnya.  Sedangkan Syifa, dilihat dari Instagram pribadinya yang beralamat @kamila_asy_syifa, menuliskan bahwa wanita bernama lengkap Farah Kamila Asy Syifa itu merupakan brand ambassador sebuah brand bernama Coverme Berkah.

Syifa juga menyematkan tautan kerja sama endorse seperti halnya influencer lain. Mengulik unggahannya di Instagram, Syifa tampak ikut berdakwah dengan memberikan tips untuk menghafal Al-Quran. Hal itu terekspos dalam highlight yang disimpannya dalam judul "QnANgafal."

"Jadi target awal Syifa itu 25 juz, karena Syifa ngitung dari target setoran per hari dapetnya itu 23 juz di ujung," tulis Syifa yang belajar di sebuah pesantren yang juga menuliskan tips lain untuk mudah menghafal Al-Quran dengan memahami artinya, membaca ayat berulang kali, dan membaginya.

10 Provinsi di Indonesia dengan Angka Pernikahan Terbanyak 2023. (Triyasni/Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya