Guna Menanggulangi Kemacetan, Traffic Light Dipasang Lagi di Jalan Bawah Flyover MBK

Pemasangan lampu lalu lintas ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan setempat.

oleh Ardi Munthe diperbarui 11 Okt 2024, 21:00 WIB
Lokasi jalan yang akan dipasang lampu lalu lintas di depan MBK. Foto: (Istimewa).

Liputan6.com, Lampung - Satlantas Polresta Bandar Lampung bersama Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan berencana memasang kembali traffic light (Lampu lalu lintas) di persimpangan jalan Mall Boemi Kedaton (MBK). Pemasangan lampu lalu lintas ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan setempat. 

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Bandar Lampung, Kompol Ridho Rafika mengatakan bahwa traffic light itu dipasang bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

"Kita membahas kegiatan antisipasi gangguan Kamseltibcar Lantas di jalan bawah flyover MBK, dengan adanya kegiatan ini nantinya bisa membantu mengurangi kemacetan di wilayah Kota Bandar Lampung," kata Kompol Ridho di mapolresta setempat, Kamis (10/10/2024).

Menurut dia, Kota Bandar Lampung saat ini telah masuk ke dalam kategori kota metropolitan, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota setempat. 

"Ada beberapa trouble spot, terutama di jalan protokol terlebih dahulu, yakni Jalan Teuku Umar, Jalan ZA Pagar Alam, yang nantinya ada beberapa rekomendasi dari hasil diskusi pada hari ini kita langsungkan kepada pimpinan terkait, agar bisa mengurai kemacetan di Bandar Lampung," ungkapnya. 

Sementara itu, Kabid Lantas Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Iskandar menyampaikan, akan mengubah tata laksana di jalan setempat. 

"Kesimpulannya, dalam rangka pemecahan masalah kemacetan di bawah flyover MBK. Ini sudah dibahas tadi, kita akan coba ubah manajemen dengan memasang traffic light. Nanti kendaraan dari arah Jalan Teuku Umar menuju Jalan Sultan Agung maupun ke Jalan ZA Pagar Alam nanti kita coba atur pakai traffic light," jelas Iskandar.

Meski demikian, dia mengaku, rencana itu masih dalam tahap kesimpulan sementara dan tanggung jawab pelaksanaannya ada pada Wali Kota Bandar Lampung. 

"Ini sifatnya masih kesimpulan sementara, nanti kita langkah selanjutnya akan dilaporkan kepada Walikota Bandar Lampung. Nanti, hasil ini dilaporkan ke Walikota, nanti baru arahannya dari Wali Kota," dia memungkasi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya