Tertarik Mengikuti Program Pembagian Hadiah? Cek Dulu Daftar Hoaks Berikut Ini

Program pembagian berhadiah 'bodong' ini pun sangat menarik mulai dari kendaraan sampai benda berharga, sehingga bisa membuat kita tergiur untuk mengikutinya. Namun, sebaiknya hoaks seputar pembagian hadiah ini dihindari sebab dapat berujung pada kerugian.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 10 Okt 2024, 11:00 WIB
Hoaks pembagian hadiah mencatut sejumlah perusahaan, di antaranya adalah bank.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks pembagian hadiah masih beredari di media sosial, berbagai perusahaan ternama pun dicatut untuk membuat masyarakat yakin terhadap program palsu tersebut

Program pembagian berhadiah 'bodong' ini pun sangat menarik mulai dari kendaraan sampai benda berharga, sehingga bisa membuat kita tergiur untuk mengikutinya. Namun, sebaiknya hoaks seputar pembagian hadiah ini dihindari sebab dapat berujung pada kerugian.

Untuk memudahkan masyarakat mengenalinya, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar pembagian hadiah, berikut daftarnya.

Link Pendaftaran BRImo FSTVL Panen Hadiah hingga 29 Oktober 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim link pendaftaran BRImo FSTVL panen hadiah hingga 29 Oktober 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun WhatsApp. pada 5 Oktober 2024.

Unggahan klaim link pendaftaran BRImo FSTVL panen hadiah menampilkan poster digital bertuliskan "BRImoFSTVL BRIMO PANEN HADIAH BANK BRI" dalam poster tersebut juga terdapat gambar mobil, sepeda motor, emas batangan dan smartphone.

Unggahan tersebut disertai dengan tautan sebagai berikut.

"https://briii.brsi-site.web.id/?fbclid=IwY2xjawFy0fZleHRuA2FlbQIxMQABHRt69vpln559oPJqV2_Gtdc6tT1Hi-68XIsxPqpiBy48j85_CXO1999sLA_aem_OC5aSNogokMJ8i_9JzRk7g"

Jika diklik maka muncul halaman situs yang mengarahkan kita untuk mengklik tautan yang diklaim sebagai kupon undian.

Unggahan tersebut pun diberi keterangan sebagai berikut.

"Pendaftaran berlangsung dari 01 hingga 29 Oktober 2024. Jangan lewatkan kesempatan ini! Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilakukan secara online pada 30 Oktober 2024.

#brimopoin #brimomudahserbabisa #brimosemuabisa"

Benarkah klaim link pendaftaran BRImo FSTVL panen hadiah hingga 29 Oktober 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......


Bank BJB Festival Poin Berhadiah Peringati HUT RI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemeredekaan Republik Indonesia (HUT RI), informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Agustus 2024.

Klaim program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI berupa tulisan sebagai berikut.

"Hallo Hallo sobat BJB..!!

Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Bank BJB Mengadakan Program Festival Point Berhadiah..

Yuk ikuti program Undian FESTIVAL BERHADIAH Bank BJB khusus yang sudah Terdaftar Di Mobile Banking Bank BJB..

Pendaftaran secara Gratis..!!

Sobat bisa memenangkan HADIAH GRAND PRIZE dan hadiah lain nya.

Buruan daftar sekarang dengan cara Klik DAFTAR di bawah ini ⬇️⬇️"

Informasi tersebut disertai dengan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI.

Berikut tautannya.

"https://e.ib-co.my.id/digi.bjb/?fbclid=IwY2xjawExG6RleHRuA2FlbQIxMQABHe6tMrxV6UzJL4wWEmw5FLLPNYHhmkHuMDBKpT0yKvbqyoArxdJdG4w_tQ_aem_YHM7j7BYLuIVf5m-HghdMw"

Jika klik tautan tersebut mengarah pada halaman yang menampilkan formulir online yang diklaim sebagai aktivasi undian berhadiah Bank BJB. Formulir tersebut meminta nomor handphone terdaftar, 18 digit nomor kartu ATM, masa berlaku kartu dan pin ATM.

Benarkah program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 


AHM Bagikan Hadiah 50 Unit PCX dengan Menangkap Gambar

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Astra Honda Motor (AHM) bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Mei 2024.

Klaim AHM bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar berupa video yang menampilkan tulisan sebagai berikut.

"PT Astra Honda Motor Bagikan hadiah 50 unit motor PCX apabila ada yg bisa menangkap gambar di bawah dengan tepat jikan bisa silahkan pilih warna

PUTIH

MERAH

HITAM

Cek bio untuk info lebih lanjut"

Dalam video tersebut terdapat gambar sepeda motor yang terlihat berjalan dengan bayangan di baliknya.

Benarkah klaim AHM bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya