iOS 18.2 Siap Rilis: Cek Bocoran Fitur Baru yang Bakal Hadir

Siap-siap menyambut iOS 18.2! Update terbaru dari Apple ini akan membawa fitur-fitur menarik seperti Image Playground, Genmoji, hingga integrasi ChatGPT.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 12 Okt 2024, 10:00 WIB
Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah iOS 18.1 siap meluncur dalam beberapa minggu ke depan, Apple dikabarkan langsung melanjutkan fokus ke iOS 18.2 yang disebut hadir dengan sejumlah fitur baru. 

iOS 18.2 sendiri diprediksi rilis pada Desember 2024 dan bakal menghadirkan gelombang baru dari Apple Intelligence. Selain itu, update ini juga akan membawa sejumlah fitur anyar lain di iPhone 16. 

Lantas, apa saja hal baru yang akan diperkenalkan Apple di update iOS 18.2? Yuk, simak informasinya lengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari 9to5mac, Jumat, (11/10/2024).

Kapan iOS 18.2 Rilis?

Menurut laporan Bloomberg, iOS 18.1 akan rilis tanggal 28 Oktober. Setelah itu, beta testing untuk iOS 8.2 bakal dimulai dan berlangsung hingga Desember.

Seperti update-update sebelumnya, Apple tampaknya bakal merilis iOS 18.2 di Desember.

Apple juga disebut menargetkan iOS 18.2 bisa mencapai zero-bug status pada awal November 2024. Jadi, beta testing bisa selesai dan siap rilis di Desember. 

Apple Intelligence di iOS 18.2

Sama seperti iOS 18.1, update terbaru ini akan fokus ke Apple Intelligence. Ada beberapa fitur baru yang siap kamu nikmati, antara lain:

  • Image Playground: Aplikasi ini bikin kamu bisa menciptakan gambar seru hanya dengan mengetik teks. Ada tiga gaya yang disediakan: Animasi, Ilustrasi, dan Sketsa. Fitur ini juga langsung bisa dipakai di aplikasi seperti Messages, dan Mail.
  • Genmoji: Buat kamu yang suka emoji, Apple bawa Genmoji! Pengguna bisa buat emoji sendiri hanya dengan deskripsi teks. Bahkan, bisa bikin emoji teman atau keluarga berdasarkan foto.
  • Integrasi ChatGPT: Siri akan lebih pintar lagi karena bisa terhubung dengan ChatGPT. Jadi, siap bantu jawab pertanyaan seputar pengetahuan umum atau bahkan analisis gambar.
  • Priority Notifications: Notifikasi penting bakal muncul di bagian atas supaya tidak kehilangan info penting.

Fitur Kamera Baru di iPhone 16

Untuk kamu pengguna iPhone 16, bersiap menyambut fitur shutter dua tahap. Jadi, kamu bisa mengunci fokus dan pencahayaan dengan setengah tekan, lalu ambil gambar dengan tekan penuh. 

Ada juga fitur visual intelligence yang bisa membantu pengguna mengenali objek di sekitar, hanya dengan klik dan tahan tombol kamera.

Perubahan Desain Aplikasi Mail

Apple juga bakal merombak aplikasi Mail lewat update terkini iOS 18 ini. Pembaruan itu akan otomatis mengategorikan email jadi beberapa kategori seperti Personal, Transaksi, dan Promosi, sehingga inbox lebih rapi dan mudah diatur. 


iOS 18.0.1 Hadir! Perbaiki Bug iPhone 16 dan Persiapan Sambut Apple Intelligence

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)

Belum lama, Apple baru saja merilis iOS 18.0.1! Pembaruan ini dirilis tak lama setelah peluncuran iPhone 16 dan iOS 18 dua minggu lalu, dan diluncurkan untuk mengatasi berbagai bug.

Adapun update iOS 18.0.1 ini disebar ke seluruh pengguna, khususnya pemilik iPhone 16 series. Tapi bukan cuma itu, Apple juga 'memanaskan mesin' untuk kehadiran kecerdasan buatan, Apple Intelligence, di iOS 18.1.

Apa Saja Perbaikan di iOS 18.0.1?Sebelumnya, beberapa pengguna iPhone 16 series sempat mengeluhkan layar sentuh kurang responsif. Masalah ini langsung Apple atasi di iOS 18.0.1. Tak hanya itu, perusahaan juga membenahi bug di kamera.

Disebutkan, pengguna iPhone 16 Pro menghadapi masalah ketika memakai kamera di ponsel saat merekam video dalam mode makro 4K. Aplikasi Messages juga sempat bermasalah ketika membalas pesan dengan custom watch face, dan juga ikut diperbaiki.

Selain itu, Apple juga meningkatkan alokasi memori berdampak pada performa beberapa model iPhone. Meskipun update ini lebih fokus pada stabilitas dan keamanan, namun pembaruan ini diharapkan dapat meningkatkan performa iPhone secara keseluruhan.

Apple Intelligence di iOS 18.1Bulan ini, Apple dijadwalkan merilis iOS 18.1 yang sudah lama dinantikan. Pembaruan ini akan membawa fitur kecerdasan buatan canggih, Apple Intelligence, yang akan mengubah cara pengguna berinteraksi dengan iPhone.

Lewat Apple Intelligence, pengguna bisa mengedit foto, minta Siri merangkum transkrip, atau mendapatkan bantuan menulis dengan writing tools berbasis AI.

Fitur ini akan hadir di iOS 18.1, khususnya untuk pengguna iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan seluruh lini iPhone 16.


10 Fitur di iOS 18.1 yang Harus Kamu Coba!

iOS 18 Hadir dengan AI Canggih di Safari dan Fitur Keamanan Baru, Apa yang Baru? (Doc: Apple)

Apple siap meluncurkan iOS 18.1 pada Oktober ini, membawa banyak fitur keren yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (1/10/2024), update ini bakal memperkenalkan Apple Intelligence yang lebih canggih, terutama untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 16 yang akan datang.

Meski tidak semua fitur langsung tersedia, iOS 18.1 menjanjikan berbagai peningkatan, mulai dari Siri yang lebih pintar hingga kontrol perangkat yang lebih simpel.

Ini dia 15 fitur baru yang akan bikin iPhone kamu makin seru. Yuk, kita coba satu per satu! 

1. Reset Control Center

Buat kamu yang suka mengatur Control Center tapi malah jadi ribet, sekarang iOS 18.1 ada fitur reset. Kamu bisa kembalikan pengaturan Control Center ke settingan awal dengan tombol “Reset” di Settings. Sangat mudah buat yang ingin mulai dari nol lagi.

2. Selfie Pakai Camera Control

Selfie lebih mudah dengan Camera Control di iOS 18.1, kamu bisa pindah ke kamera depan tanpa sentuh layar. Tinggal tahan tombol Camera Control, swipe ke kamera depan, dan voila, siap selfie tanpa perlu ribet.

3. Proofread Pesan Kamu

Fitur Writing Tools baru akan bantu koreksi ejaan, tata bahasa, bahkan memberikan saran kata yang lebih pas. Pesan kamu jadi lebih rapi dan bebas dari typo.

4. Rerwite Pesan

Terkadang, kamu perlu ganti nada pesan supaya lebih profesional atau friendly, bukan? Dengan fitur Rewrite dari Apple, kamu bisa ubah gaya tulisan tanpa ubah isi. Jadi, mau pesan formal atau santai tinggal klik saja.

5. Ringkas Email Panjang

Email panjang bikin pusing? Sekarang, kamu bisa ringkas email jadi poin-poin penting dengan fitur Summarize. Baca email jadi lebih cepat dan efisien, langsung tahu poin utamanya.

 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya