ETF Bitcoin Alami Arus Keluar Harian Rp 293,4 Miliar 

Menurut data dari SoSoValue, FBTC Fidelity adalah kontributor utama arus keluar ini, dengan USD 48,82 juta keluar dari dana tersebut.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 10 Okt 2024, 10:09 WIB
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Andre Francois M.)

Liputan6.com, Jakarta - Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot AS mengalami penurunan yang signifikan pada Rabu, 9 Oktober 2024 mencatat arus keluar bersih sebesar USD 18,66 juta atau setara Rp 293,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.725 per dolar AS) .

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (10/10/2024), menurut data dari SoSoValue, FBTC Fidelity adalah kontributor utama arus keluar ini, dengan USD 48,82 juta keluar dari dana tersebut.

GBTC Grayscale, ETF Bitcoin spot terbesar kedua berdasarkan aset bersih, juga mencatat arus keluar sebesar USD 9,41 juta setelah melaporkan tidak ada arus keluar pada hari sebelumnya.

Namun, tidak semua ETF Bitcoin spot mengalami kinerja negatif. IBIT BlackRock, ETF Bitcoin spot terbesar, adalah satu-satunya dana yang mengalami arus masuk, dengan USD 39,57 juta mengalir ke ETF tersebut. Sembilan ETF lainnya mencatat nol arus keluar.

Volume perdagangan keseluruhan untuk 12 ETF Bitcoin spot mencapai USD 1,35 miliar pada hari Selasa, naik dari USD 1,22 miliar pada Senin, menunjukkan minat investor yang berkelanjutan pada kelas aset tersebut.

Arus Keluar ETF Ethereum

Arus keluar tidak terbatas pada pasar ETF Bitcoin. ETF Ethereum spot di AS juga mencatat arus keluar bersih sebesar USD 8,19 juta pada Selasa, setelah melaporkan arus keluar nol pada hari Senin. 

ETHW Bitwise mengalami arus keluar terbesar, dengan USD 4,54 juta keluar dari dana tersebut, sementara FETH Fidelity mencatat arus keluar sebesar USD 3,65 juta. Tujuh ETF Ether spot lainnya tidak mengalami arus keluar.

Total volume perdagangan dari sembilan ETF Ethereum menyusut menjadi USD 102,37 juta pada Selasa, dibandingkan dengan USD 118,43 juta pada hari sebelumnya.

Fluktuasi di pasar ETF Bitcoin dan Ethereum spot terjadi saat pasar kripto yang lebih luas terus mengalami volatilitas. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Bitcoin dan Ethereum Terjun Bebas, Terlikuidasi hingga Rp 3 Triliun

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, Bitcoin dan Ethereum alami penurunan ke posisi terendah dalam satu bulan. Data Coinmarketcap menunjukkan Bitcoin sempat turun hingga level USD 55.000 atau setara Rp 851,6 juta (asumsi kurs Rp 15.485 per dolar AS) pada Rabu, 4 September 2024. Sedangkan Ethereum sempat sentuh USD 2.373 atau setara Rp 36,7 juta.

Dilansir dari Cryptopotato, Kamis (5/9/2024), penurunan ini menyebabkan likuidasi sekitar USD 200 juta atau setara Rp 3 triliun bagi pedagang yang terlalu banyak menggunakan leverage, dengan posisi tunggal terbesar yang hancur bernilai hampir USD 3 juta. 

CryptoPotato melaporkan kenaikan harga sempat terjadi pada Selasa yang tercatat dari sebagian besar aset, termasuk BTC yang mendekati USD 60.000 untuk pertama kalinya dalam beberapa hari. ETH juga berkinerja baik, karena melonjak ke USD 2.550.

Namun, lanskap telah berubah sepenuhnya pada Rabu. Hal ini didorong oleh ketakutan di pasar saham AS. Situasi dengan altcoin bahkan lebih menyakitkan pada beberapa kesempatan. TON, misalnya, telah kehilangan 8 persen nilainya, NEAR turun 7 persen, sementara ADA, SOL, dan AVAX telah turun 6 persen.

Akibatnya, lebih dari 73.000 pedagang yang memiliki leverage berlebihan telah bangkrut dalam sehari terakhir, dengan total nilai posisi yang dilikuidasi mendekati USD 200 juta, menurut CoinGlass.

Nilai yang terbesar terjadi di koin kripto Binance dan bernilai hampir USD 3 juta. Itu melibatkan pasangan perdagangan ETH-USDT.

 


Volume Perdagangan Ethereum Meroket 100,91% di Tengah Kejatuhan Aset Kripto

Ilustrasi aset kripto Ethereum. (Foto By AI)

Sebelumnya, Bursa aset kripto mengalami kejatuhan yang mengerikan pada perdagangan Rabu 28 Agustus 2024. Sejumlah mata uang kripto teratas mengalami penurunan harga yang sangat besar.

Mengutip u.today, Kamis (29/8/2024), CoinGlass mengungkapkan bahwa hampir USD 333 juta telah hilang dari pasar kripto dalam 24 jam terakhir. Jika dirupiahkan maka kurang lebih Rp 5,14 triliun dengan estimasi kurs rupiah 15.440 per dolar AS.

Hampir USD 272 juta di antaranya dilikuidasi karena mayoritas pedagang berada dalam posisi long karena sentimen positif sebelum kejatuhan.

Harga Ethereum (ETH), koin terbesar kedua di pasar setelah Bitcoin, juga turun selama waktu ini. Harganya berubah dari sekitar USD 2.659 menjadi USD 2.421 dalam waktu 12 jam.

Selain itu, Ethereum juga mengalami total likuidasi lebih dari USD 105 juta dalam 24 jam terakhir. Posisi long dilikuidasi hampir USD 94 juta dari total.

Namun, harga ETH telah sedikit pulih setelah kejatuhan kripto. Pada saat tulisan ini dibuat, harganya diperdagangkan pada USD 2.516.

Meskipun telah mengalami beberapa kerugian, harga Ethereum masih turun 4,8% selama sehari terakhir.

Kapitalisasi pasar Ethereum juga turun 4,69% menjadi USD 302,97 miliar selama waktu ini. Meskipun ketidakpastian masih terjadi di pasar, tampaknya ETH sedang dalam proses pemulihan.

 


Metrik Ethereum Berubah Jadi Bullish

Ilustrasi aset kripto Ethereum. (Foto By AI)

Di tengah periode negatif pasar ini, pedagang ETH tampaknya membeli saat harga sedang turun. Dengan demikian, mereka telah menyuntikkan momentum positif ke pasar, yang tercermin dalam sedikit pemulihan harga Ethereum.

Menurut data CoinGlass, volume perdagangan ETH selama 24 jam telah meroket 100,91% ke level USD 38,93 miliar.

Selain itu, Volume Opsi koin tersebut telah melonjak 96,18% menjadi $874,02 juta selama waktu ini. Ini berarti bahwa para pedagang sangat sibuk dengan aktivitas perdagangan mereka, dan sebagian besar merupakan aksi beli karena tekanan jual tampaknya mulai mereda.

Dengan mempertimbangkan hal ini, besar kemungkinan bahwa kejatuhan baru-baru ini dapat dilihat sebagai periode koreksi, dan ETH mungkin akan bangkit kembali dari sini.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya