Jusuf Kalla: Pertemuan Jokowi-Prabowo Hal Biasa dan Bagus Dilakukan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) memandang pertemuan dan makan malam antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai langkah yang positif.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Okt 2024, 14:13 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) memandang pertemuan dan makan malam antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai langkah yang positif.

“Pertemuan itu biasa dilakukan oleh para tokoh pemimpin bangsa, bagus,” ujar JK di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

JK juga menekankan pentingnya memberikan penghormatan kepada semua pemimpin bangsa. “Iya jelas, pemimpin bangsa itu harus dihormati,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco, menjelaskan bahwa pertemuan antara Jokowi dan Prabowo sering terjadi. Dasco menyebut pertemuan terbaru mereka di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Selasa (8/10/2024) sebagai hal yang wajar.

“Kedua tokoh ini memang sering bertemu, kadang di luar agenda formal. Pembicaraan berlangsung lebih dari dua jam, tapi saya tidak tahu detailnya. Namun, yang jelas ada pertukaran informasi, terutama terkait transisi kepemimpinan yang akan berlangsung pada 20 Oktober,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

 


Diskusi Kabinet

Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Terkait isi pertemuan, Dasco mengungkapkan bahwa bisa saja ada diskusi mengenai kabinet, namun ia baru akan mendapatkan informasi pasti setelah bertemu Prabowo.

“Saya belum tahu pasti apakah ada pembicaraan soal kabinet atau tidak, tapi biasanya ada hal-hal umum yang disampaikan. Nanti saya akan tahu lebih jelas setelah bertemu Prabowo siang ini,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto makan malam bersama di Hutan Kota by Plataran yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Presiden Jokowi dan Prabowo membahas soal kebersamaan serta keberlanjutan.

"Iya benar (Jokowi dan Prabowo makan malam bersama), private. (Bahas) Kebersamaan dan keberlanjutan," kata Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg Pratikno kepada wartawan, Selasa (8/10/2024).

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya