Belum Move On dan 4 Alasan Lainnya Bikin Kamu Memutuskan Untuk Kembali ke Mantan Kekasih

Perasaan ingin kembali dengan mantan kekasih biasanya didorong oleh beberapa alasan. Alasan tersebut bersumber dari diri sendiri. Salah satunya adalah karena belum move on.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 12 Okt 2024, 18:03 WIB
Ilustrasi Pasangan Gombal/https://www.freepik.com/jcomp 

Liputan6.com, Jakarta - Saat hubunganmu berakhir dengan sang kekasih, mungkin kamu akan merasa sedih. Bahkan, kamu menginginkan dirinya kembali dan bersama denganmu lagi.

Namun, tak jarang ditemukan seseorang yang mengalami putus hubungan dengan pasangan dan memilih untuk menjauh serta mencari orang baru yang lebih baik dari pasangan sebelumnya. Hal semacam ini merupakan pilihan bagi sebagian orang dalam menjalin hubungan.

Kembali bersama mantan kekasih adalah fenomena yang banyak ditemukan dalam sebuah hubungan. Hal ini kadang menjadi persoalan bagi mereka seperti teman, sahabat, atau keluarga yang mengetahui bagaimana hubunganmu dengan mantan kekasih. Mungkin mereka merasa setuju jika kamu kembali dengan mantanmu, tetapi ada pula yang tidak setuju dengan keputusanmu. Namun, tahukan kamu bahwa perasaan ingin kembali bersama dengan mantan kekasih didorong oleh beberapa alasan. Dilansir dari Psychology Today, Kamis (10/10/2024) beberapa alasan seseorang memutuskan kembali dan menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya.

1. Sudah Merasa Akrab

Salah satu alasan seseorang kembali untuk bersama dengan mantan kekasihnya karena perasaan akrab. Terkadang keakraban satu dengan yang lainnya membuat masing-masing sulit untuk menemukan orang baru. Hal ini yang membuat seseorang memutuskan untuk kembali dan menjalani kasih dengan sang mantan.

Keakraban terjadi karena satu sama lain saling mengerti apa yang diharapkan. Sehingga, hal ini menjadi daya tarik yang membuat keduanya masih saling merasa nyaman. Rasa nyaman itu yang akhirnya memutuskan keduanya untuk kembali bersama dan mencoba memperbaiki sesuatu yang salah.


2. Menjadikan Sahabat

Ilustrasi Pasangan/https://www.freepik.com/freepik 

Sebagainya orang saat putus dengan pasangannya akan memutuskan kontak dan hubungan dengan mantan kekasihnya. Namun, tidak jarang ditemukan orang-orang yang memutuskan untuk berteman baik dengan mantan kekasihnya. Kondisi semacam ini biasanya muncul karena perasaan kesepian.

Jika hubungan ini dapat meringankan beban satu smaa lain dan menjadi hubungan yang lebih positif, maka keduanya akan memutuskan untuk kembali bersama. Bertemu kembali memungkinkan keduanya memperoleh manfaat yang lebih baik untuk hubungan ke depannya. Selain itu, bersahabat dengan mantan juga dapat menjadi alasan satu sama lain saling mengintrospeksi dirinya. Sehingga, bila keduanya memutuskan untuk kembali bersama maka keduanya dapat saling memahami penyebab keduanya mengakhiri hubungan dan mencari jalan keluar bersama.


3. Tidak Bisa Move On

Ilustrasi Pasangan/https://www.freepik.com/gpointstudio 

Sebagian besar orang kembali ke mantan kekasihnya karena mereka belum melupakan hubungan dan sosoknya atau belum bisa move on. Hal ini yang mendorong mereka untuk mencoba memperbaiki hubungan agar dapat berjalan dengan baik. Selain itu, belum move on juga membuat seseorang sulit menemukan sosok yang baru.

Hal ini disebabkan karena mereka masih terbayang dan menginginkan sosok yang seperti mantan kekasihnya. Namun, berada pada situasi semacam ini hanya akan menyakiti orang baru yang mencoba masuk dalam hidupnya. Maka mereka memutuskan untuk kembali kepada mantan kekasih dan mencoba mencari jalan keluar untuk memperbaiki hubungan.


4. Penyesalan

Ilustrasi minta maaf, menyesal, pasangan bertengkar. (Image by Drazen Zigic on Freepik)

Putus hubungan biasanya terjadi karena kesalahan atau kesalahpahaman. Mereka yang memutuskan untuk kembali menjalani hubungan dengan mantan kekasihnya biasanya ada pada situasi putus karena salah paham. Hal ini yang mendorong keduanya untuk mencoba menjadi jalan tengah agar dapat kembali.

Situasi semacam ini biasanya dianggap penyesalan bagi sebagai orang. Mereka menganggap bahwa seharusnya hubungan ini tidak berakhir begitu saja. Sehingga, untuk memperbaiki hubungan keduanya mencoba untuk memikirkan jalan tengah untuk kembali bersama lagi.


5. Merasa Kasihan

Ilustrasi pasangan kekasih, marah, silent treatment. (Photo created by Drazen Zigic on www.freepik.com)

Alasan yang satu ini harus kamu sadari dan hindari. Sebab, jika kamu menjalin hubungan kembali bersama mantan kekasih dengan alasan dirinya kasihan, maka akan membuat dirimu menderita dalam hubungan tersebut. Hal ini terjadi karena mantanmu bukan masih mencintai dirimu, melainkan hanya kasihan padamu.

Perasaan kasihan ini nantinya hanya akan membuat dirinya dan dirimu menderita. Mereka hanya merasa bersalah dan berhutang budi padamu sehingga memutuskan untuk kembali. Melihat kamu tertekan setelah putus dengannya juga merupakan alasan mantan kekasih mu kembali karena merasa kasihan. 

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya