Tips Aman Bersihkan iPhone Titanium, Jangan Lakukan Hal Ini!

Bagaimana cara terbaik untuk membersihkan iPhone dengan material titanium? Yuk, simak langkah-langkahnya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 14 Okt 2024, 07:30 WIB
iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple menggunakan material titanium untuk iPhone kelas atas alias flagship dan iPhone terbaru mereka, termasuk iPhone 16 Pro dan 15 Pro. Tapi, bagaimana cara terbaik untuk membersihkan iPhone titanium ini?

Yuk, simak langkah-langkah aman dan apa saja yang harus kamu hindari saat membersihkan iPhone kesayangan kamu di artikel ini.

Perhatian Khusus untuk iPhone Titanium

Dikutip dari 9to5mac, Senin (14/10/2024), dengan frame titanium, Apple menjelaskan kalau minyak dari kulit kamu bisa mengubah warna sementara pada bagian luar perangkat. Untungnya, ini sangat mudah diatasi. Kamu bisa mengelapnya dengan kain microfiber yang sedikit lembap.

Apa yang Perlu Dihindari saat Membersihkan iPhone Titanium

  1. Jangan pakai semprotan pembersih yang keras (hindari pemutih, hidrogen peroksida, dan lain sebagainya)
  2. Jangan celupkan iPhone ke dalam cairan pembersih
  3. Jangan gunakan udara bertekanan
  4. Jangan membersihkan iPhone saat kabelnya masih terhubung

Barang-Barang Terbaik untuk Membersihkan iPhone Titanium

  1. Kain microfiber bersih atau serupa Alkohol isopropil 70 persen atau alkohol etil 75 persen
  2. Semprotkan cairan pembersih ke kain lalu mengelap perlahan bagian yang kotor, jangan langsung ke iPhone
  3. Lap Clorox atau sejenisnya (tanpa pemutih)
  4. Blu Tack untuk membersihkan bagian-bagian kecil
  5. Tusuk Tack untuk membersihkan bagian-bagian kecil
  6. Tusuk gigi flosser buat membersihkan area yang sulit dijangkau

Langkah-Langkah Membersihkan iPhone 16 Pro & 15 Pro

iPhone 15 Pro. Credit: Apple
  1. Matikan iPhone terlebih dahulu
  2. Cabut semua kabel atau aksesoris yang terhubung
  3. Lap iPhone dengan kain microfiber bersih. Kalau perlu, lembapkan sedikit kain dengan air - ini bisa membantu menghilangkan sidik jari dan perubahan warna ringan di rangka titanium
  4. Untuk disinfeksi, gunakan lap Clorox atau alkohol isopropil 70 persen pada kain lalu lap iPhone dengan lembut
  5. Gunakan flosser pick (pembersih untuk membersihkan gigi berkawat) untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, tapi hati-hati jangan sampai menusuk komponen penting seperti grill speaker atau mikrofon
  6. Blu Tack juga bisa digunakan buat membersihkan debu atau kotoran dari speaker grill dan area kecil lainnya

Apple juga megingatkan kamu untuk segera membersihkan iPhone kalau terkena sesuatu yang bisa menyebabkan noda, seperti kotoran, tinta, makeup, sabun, atau makanan asam.

Sisi Negatif Lap Clorox dan Alkohol

Kelemahan pakai lap Clorox atau alkohol adalah bisa merusak lappisan oleophobic (pelindung anti sidik jari) di layar. Solusi mudahnya adalah gunakan screen protector buat melindungi layar iPhone kamu dari kerusakan saat dibersihkan.

Pembersih UV untuk iPhone

Selain lap, kamu bisa coba pembersih UV seperti PhoneSoap yang menggunakan lampu UV-C buat membunuh 99,9 persen bakteri dan virus. Produk ini tidak hanya membersihkan, tapi juga mengisi daya iPhone kamu.

 

 


iPhone 16 Belum Bisa Masuk Indonesia? Ini Alasannya

Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Antusiasme peluncuran iPhone 16 series begitu besar, tapi sayangnya, pengguna di Indonesia harus gigit jari. Hingga saat ini, Apple belum bisa memasarkan lini iPhone 16 di Indonesia karena terganjal aturan TKDN.

Kabar ini pastinya membuat banyak pengguna setia Apple di Tanah Air kecewa menanti kehadiran iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. 

iPhone 15 series pertama kali dijual ke konsumen di Indonesia pada 27 Oktober 2023. Sementara iPhone 14 series, perusahaan baru melepas ponsel tersebut di pasaran pada 4 November 2022.

Berkaca dari dua peluncuran iPhone sebelumnya, tidak salah bila banyak pihak meyakini lini iPhone 16 akan menyambangi Indonesia pada akhir bulan Oktober atau awal November tahun ini.

Nyatanya, hingga saat ini iPhone 16 series masih belum bisa dipasarkan di Indonesia karena belum memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menjelaskan saat ini seri iPhone 16 masih dalam proses sertifikasi TKDN.

"Saat ini, iPhone 16 belum bisa dijual di Indonesia karena masih dalam tahap pengurusan sertifikat TKDN,” ungkap Agus dalam Rapat Kerja Tim Nasional P3DN di Jakarta pada Selasa, 7 Oktober 2024.

Menurutnya, TKDN adalah syarat penting harus dipenuhi setiap produk elektronik untuk dapat dijual di pasar Indonesia, termasuk HP Apple, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29/2017.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya