Apple Buka Pendaftaran Swift Student Challenge 2025, Gimana Caranya Ikutan?

Swift Student Challenge 2025 dari Apple kembali hadir, memberikan peluang besar bagi pelajar untuk berkreasi dengan Swift dan meraih penghargaan eksklusif. Pendaftaran dibuka Februari mendatang.

oleh Yuslianson diperbarui 10 Okt 2024, 17:30 WIB
Apple Buka Pendaftaran Swift Student Challenge 2025, Gimana Caranya Ikutan? (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple kembali mengundang para pelajar dari seluruh negara, termasuk di Indonesia untuk ikutan dalam Swift Student Challenge 2025.

Adapun Swift Student Challenge 2025 adalah ajang tahunan Apple, di mana raksasa teknologi tersebut membuka kesempatan besar bagi generasi muda untuk menunjukkan keterampilan coding mereka.

Memakai bahasa pemrograman dikembangkan Apple, para peserta ditantang menciptakan aplikasi inovatif siap menginspirasi dan mengubah dunia.

Pendaftaran tantangan Swift ini akan dibuka pada bulan Februari 2025, selama tiga minggu. Pelajar, pendidik, dan mentor mereka dapat segera bersiap mendaftar untuk mendapatkan pemberitahuan di developer.apple.com.

Nantinya, Apple akan memberikan penghargaan ke total 350 pemenang Swift Student Challenge dinilai unggul dalam hal inovasi, kreativitas, dampak sosial, atau inklusivitas.

Dari jumlah tersebut, 50 Pemenang Unggulan akan menerima penghargaan tambahan serta kesempatan langka untuk mengunjungi kantor pusat Apple di Cupertino pada musim panas mendatang.

"Di Apple, kami berkomitmen untuk mendukung dan membina generasi pembuat kode berikutnya," kata Susan Prescott, Vice President of Worldwide Developer Relations, dalam keterangannya, Kamis (10/10/2024).

"Setiap tahun, kami sangat terkesan dengan kecerdasan aplikasi yang dibuat para pelajar, dan kami sangat bersemangat untuk melihat apa saja yang akan dihadirkan pada putaran tantangan berikutnya," ucapnya.

Untuk membantu peserta mempersiapkan diri, perusahaan juga meluncurkan pembaruan pada Swift Coding Club, menawarkan sumber daya dan aktivitas interaktif.

 


Apple Rilis Starter Kit Swift Coding Club

Apple Store di Taipei, Taiwan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Starter Kit Swift Coding Club sendiri dirancang khusus untuk memotivasi pelajar tertarik dengan pengembangan aplikasi.

Ini juga membantu mereka membangun komunitas di sekitar pengembangan Swift dan SwiftUI.

Tidak hanya itu, Tutorial Berkembang dalam Swift terbaru juga telah dirilis untuk memberikan landasan solid bagi pelajar ingin memulai karier di bidang pengembangan aplikasi.

Tutorial ini mencakup penggunaan Xcode, dan pengembangan aplikasi di berbagai platform Apple.

Salah satu Distinguished Winner tahun lalu asal Indonesia, Nadya Tyandra, membagikan tips kepada calon peserta agar bisa lebih maksimal di ajang tahunan ini.

 


Pengalaman Distinguished Winner Asal Indonesia

Toko aplikasi Apple, App Store (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Ia mengatakan, "eksekusi itu penting. Ide yang bagus harus dibarengi dengan eksekusi sangat bagus agar bisa berpengaruh secara efektif ke pengguna."

"Perhatikan detail, karena terkadang elemen minor memainkan peran peting dalam membentuk hasil keseluruhan."

Terakhir, Nadya menyebutkan, "lebih sering memperhatikan dan pilih secara bijak. Aplikasi baik tidak harus selalu rumit. Kadang, solusi sederhana namun menarik bisa memberikan pengalaman pengguna lebih besar."

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya