Tekad Bobby Nasution Kembangkan Destinasi Wisata Danau Toba Setara Bali

Bobby Nasution bertekad mengembangkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Pengembangan destinasi wisata diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Danau Toba.

oleh Reza Efendi diperbarui 10 Okt 2024, 18:32 WIB
Bobby Nasution

Liputan6.com, Toba Bobby Nasution bertekad mengembangkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Pengembangan destinasi wisata diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Danau Toba.

Ketua Tim Pemenangan Bobby Nasution-Surya, Hinca Panjaitan menjelaskan, Indonesia harus dipimipin anak-anak muda untuk menuju Indonesia Emas 2045. Sehingga sosok Bobby Nasution mewakili golongan muda dinilai dapat membawa Sumatra Utara (Sumut) menjadi provinsi terbaik di Indonesia.

"Saatnya Indonesia dipimpin orang-orang muda. Sumut harus menjadi provinsi yang terbaik secara nasional menghadapi Indonesia Emas 2045," ucap Hinca Panjaitan saat berada di Tarutung Tapanuli Utara (Tapu), Minggu, 6 Oktober 2024.

Joko Widodo atau Jokowi disebut menjadi presiden paling sering berkunjung ke Danau Toba untuk memajukan destinasi di kawasan itu. Langkah Jokowi itu akan dituntaskan Bobby Nasution yang merupakan menantunya.

"Selama ini Pak Jokowi yang merawat ke Danau Toba. Nah, kalau sekarang akan dituntaskan Pak Bobby," ujarnya.

Disebutkan, Danau Toba akan menjadi danau terbaik di Indonesia. Apalagi setelah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas. Hinca menitipkan Danau Toba kepada Bobby Nasution.

"Danau Toba akan menjadi danau terbaik di Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai super prioritas, kita titipkan kepada Gubernur kita (Bobby Nasution)," ucapnya.

 


Kembangkan Danau Toba Setara Bali

destinasi untuk zodiak sagitaurus copyright/shutterstock/PLOO Galary

Bobby Nasution, Calon Gubernur Sumut nomor urut 1, mengatakan, untuk mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata harus mengedepankan tentang kultur dan adat istiadat masyarakat sekitar. Sehingga keindahan panorama dan kultur menjadi daya tarik wisatawan.

"Bukan hanya tempatnya yang perlu dihidupkan, bukan hanya indah dipandang mata, tapi ceritanya, kultur di sini. Nukan hanya tentang indahnya pemandangan Danau Toba, tapi indahnya adat istiadat di sini juga perlu lebih dikenalkan lagi," bebernya.

Suami Kahiyang Ayu Boru Siregar itu juga meyakini, jika Danau Toba dapat setara dengan Bali dalam hal jumlah wisatawan. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan akan menambah perekonomian masyarakat sekitar.

"Bisa setara Bali. Apalagi sekarang sudah ditetapkan sebagai super prioritas, jadi sama-sama tujuannya untuk mendatangkan wisatawan, sehingga ujung-ujungnya menambah perekonomian masyarakat sekitar," pungkasnya.


Bobby Nasution Jawab 3 Keluhan Warga

Bobby Nasution meyakini jika Danau Toba dapat setara dengan Bali dalam hal jumlah wisatawan

Di Balige, Kabupaten Toba, pada Senin, 7 Oktober 2024, Bobby Nasution disambut Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Toba nomor urut 3, Efendi Napitupulu-Audi Murphy. Pada kesempatan itu digelar deklarasi dukungan memenangkan Bobby Nasution-Surya di Pilgub Sumut.

Dihadiri ratusan relawan, tokoh masyarakat, agama, adat, serta ormas dan kader partai politik pengusung paslon Efendi-Murphy, deklarasi dukungan dilangsungkan di Taman Raja Bona Ni Onan, Jalan DR. Pardede, Kecamatan Balige, Toba.

Bobby Nasution mengungkapkan, dirinya telah menerima beberapa harapan dari masyarakat Toba, serta hal-hal yang perlu disinergikan antara Pemprov Sumut dengan Pemkab Toba, bila dia dan Surya terpilih untuk memimpin Sumut.

"Bang Efendi sudah menyampaikan pesan dan harapan-harapan warga Toba kepada saya, serta hal-hal yang perlu disinergikan bila saya dan Pak Surya diamanahkan memimpin Sumut," ungkapnya.

Dijelaskan Bobby Nasution, 3 hal itu adalah perihal kemajuan pertanian, kemajuan kawasan Danau Toba, serta infrastruktur jalan yang masih banyak harus dibenahi.

"Tiga pesan dan harapan masyarakat Toba disampaikan ke saya adalah bagaimana masalah alsintan, mahasalah harga panen ini harus bisa kita pastikan. Terus, soal kemajuan Danau Toba. Lalu, soal perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan," ungkapnya.


Pertanian Jadi Fokus Bobby-Surya

Pertanian jadi salah satu fokus Bobby Nasution dan Surya

Dikatakan Bobby Nasution, perihal pertanian memang menjadi salah satu fokus dia dan Surya. Sebab, pertanian merupakan salah satu komoditas penting dan terbesar di Sumut. Berbekal ilmu yang dia dapatkan di IPB, Bobby akan berupaya memajukan sektor pertanian.

"Pendidikan S1 dan S2 saya di IPB. Jadi, tau-tau sedikitlah. Ngerti-ngerti sedikitlah tentang pertanian," ujarnya.

Terkait pengembangan Danau Toba, Bobby menyebut, membangun dan memajukan wisata kawasan Danau Toba merupakan hal yang wajib dilakukan. Apalagi wisata Danau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas.

"Sudah ditetapkan, sudah disampaikan, harus dilanjutkan. Sudah ditinggalkan warisan yang bagus, kok mau dilupakan. Jadi ini salah satu hal yang sangat wajib, membangun wisata kawasan Danau Toba, termasuk di Kabupaten Toba ini," terangnya.

Terkahir, perihal pembanguanan infrastruktur adalah hal yang juga sangat penting menurut Bobby. Karena, infrastruktur yang bagus akan dapat mendorong kemajuan sektor pertanian, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Toba.

"Infrastruktur poin sangat-sangat penting. Infrastruktur yang bagus mempermudah dan mempercepat distribusi bahan-bahan pangan, bahan-bahan pertanian. Ini nanti membuat harga produksi pertanian bisa turun, dan harga nilai panen juga naik. Kalau infrastrukturnya bagus," tandasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya