Deretan HP Samsung Ini Terima Update Software hingga 6-7 Tahun, Apa Saja?

Deretan smartphone Samsung ini mendapatkan update software hingga 6-7 tahun, apa punya kamu kebagian?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 10 Okt 2024, 13:00 WIB
Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang baru diluncurkan di Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan update software yang panjang jadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli sebuah smartphone.

Pasalnya update software yang panjang memastikan pengalaman dalam memakai smartphone lebih smooth dan aman dari celah keamanan.

Dalam beberapa tahun terakhir pun, perusahaan pembesut smartphone, termasuk Samsung, terus meningkatkan masa update software smartphone dan tablet mereka.

Dengan begitu, pengguna bisa menikmati smartphone atau tablet lebih lama karena performa dan keamananya terjaga.

Samsung juga memperpanjang dukungan update software perangkat mereka. Kini, perusahaan berkomitmen untuk menawarkan update software hingga enam tahun untuk model-model tertentu, termasuk smartphone entry level mereka yang baru rilis, Galaxy A16 5G.

Dalam pengumumannya belum lama ini, Galaxy A16 5G akan mendapatkan update software hingga 6 tahun lamanya. Langkah ini dianggap signifikan dan memastikan perangkat masih berfungsi dengan baik dan keamanannya terjaga selama periode yang cukup panjang.

Tentunya hal ini bukan hal yang umum bagi smartphone kelas entry level atau mid-range.


HP Apa Saja yang Dapat Update Software Panjang?

Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan, menawarkan bezel lebih tipis, bodi yang juga lebih tipis hingga fitur kecerdasan buatan Galaxy AI. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Galaxy A16 5G tak sendirian, sederetan smartphone mereka yang lain juga akan mendapatkan update software panjang, apa saja?

  • Galaxy Z Flip6
  • Galaxy Z Fold6
  • Galaxy S24 Ultra
  • Galaxy S24 Plus
  • Galaxy S24 FE
  • Galaxy Tab S10 Plus
  • Galaxy Tab S10 Ultra

Semua perangkat di atas akan mulai mendapatkan update software panjang, yakni 7 tahun lamanya.

Tren ini sudah dimulai saat Samsung merilis Galaxy S24 Series awal tahun lalu. Saat itu, perusahaan memperkenalkan update software hingga 7 tahun untuk model ponsel flagshipnya.

Update ini termasuk update Android dan patch keamanan, memastikan agar model high-end ini tetap nyaman dipakai dari tahun ke tahun.

Adapun sejauh ini, baru Galaxy A16 5G, smartphone kelas mid-range yang diumumkan akan mendapatkan pembaruan software hingga 6 tahun.

 


Tentang Galaxy A16 5G

Samsung memperkenalkan Galaxy A16 5G yang bakal dukung update software Android hingga 7 tahun. (Dok: Samsung)

Sementara itu, Samsung diam-diam meluncurkan smartphone mid-range Galaxy A16 5G di Eropa. Perangkat ini adalah penerus untuk Galaxy A15 5G yang dirilis tahun lalu.

Perangkat ini hadir dengan sejumlah peningkatan. Galaxy A16 5G memiliki layar seluas 6,7 inci Full HD+ jenis Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

Layar tersebut agak sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya, sehingga menawarkan pengalaman visual lebih imersif dan smooth.

Salah satu perubahan yang paling kelihatan adalah pergeseran chipset yang dipakai. Galaxy A16 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6100+ sementara dahulu Galaxy A15 menggunakan Exynos 1300 besutan Samsung.

Kamera

Meski begitu di sisi kamera, masih belum terlihat perubahan signifikan dibandingkan pada smartphone sebelumnya. Galaxy A16 5G masih mempertahankan setting tripel kameranya dengan kamera utama 50MP, lensa ultra wide 5MP, dan lensa makro 2MP.

Untuk mendukung selfie, pada smartphone Samsung ini dibenamkan kamera selfie 13MP untuk memastikan hasilnya tetap bagus di berbagai kondisi cahaya.


Update Software sampai 6 Tahun

Android 15. Credit: Google

Galaxy A16 5G sudah didukung Android 14 yang berjalan di One UI 6 untuk menawarkan pengalaman penggunaan yang intuitif.

Uniknya, Samsung tidak hanya mendukung update software yang panjang buat Galaxy S dan foldable Galaxy Z mereka. Perusahaan juga berkomitmen mendukung update software yang panjang untuk Galaxy A16 5G yang merupakan smartphone kelas mid.

Buktinya, Samsung menggaransi Galaxy A16 5G akan didukung software update hingga 6 tahun (update software keamanan). Ini merupakan pertama kalinya Samsung memberikan dukungan update software hingga 6 tahun untuk perangkat kelas menengah mereka.

Dengan update software yang lebih panjang, setidaknya perangkat ini akan mendapatkan pembaruan hingga Oktober 2030. Menawarkan update panjang bagi pengguna smartphone kelas menengah sehingga perangkat bisa dipakai lebih lama.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya