Jokowi dan Iriana Pamitan ke Pegawai Istana Jelang Purna Tugas

Jokowi dan Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Okt 2024, 13:35 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana meluangkan waktu untuk berpamitan secara khusus dengan para pegawai, unsur pengamanan, petugas kebersihan, hingga jurnalis sebelum purna tugas pada 20 Oktober 2024.

Jokowi dan Iriana juga menyampaikan ucapan terima kasih dan salam perpisahan kepada seluruh perangkat istana kepresidenan yang telah setia mendukung pekerjaan mereka selama ini.

"Terima kasih, terima kasih semuanya," ucap Jokowi dan Iriana usai berfoto bersama, Kamis (10/10/2024).

Sesi foto bersama berlangsung di tangga depan Istana Merdeka. Jokowi dan Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan.

Dalam momen ini, Jokowi dan Iriana secara langsung menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjalankan tugas negara.

Kapten Inf Handi Sabush dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bersyukur dapat menjadi bagian dari perjalanan kepemimpinan Jokowi. Dia mendoakan Jokowi dan Iriana selalu sehat.

"Rekan-rekan Paspampres mengucapkan banyak terima kasih, baik dari komandan maupun anggota. Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih atas kerja keras Bapak dan Ibu selama ini. Selamat menunaikan purnatugas, semoga sehat-sehat selalu dan sukses buat Ibu dan Bapak beserta keluarga," ujarnya penuh haru.


Kesan Jurnalis Peliput Jokowi di Istana

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Di antara para jurnalis peliput Istana, Frisca Clarissa dari Kompas TV menyampaikan kesannya selama satu dekade mengikuti perjalanan Jokowi. Menurut dia, Jokowi memiliki ritme kerja yang padat.

"Sangat berkesan, karena 10 tahun saya mengikuti Bapak sebagai wartawan istana. Dari ritme kerjanya yang luar biasa, ke sana-ke mari, saya mendapatkan banyak teman, tidak hanya sesama jurnalis tapi juga dari perangkat istana lainnya. Jadi dengan foto bersama ini kayak mengembalikan lagi memori-memori saat kita bertugas bersama," tutur Frisca.

Andrian Pratama Taher dari Tirto.id, yang baru bergabung sebagai wartawan Istana pada periode kedua menuturkan kesempatan berfoto bersama Jokowi dan Iriana sangatlah istimewa. Dia menilai Jokowi sosok yang perhatian dengan semua pihak.

"Presiden itu orangnya baik dan perhatian sama semua pihak, tidak pilih-pilih. Senang bisa foto bareng di akhir masa jabatan beliau. Saya mendoakan semoga Bapak sehat selalu dan dimudahkan dalam segala urusannya," ucap Taher.


Ini Kata Pramusaji dan Petugas Kebersihan di Istana

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Bukan hanya petugas pengamanan atau jurnalis yang merasakan momen berharga ini, namun juga para pekerja yang sehari-hari tidak terlihat di depan publik. Suherman, yang telah menjadi petugas taman selama 20 tahun, merasa bangga karena akhirnya bisa berfoto bersama Jokowi.

"Saya merasa bangga diajak foto bersama karena Bapak Presiden kan sudah mau habis masa jabatannya, selama ini sehari-hari ketemu hanya sekedar melihat saja saat bekerja. Menurut saya, Pak Jokowi dan Ibu Iriana ramah, peduli sama orang kecil," kata Suherman.

Claudio, seorang pramusaji yang telah lima tahun melayani Jokowi dan Iriama mengungkapkan bahwa hubungan mereka bukan hanya sekadar atasan dan pelayan. Dia mengaku sedih berpisah dengan Jokowi dan Iriana.

"Kesannya seperti keluarga. Kami merasa sedih karena harus ditinggalkan oleh Bapak dan Ibu, karena beliau sangat perhatian dan selalu sederhana. Apa pun yang kami berikan, beliau terima dengan ucapan terima kasih," ungkapnya dengan nada haru.

Imam Tambunan, petugas kebersihan yang telah bertugas selama 10 tahun, juga tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Dia menuturkan Jokowi sangat peduli dan kerap mengapreasisi pekerjaan para petugas kebersihan.

"Dari hati yang paling dalam sedih, kita kan sudah 10 tahun melayani beliau. Bapak peduli dengan yang suka membersihkan ruangan jadi kita pernah dipanggil ke ruangan, diajak foto, salaman, Bapak juga mengucapkan terima kasih, mengapresiasi pekerjaan kita," pungkas Imam.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya