10 Hari Jelang Pensiun, Jokowi Foto Bersama Pegawai Istana hingga Wartawan

Heru Budi mengatakan, Jokowi sengaja menyempatkan waktu untuk berfoto bersama jajaran pegawai Istana dan wartawan. Namun, dia enggan menyebut hal ini sebagai perpisahan menjelang Jokowi pensiun.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Okt 2024, 10:51 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana meluangkan waktu untuk berfoto bersama dengan para pegawai Istana Kepresidenan Jakarta hingga wartawan peliput Istana, Kamis (10/10/2024). (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana meluangkan waktu untuk berfoto bersama dengan para pegawai Istana Kepresidenan Jakarta hingga wartawan peliput Istana, Kamis (10/10/2024). Foto bersama ini dilakukan sebelum Jokowi pensiun pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sesi foto dilakukan di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Jokowi dan Iriana yang kompak memakai kemeja putih berdiri di bawah tangga Istana Merdeka.

Kemudian, pegawai Kementerian Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, hingga petugas kebersihan yang bekerja di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta ikut mengantre untuk berfoto bersama Jokowi dan Iriana sebelum pensiun. Jokowi dan Iriana berdiri di tengah-tengah barisan.

Setelah itu, Jokowi dan Iriana berfoto bersama wartawan yang biasa meliput agenda kepresidenan. Para wartawan pun sangat antusias berfoto bersama Jokowi dan Iriana.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi sengaja menyempatkan waktu untuk berfoto bersama dengan jajaran pegawai Istana dan wartawan. Namun, Heru enggan menyebut hal ini sebagai perpisahan menjelang Jokowi pensiun.

"Hari ini kita semua termasuk rekan-rekan media hari ini yang istimewa, menurut kita juga Bapak Presiden menyempatkan waktu untuk berfoto bersama dengan jajaran sekretariat negara. Di sana ada Setkab, Setneg, Setpres dan seterusnya termasuk rekan-rekan media turut serta tadi berfoto dengan bapak," jelas Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

 


Pulang ke Solo

Jokowi enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya usai tak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

 

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya