Pupuk Kaltim Komitmen Jalankan Transparansi dan Program Keberlanjutan

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen untuk menejalankan Good Corporate Governance (GCG) dan transparansi

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 10 Okt 2024, 13:00 WIB
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim)

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen untuk menejalankan Good Corporate Governance (GCG) dan transparansi dalam memastikan keberlanjutan dan ketahanan Pupuk Kaltim, terutama di tengah tantangan dinamis industri.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo menjelaskan, hal ini dijabarkan dalam laporan tahunan yang mencakup kinerja keberlanjutan, menjadi bukti nyata keterbukaan informasi publik tentang kinerja perusahaan, pengelolaan risiko, serta langkah keberlanjutan yang diambil.

Dengan konsistensinya dalam hal ini, Pupuk kaltim berhasil meraih Juara 1 Annual Report Award (ARA) 2023 untuk kategori Non Go Publik Non Keuangan. Penghargaan ini diberikan atas komitmen perusahaan dalam menerapkan transparansi, governansi korporat yang baik, serta keberlanjutan dalam pelaporan tahunan. 

Pengungkapan berbagai aspek dalam laporan tahunan, seperti pengelolaan lingkungan, sosial, dan tata kelola berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG), menjadikan Pupuk Kaltim sebagai perusahaan yang bertanggung jawab.

Perusahaan juga mengedepankan pendekatan keberlanjutan dalam operasionalnya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, pengelolaan lingkungan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hasil dari Inovasi

Budi Wahju Soesilo menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil inovasi dalam penyusunan laporan yang lebih komprehensif, menggabungkan kinerja finansial dan non-finansial.

"Salah satu inovasi yang diimplementasikan adalah pendekatan keberlanjutan, yang menunjukkan dampak positif perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan," ucapnya, Kamis (10/10/2024).

 


Implementasi GCG

Pupuk Kaltim. (istimewa)

Selain kepatuhan terhadap regulasi, Good Corporate Governance (GCG) menjadi landasan utama Pupuk Kaltim dalam menjalankan bisnisnya.

Implementasi GCG secara konsisten tidak hanya memperkuat posisi perusahaan di kancah global, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan. Inisiatif peningkatan kapasitas manajemen dan kepatuhan terhadap regulasi menjadi bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan.

Dengan memenangkan Annual Report Award 2023, Pupuk Kaltim menegaskan posisinya sebagai pemimpin di industri pupuk Indonesia, dengan terus mengutamakan inovasi, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial dalam operasionalnya. Hal ini juga memperkuat posisi Pupuk Kaltim dalam menghadapi persaingan global, serta memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kesimpulan: Penghargaan Annual Report Award 2023 yang diraih Pupuk Kaltim menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis yang transparan, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Melalui laporan tahunan yang berbasis ESG, Pupuk Kaltim tidak hanya fokus pada profit, tetapi juga dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya