Han Kang, Penulis Asal Korea Selatan Menang Nobel Sastra 2024

xxxHan lahir pada tahun 1970 di Gwangju, Korea Selatan. Ayahnya juga seorang novelis, tetapi kurang sukses.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 10 Okt 2024, 20:05 WIB
Ilustrasi nobel (AP)

Liputan6.com, Stockholm - Han Kang, penulis Korea Selatan yang dikenal lewat karyanya "The Vegetarian," dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra pada Kamis (10/10/2024).

Ia menjadi penulis pertama dari negaranya yang menerima penghargaan utama tersebut, dikutip dari laman New York Times, Kamis (10/10).

Mats Malm, sekretaris tetap Akademi Swedia, yang menyelenggarakan penghargaan tersebut, mengatakan pada konferensi pers di Stockholm bahwa Han menerima penghargaan tersebut "atas prosa puitisnya yang intens yang menghadapi trauma historis dan mengungkap kerapuhan hidup manusia."

"The Vegetarian," yang diterbitkan di Korea pada tahun 2007, memenangkan Penghargaan Booker Internasional 2016 setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Penghargaan Nobel yang diterima Han merupakan sebuah kejutan. Sebelum pengumuman, prediksi penghargaan tahun ini adalah Can Xue, seorang penulis Tiongkok avant-garde.

Han lahir pada tahun 1970 di Gwangju, Korea Selatan. Ayahnya juga seorang novelis, tetapi kurang sukses.

Keluarganya berjuang secara finansial dan sering pindah. Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan The Times, Han mengatakan bahwa masa kecilnya yang singkat "terlalu berat untuk seorang anak kecil, tetapi saya baik-baik saja karena saya dikelilingi oleh buku-buku."

 


Cerita Hidup Han Kang

Ilustrasi bendera Korea Selatan (unsplash)

Ketika Han berusia sembilan tahun, keluarganya pindah ke Seoul beberapa bulan sebelum pemberontakan Gwangju, ketika pasukan pemerintah menembaki kerumunan pengunjuk rasa pro-demokrasi, menewaskan ratusan orang.

Peristiwa itu membentuk pandangannya tentang kapasitas manusia untuk melakukan kekerasan, kata Han dalam wawancara tahun 2016, dan momoknya telah menghantui tulisannya.

Dalam novelnya tahun 2014 "Human Acts," misalnya, seorang penulis mengamati penggerebekan polisi terhadap sekelompok aktivis.

Ia belajar sastra di Universitas Yonsei di Korea, dan karya pertamanya yang diterbitkan adalah puisi. Novel debutnya, "Black Deer," yang terbit pada tahun 1998, adalah misteri tentang seorang wanita yang hilang. Dalam wawancara tahun 2016, Han mengatakan bahwa sekitar waktu itulah ia mengembangkan ide untuk cerita pendek tentang seorang wanita yang berubah menjadi tanaman, yang akhirnya ia kembangkan menjadi "The Vegetarian."

Novel-novel Han lainnya termasuk "The White Book," yang juga dinominasikan untuk Penghargaan Booker Internasional, dan "Greek Lessons," yang diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 2023.

Dalam "Greek Lessons," menceritakan seorang wanita kehilangan kemampuannya untuk berbicara dan mencoba memulihkannya dengan mempelajari bahasa Yunani kuno.

Anders Olsson, ketua komite Nobel, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Han, dalam tulisannya, "memiliki kesadaran unik tentang hubungan antara tubuh dan jiwa, yang hidup dan yang mati, dan dalam gaya puitis dan eksperimentalnya telah menjadi inovator dalam prosa kontemporer."

Infografis Tragedi Mematikan Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya